Dewan Dukung BBPJN VIII Ubah Sistem Perbaikan Jalan Tahun Depan

drh. Hamy Wahjunianto, Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim PARLEMEN JATIM-Dinilai sistem pembiayaan perbaikan jalan long segment memiliki b...

drh. Hamy Wahjunianto, Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim
PARLEMEN JATIM-Dinilai sistem pembiayaan perbaikan jalan long segment memiliki banyak kekurangan. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII akan menerapkan sistem swakelola dan long segment pada 2018.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim Hamy Wahjunianto menyatakan,penggunaan sistem pembiayaan swakelola dan long segment tidak bisa dilakukan tahun ini. Pasalnya, anggaran yang ada pada APBN murni tahun ini tidak bisa diubah. Sebab hal itu telah digedok. Sedangkan untuk tahun depan, sangat dimungkinkan perubahan sistem pembiayaan perbaikan jalan secara swakelola dilakukan.

"Dengan Dirjen Bina Marga menyatakan perbaikan jalan awal Maret 2017 bebas lubang. Saya rasa sudah bagus sistem yang digunakan. Dan perbaikan hingga akkhir tahun ini, seharusnya anggarannya cukup. Jadi tak ada lagi jalan rusak di Jatim," terang politsi yang akrab disapa Ustadz Hamy itu.

Politisi asal Partai Keadilan Sosial ini menilai, sistem swakelola yang ditetapkan oleh BBPJN VIII sudah tepat sebenarnya. Dimana penggunaan sistem tersebut ditetap pada proyek dibawah Rp 200 juta. "Sistem swakelola ini melibatkan Dinas PU Bina Marga Jatim beserta UPT dalam memperbaikinya. Ini yang sering saya sebut sistem perbaikan jalan retail," urainya.

Sedangkan untuk sistem long segment ini, menurutnya, masih banyak kekurangan. Karena perbaikan baru bisa dilakukan setelah sistem lelang dilaksanakan. Hal ini yang membuat kerusakan periode November hingga Februari tak tertangani. Padahal pada periode tersebut telah masuk musim hujan, yang kemudian membuat kerusakan semakin parah.

“Ada kekosongan yang terjadi antara November hingga Februari. Padahal itu saat puncaknya musim bcurah hujan, sehingga jalan mudah rusak. Ini harus dicarikan solusi agar kualitas jalan tetap terjaga,” imbuh Hamy.

Sementara itu, Kepala BBPJN VIII, Ketut Darmawahana menjelaskan, penerapan sistem swakelola dan long segment pada 2018 sudah disetujui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Usalan tersebut sudah masuk ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan telah disetujui untuk anggaran tahun depan. Hal itu dilakukan agar penanganan jalan rusak dapat ditangani secara cepat," ujar, Kepala BBPJN VIII, I Ketut Darmawahana.


COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,7,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,566,Interupsi,209,Komisi A,17,Komisi B,27,Komisi C,22,Komisi D,18,Komisi E,68,Opini,19,Parlementaria,42,Pilgub,178,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Dewan Dukung BBPJN VIII Ubah Sistem Perbaikan Jalan Tahun Depan
Dewan Dukung BBPJN VIII Ubah Sistem Perbaikan Jalan Tahun Depan
https://3.bp.blogspot.com/-jig5HOV_2fA/WLh-x5WXpkI/AAAAAAAAAUs/h8ic94q2-A82DrDHXj47Iqe0H50VxViaACLcB/s640/ustadz_hamy.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jig5HOV_2fA/WLh-x5WXpkI/AAAAAAAAAUs/h8ic94q2-A82DrDHXj47Iqe0H50VxViaACLcB/s72-c/ustadz_hamy.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/03/dewan-dukung-bbpjn-viii-ubah-sistem.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/03/dewan-dukung-bbpjn-viii-ubah-sistem.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy