Mas Udin Kunjungi Pengrajin Kayu di Desa Boro, Kedungwaru

Mas Udin bersama Hj. Salma pengelola usaha kerajinan kayu di Desa Boro, Tulungagung PARLEMEN JATIM-Kegiatan reses masa sidang I Tahun...

Mas Udin bersama Hj. Salma pengelola usaha kerajinan kayu di Desa Boro, Tulungagung
PARLEMEN JATIM-Kegiatan reses masa sidang I Tahun 2017 ini, banyak komunitas dan kelompok masyarakat yang dikunjungi Chusainuddin. Anggota DPRD Jawa Timur yang terpilih dari daerah pemilihan VI yang meliputi Blitar, Kediri dan Tulungagung itu juga menyapa jamaah Ad Diba' Al-faiza di Desa Boro, Kecamatan Kedungwaru,  Kabupaten Tulungagung.

Ternyata mayoritas jamaah adalah pelaku usaha pengrajin kayu seperti produk meja belajar, penggaris, almari dll dan penggergajian kayu. Chusainuddin menilai semangat dari ibu-ibu ini perlu mendapatkan support khusus, karena semangatnya dalam berwirausaha yang tentunya dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Seperti yg dituturkan slh satu pengarajin yg dikelola ibu Hj. Salma, beliau mempunyai sedikitnya 10 karyawan penggergajian yagn ada di belakang rumahnya.

“Ibu-ibu jamaah Diba di Desa Boro ini mayoritas juga ternyata pengrajin kayu. Mereka tentunya harus disupport, karena selain sebagai ibu rumah tangga, mereka juga penopang ekonomi keluarga,” tutur Chusainuddin, Jumat (7/4).

Politisi PKB ini mengungkapkan, sejumlah produk yang dihasilkan para pengrajin di Desa  Boro adalah papan kayu, kayu reng, kayu usuk. Sedangkan kayu yg dipakai adalah jenis kayu pinus yang diperoleh dari perhutani se-Jawa Timur.

Politisi asli Tulungagung yang akrab disapa Mas Udin itu membeberkan, biasanya di bulan Januari-Maret Perhutani mengalami tutup buka sehingga pada bulan ini biasanya Perhutani tidak mengeluarkan kayu. Selain itu di masa penghujan menyebabkan kayu tidak bisa diangkut dari hutan.

“Soal bahan baku, saya kira mereka mendapat cukup dari pihak Perhutani. Hanya pada masa tertentu, seperti masa penghujan pasokan terhenti karena faktor cuaca,” imbuh Mas Udin.

Anggota DPRD Jatim yang bertugas di Komisi B yang membidang perekonomian ini menjelaskan, usaha kerajinan kayu yang dikelola Hj. Salma ini memberi pemasukan bagi warga sekitar.

Dari hasil obrolan dirinya dengan Pak anas dan Pak wahab yang merupakan pekerja disana diketahui bahwa sistem upah yg diterima adalah harian. Rinciannya, untuk master penggergajian upahnya Rp. 75 ribu per hari, sedangkan untuk pembantu atau kuli bervariasi antara 50 ribu - 60 ribu per hari.
Namun sayangnya, menurut pengakuan Hj. Salma Disindag kabupaten Tulungagung sebagai instansi terkait sudah sekitar 10 tahun terakhir ini tidak pernah melakukan pendampingan ataupun pembinaan. Padhal para pengrajin sangat membutuhkan pembinaa, terlebih di masa perdagangan bebas da era MEA ini persaingan semakin ketat.

“Saya kira pihak Disindag Kabupaten Tulungagung perlu memberi pendampingan kepada para pengrajin di Desa Boro ini. Dengan adanya dukungan pemerintah, saya optimis usaha kerajinan kayu ini semakin berkembang dan berdampak luas bagi masyarakat sekitar. Nanti akan saya komunikasikan ini ke teman Fraksi PKB di DPRD Tulungagung,” pungkas Wakil Sekretaris Fraksi PKB DPRD Jatim ini. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Mas Udin Kunjungi Pengrajin Kayu di Desa Boro, Kedungwaru
Mas Udin Kunjungi Pengrajin Kayu di Desa Boro, Kedungwaru
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjF5quwO52MKOiLmGZc-YULfN9EDCk_k3KUWss4G6QiIeKwRDiXzRaC646lwXOVQg2RTALXe1hBXD-qdj4NQSdPOONzrgaAvNUPAmasPHoqTXlTQG2RgwbPfc7Qxn-DP0L_-kiu60sLN2I/s320/mas_udin_boro.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjF5quwO52MKOiLmGZc-YULfN9EDCk_k3KUWss4G6QiIeKwRDiXzRaC646lwXOVQg2RTALXe1hBXD-qdj4NQSdPOONzrgaAvNUPAmasPHoqTXlTQG2RgwbPfc7Qxn-DP0L_-kiu60sLN2I/s72-c/mas_udin_boro.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/mas-udin-kunjungi-pengrajin-kayu-di.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/mas-udin-kunjungi-pengrajin-kayu-di.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy