PDI Perjuangan Buka Peluang untuk Figur Non Partai di Pilgub Jatim

Sri Untari Bisowarno PARLEMEN JATIM-Sejak Pemilihan Gubernur Jawa Timur digelar secara langsung, PDI Perjuangan selalu konsisten meng...


Sri Untari Bisowarno
PARLEMEN JATIM-Sejak Pemilihan Gubernur Jawa Timur digelar secara langsung, PDI Perjuangan selalu konsisten mengusung kader partai. Pilgub 2008, PDIP mengusung kader senior Sutjipto berpasangan dengan kader Golkar Ridwan Hisjam. Sedangkan di Pilgub 2013, PDIP mencalonkan Bambang DH dan MH. Said Abdullah yang sama-sama kader tulen. Namun, kader partai yang diusung PDIP selalu kandas.

Belajar dari pengalaman tersebut, PDI Perjuangan Jatim yang mempunyai 19 kursi di parlemen bersikap lebih realistis dalam mengusung Cagub-Cawagub untuk Pilgub Jatim tahun 2018 mendatang. Terbukti, partai Nasionalis warisan Bung Karno itu membuka peluang kepada tokoh maupun figur non partai atau di luar kader untuk maju sebagai kandidat Cagub melalui PDIP.

“Kami akan membuka seluas-luasnya pendaftaran kepada semua masyarakat yang berminat dan berkemampuan untuk menjadi Gubernur dan Wagub Jatim,” tegas Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim ini mengungkapkan, sesuai SK 031, DPD PDIP diberi mandat partai untuk melakukan penjaringan kandidat Cagub dan Cawagub. Sedangkan yang berwenang untuk menyaring adalah DPP, sementara yang memutuskan adalah Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Untari menambahkan, dalam proses penjaringan kandidat Cagub-Cawagub, pihaknya mempunyai sejumlah kriteria secara politik yang harus dipenuhi. Diantaranya, paham dan mau melaksanakan 4 Pilar Kebangsaan, paham pemerintahan serta potensi Jatim, paham visi misi dan tujuan PDIP, dekat dengan rakyat, mau melayani. Memiliki rekam jejak positif di masyarakat, mampu menggerakkan mesin partai berikut tim sukses dan berlatar Nasionalis-Religius.

“Sedangkan kriteria secara personal harus harmonis dengan partai. Hal ini menjadi syarat penting, karena bagaimana mau jalan bareng dan berjuang kalau tidak bisa harmonis dan kompak,” imbuh politsi asal Malang itu.

Informasi yang dihimpun redaksi, sampai saat ini ada dua figur yang mengerucut untuk dipertimbangkan maju sebagai Cagub dari PDIP. Keduanya sama-sama non kader juga non partai. Figur itu adalah Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Muslimat NU yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial RI. 

Figur lainnya adalah Saifullah Yusuf, Ketua PBNU yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Mantan anggota Fraksi PDIP DPR RI yang lompat ke PKB dan kemudian menjadi Sekjen DPP PKB itu juga punya peluang untuk maju pilgub dengan kendaraan PDIP.

“Rekom Pilgub ada ditangan Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri. Tapi proses di bawah tetap melalui DPD sebagai infrastruktur partai di tingkat provinsi,” pungkas Untari yang juga seorang aktivis gerakan koperasi ini.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: PDI Perjuangan Buka Peluang untuk Figur Non Partai di Pilgub Jatim
PDI Perjuangan Buka Peluang untuk Figur Non Partai di Pilgub Jatim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-COcgEn9ZInmMceRe-gvfKxbKyPVdMoS-UOlKuHg8hQhdfPqfevniuBOVtZBCeHef0P2Zz4fEy0qXKNw4AbQqPmJXvXyrafxwTt5RzBQJZMvs_w75zmWJgWI0ZRb_CqHMEXjiHPgiiP8/s1600/sri_untari.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-COcgEn9ZInmMceRe-gvfKxbKyPVdMoS-UOlKuHg8hQhdfPqfevniuBOVtZBCeHef0P2Zz4fEy0qXKNw4AbQqPmJXvXyrafxwTt5RzBQJZMvs_w75zmWJgWI0ZRb_CqHMEXjiHPgiiP8/s72-c/sri_untari.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/pdi-perjuangan-buka-peluang-untuk-figur.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/pdi-perjuangan-buka-peluang-untuk-figur.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy