Muradi Clark : Efek Domino Pilgub Jakarta Tidak Signifikan di Jatim

Muradi Clark, Ph.D PARLEMEN JATIM-Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang baru saja usai menimbulkan efek domino terhadap pemilihan kepala ...

Muradi Clark, Ph.D
PARLEMEN JATIM-Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang baru saja usai menimbulkan efek domino terhadap pemilihan kepala daerah di tempat lain, termasuk Jawa Timur. Namun efek domino pilgub DKI tidak signifikan di Pilgub Jatim yang akan digelar tahun 2018. Pasalnya, karakteristik masalah dan tipologi masyarakat Jatim berbeda dengan Jakarta.

Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjajaran, Muradi Clark mengungkapkan, saat ini sudah ada kampanye dan penggalangan opini agar tidak memilih partai pendukung penista agama. Namun pengaruhnya tak akan signifikan di Pilgub Jatim, mengingat dalam pilgub pemilih lebih melihat figur calon gubernur atau wakil gubernur ketimbang partai pengusung.

“Ada efek domino Pilgub Jakarta terhadap Pilgub Jatim tapi tidak signifikan. Sangat kecil pengaruhnya,” ujar mantan aktivis mahasiswa ’98 itu, Selasa (25/4).

Pemegang gelar Doktor dari Flinders University, Australia ini memprediksi, isu Suku Agama Ras Antar Golongan (SARA) yang kental pada Pilgub DKI Jakarta juga akan terjadi di Pilgub Jatim. Hal itu mengacu kelompok masyarakat yang aktif menolak Ahok menjadi gubernur DKI juga datang dari beberapa daerah di Jatim.

Namun Muradi menilai isu SARA di Jatim skalanya kecil, kalaupun ada kemungkinan akan menyerang Calon Gubernur maupun Wakil Gubernur perempuan. Terlebih, dari sejumlah nama kandidat yang muncul dipermukaan ada nama figur perempuan seperti Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini. Belakangan juga muncul politisi perempuan Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf.

“Isu SARA ada kemungkinan digunakan seperti Surat An Nisa 34 yang sering dijadikan landasan untuk menolak pemimpin perempuan. Tapi skalanya kecil, buktinya Khofifah dua kali maju pilgub tidak mendapat penolakan yang berarti. Terkecuali ada pihak yang memainkan isu ini secara massif dan sistematis,” urai Muradi.

Alumni aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini mengingatkan, selama kepemimpinan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) Jawa Timur relatif kondusif. Terlebih Jatim adalah basis Nahdlatul Ulama (NU) dengan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah dan semangat Islam Nusantara. NU yang mayoritas di Jatim terkenal sangat menghargai tolerasi dan keberagaman. Tentunya keberadaan NU akan memiliki peran vital menjaga situasi kondusif di Jatim.

Muradi melanjutkan, tanpa isu SARA maka masyarakat yang akan diuntungkan, karena para calon akan menjual program kerja. Dengan begitu pemilih tinggal memilih calon yang programnya paling bagus dan rasional. Tentu saja tanpa mengesampingkan ketokohan calon yang ada.

“Tanpa isu SARA, masyarakat akan memilih pemimpin secara rasional. Berdasarkan program yang ditawarkan,  rekam jejak dan kemampuan. Dengan begitu, akan menghasilkan kepala daerah yang berkualitas,” pungkas Muradi.


COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Muradi Clark : Efek Domino Pilgub Jakarta Tidak Signifikan di Jatim
Muradi Clark : Efek Domino Pilgub Jakarta Tidak Signifikan di Jatim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDq-1VOsQBLP9MdrgWGMLHE9Uqg6UKf-LdaSGVsIeYqzTvJesjZ-XdabiJ31mSAJtVDbGQC2YlUHnSsOvXLUhIBv_XprYNKNj_p4yzqZ2NXM8PJccAzZ6DLZvQy1i_746cK2s06qUGqHY/s320/muradi_clark.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDq-1VOsQBLP9MdrgWGMLHE9Uqg6UKf-LdaSGVsIeYqzTvJesjZ-XdabiJ31mSAJtVDbGQC2YlUHnSsOvXLUhIBv_XprYNKNj_p4yzqZ2NXM8PJccAzZ6DLZvQy1i_746cK2s06qUGqHY/s72-c/muradi_clark.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/muradi-clark-efek-domino-pilgub-jakarta.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/muradi-clark-efek-domino-pilgub-jakarta.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy