Rebut Hati Masyarakat Madura Lewat Konsep Berbaur

Baddrut Tamam (tengah) berbaur dengan masyarakat PARLEMEN JATIM-Beda orang beda pikiran, demikian pula dengan calon anggota legisla...


Baddrut Tamam (tengah) berbaur dengan masyarakat
PARLEMEN JATIM-Beda orang beda pikiran, demikian pula dengan calon anggota legislatif (caleg). Masing-masing punya cara atau konsep sendiri untuk merebut hati pemilih supaya memilih mereka saat di bilik suara. Contohnya Baddrut Tamam, politisi PKB ini menggunakan konsep berbaur dalam merebut hati masyarakat Madura dalam dua pemilu legislatif, 2009 dan 2014.

Politisi muda PKB ini mengungkapkan, sebenarnya konsep berbaur ini adalah konsep PKB yang merupakan kependekan dari Bekerja dan Berbagi Untuk Rayat. Dirinya sebagai kader justru mengimplementasikannya ke konstituennya di dapil. Konsep berbaur dilaksanakan oleh alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu dengan konsekuen. 

Terbukti, setiap akhir pekan dirinya pasti kembali ke dapil untuk bertemu dengan masyarakat. Dari sekedar cangkruk, sampai diskusi ringan atau menerima keluhan masyarakat. Aktifitas itu dilakukan secara non formal, menanggalkan formalitas yang melekat sebagai anggota Dewan apalagi pengurus teras partai.

"Saya setiap akhir pekan pasti pulang ke Madura. Jadi tidak ujug-ujug turun menjelang pemilu. Madura asal saya, rumah saya. Jadi setiap ada kesempatan pasti saya pulang ke Madura untuk bertemu dengan masyarakat Madura," tutur politisi kelahiran Pamekasan, 2 Desember 1978 tersebut.

Pria yang akrab disapa Tamam ini mengungkapkan sebenarnya tak sulit mendekati masyarakat. Apalagi sebagai wakil rakyat merupakan satu kewajiban untuk menyerap aspirasi rakyat. Dan untuk paham aspirasi dan masalah masyarakat tidak bisa dilakukan di balik ruangan kerja di Gedung DPRD Jatim. Namun harus bertemu langsung dengan menyapa dan bertemu langsung dengan mereka. 

Politisi yang melenggang ke Indrapura dengan mendulang 186.105 suara dan menahbiskan diri sebagai caleg tingkat provinsi terpilih dengan perolehan suara terbanyak se-Indonesia itu mengaku tak pernah membuat jarak dengan masyarakat. Bahkan dirinya yang mengambil inisiatif lebih dulu menyapa. Sehingga bukan suatu hal yang luar biasa kalau Sekretaris DPW PKB Jatim ini sering ditemui ngopi bareng atau bakar jagung di tengah masyarakat Madura.

"Saya punya kebiasaan berjalan kaki pagi hari untuk menyapa masyarakat. Baik yang ada di sawah atau di warung kopi. Biasanya saya ajak mereka ngobrol sambil minum kopi atau rokokan. Itu saya lakukan sejak 4 tahun lalu. Sehingga saat pemilu mereka dengan ikhlas memberikan suaranya kepada saya," papar mantan Ketua Korcab PMII Jatim itu.

Soal fenomena kebanyakan anggota Dewan yang enggan turun ke dapil karena menghindari permohonan sumbangan atau permintaan bantuan dari masyarakat. Menurut anggota Komisi E yang membidangi kesra, itu tergantung kebiasaan mereka saat kampanye lalu. 

Kalau saat kampanye mereka membagi-bagikan uang kepada masyarakat, maka tak heran ketika mereka jadi anggota Dewan dan kembali ke dapil akan menjadi sasaran masyarakat untuk minta uang.

Khusus dirinya, Tamam mengaku tidak membiasakan membagikan uang kepada masyarakat. Kalaupun ada permintaan, selagi dirinya punya maka dirinya tak sungkan berbagi. Tapi kalau sedang tidak ada uang, maka dia akan mengatakan dengan jujur, tidak bisa membantu. 

"Masyarakat kita itu adalah tipikal pekerja keras dan ulet. Mereka hanya minta didengar dan diapresiasi. Dengan begitu mereka merasa dihargai. Jadi salah, kalau ingin mendapatkan kepercayaan dengan uang," ujar pria yang saat ini dipercaya sebagai Ketua Fraksi PKB di DPRD Jatim.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,680,Interupsi,270,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Rebut Hati Masyarakat Madura Lewat Konsep Berbaur
Rebut Hati Masyarakat Madura Lewat Konsep Berbaur
https://2.bp.blogspot.com/--jWLuzgjAzE/WKxInpwFT-I/AAAAAAAAAPo/IIN-sp0TUh4t79_CQIOdKB_xXkCQVDvzwCLcB/s1600/baddrut_tamam_pkb.jpg
https://2.bp.blogspot.com/--jWLuzgjAzE/WKxInpwFT-I/AAAAAAAAAPo/IIN-sp0TUh4t79_CQIOdKB_xXkCQVDvzwCLcB/s72-c/baddrut_tamam_pkb.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/rebut-hati-masyarakat-madura-lewat.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/rebut-hati-masyarakat-madura-lewat.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy