Kang Irwan, Galang Suara dengan Napak Tilas ke 3.000 Tempat

napak tilas, caleg,, pks, kang irwan


Kang Irwan saat menyapa konstituen
PARLEMEN JATIM-Pemilu 2014 bisa dikata sebagai pemilu yang keras dan ketat. Terbukti, 63 calon anggota legislatif (caleg) incumbent gagal terpilih kembali sebagai anggota DPRD Jawa Timur.

Praktis, hanya sekitar 37 caleg incumbent yang kembali melenggang ke Gedung Indrapura. Satu diantaranya adalah Irwan setiawan. Caleg PKS untuk daerah pemilihan Jawa Timur 3 yang meliputi kabupaten Situbondo, Bondowo dan Banyuwangi itu sukses mendulang 28.294 suara. Dengan perolehan suara tersebut cukup bagi politisi yang akrab disapa Kang Irwan ini kembali menjadi anggota Dewan periode 2014-2019.

Sekretaris DPW PKS Jatim itu membeberkan rahasia kembali terpilih menjadi wakil dari masyarakat dapil Jatim 3. Secara jujur Irwan mengakui banyak keuntungan yang ia dapat dengan status sebagai caleg incumbent.

Namun bukan berarti dia berleha-leha di balik meja kerjanya di gedung DPRD Jatim. Sebaliknya, politisi yang akrab disapa kang Irwan itu justru aktif turun ke basis massa yang pada pemilu 2009 lalu merupakan basis pendukungnya. Tak heran, selama lima tahun, Irwan sudah melakukan napak tilas di 3000 titik yang berada dalam daerah pemilihannya. 

"Saya mencatat ada 3000 titik yang merupakan basis pemilih saya. Nah, sejak terpilih sebagai anggota Dewan pada pemilu 2009 lalu. Saya napak tilas menyambangi pemilih saya itu. Sehingga saat kampanye saya tinggal melakukan penguatan lewat alat peraga. Karena sebenarnya selama lima tahun ini saya sudah mengkampanyekan diri," beber Kang
Irwan.

Irwan tergolong caleg yang cerdik dan kreatif. Terbukti Ketua ormas Gema Keadilan Jawa Timur itu punya data pendukung yang sangat rigid karena lengkap dengan nama, alamat serta nmor telepon. Data itu didapat politisi berdarah Sunda itu bukan dengan cara mengerahkan tim sukses untuk melakukan pendataan. Tetapi diperolehnya sendiri dengan jalan yang sederhana.

Yakni, lewat media sosial jejaring pertemanan seperti Facebook. Irwan mengaku meluangkan waktu paling tidak satu jam untuk berkutat di depan komputer jinjing (laptop) untuk mencari teman baru lewat facebook. 

Bapak tiga anak itu, sengaja mengkhususkan mencari teman yang berasal dari wilayah Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. Setelah resmi berteman, ia akan lanjutkan dengan komunikasi dan saling bertukar nomor telepon atau alamat.

langkah selanjutnya adalah copy darat atau tatap muka. Tenyata langkah ekspansi menjaring konstituen itu terbukti ampuh. Irwan mencontohkan, banyak temannya di facebook ternyata adalah petani. Mereka saat ke ladang pun tak lupa membawa telepn genggam yang dilengkapi dengan fasilitas internet. Lewat facebook ini total jenderal Irwan sudah menghimpun sekitar 5000 teman yang akhirnya menjadi pemilihnya pada 9 April 2014 lalu.

"Kondisi geografis di dapil saya yang berbukit dan gunung ternyata justru membuat sinyal telepon selular kuat. Hal itu dimanfaatkan masyarakat di sana untuk berselancar di facebook. Bahkan para petani sekalipun akrab dengan facebook. Saya banyak dapat pendukung lewat pertemanan di facebook," tutur politisi kelahiran 12 januari 1976 tersebut.

Sekretaris Fraksi PKS ini mengaku, tak jarang, teman yang ia dapat di facebook belakangan malah menjadi simpul massa yang menggalang masyarakat untuk mendukungnya. Beberapa diantara mereka itu ternyata adalah tokoh masyarakat seperti Ketua RT atau RW yang punya pengaruh besar di lingkungannya.

Biasanya, Irwan sendiri yang langsung blusukan menemui tokoh masyarakat itu. Setelah bertemu dilanjutkan dengan sosialisasi di rumah sang tokoh. Tak jarang, ia pun rela tidur dan bermalam di sana. Bahkan Irwan mengaku pernah mengajak istrinya Dyah Pelitawati dan 3 anaknya menginap di rumah warga yang letaknya terpencil.

“Dengan mengajak keluarga ikut blusukan, saya berharap keluarga mengerti kalau bapaknya jarang pulang ke rumah. Sekaligus sebagai pendidikan politik secara dini kepada anak-anak,” pungkas Irwan.


COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,680,Interupsi,270,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Kang Irwan, Galang Suara dengan Napak Tilas ke 3.000 Tempat
Kang Irwan, Galang Suara dengan Napak Tilas ke 3.000 Tempat
napak tilas, caleg,, pks, kang irwan
https://4.bp.blogspot.com/-ZoS_3_-rCuA/WKqGICHNHmI/AAAAAAAAAOY/oMdZeKlN6G8XvRpBMLgNJuIGIuu_OhtgQCLcB/s1600/irwan-setiawan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-ZoS_3_-rCuA/WKqGICHNHmI/AAAAAAAAAOY/oMdZeKlN6G8XvRpBMLgNJuIGIuu_OhtgQCLcB/s72-c/irwan-setiawan.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/kang-irwan-galang-suara-dengan-napak.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/kang-irwan-galang-suara-dengan-napak.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy