Dr. Syafiin : Cagub Jatim Mendatang Harus Visioner

Gus Syaf PARLEMEN JATIM-Setahun lagi estafet kepemimpinan Jawa Timur akan beralih. Soekarwo yang dinilai sukses memimpin Jatim harus me...

Gus Syaf
PARLEMEN JATIM-Setahun lagi estafet kepemimpinan Jawa Timur akan beralih. Soekarwo yang dinilai sukses memimpin Jatim harus menyerahkan tongkat kepemimpinan karena sudah dua periode memimpin. Sesuai amanat UU seorang gubernur hanya boleh memimpin selama dua periode. Karena itu, Cagub mendatang harus seorang visioner agar bisa melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan Soekarwo. Pernyataan itu disampaikan Dr. Syafiin.

Syafiin yang memiliki tujuh gelar kesarjanaan ini ini mengingatkan, harus diakui selama 9 tahun memimpin provinsi Jawa Timur, Soekarwo terbilang berhasil. Terbukti, pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat dan stabilitas keamanan yang kondusif. Fakta itu menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi yang banyak dilirik investor setelah Jawa Barat. Sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat selama kepemimpinan Soekarwo pun menahbiskan gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

“Pakde Karwo terbilang sukses memimpin Jatim selama hampir dua periode ini. Karena itu, Cagub mendatang harus seorang yang visioner agar bisa melanjutkan pembangunan yang dimulai oleh Pakde Karwo dan gubernur sebelumnya. Jangan sampai Jatim mengalami kemunduran karena pengganti Pakde Karwo yang tidak visioner,” tutur pria yang akrab disapa Gus Syaf itu, Minggu (28/5).

Anggota keluarga besar pendiri Thoriqot Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang itu mengakui Pakde Karwo berhasil membangun Jawa Timur selama hampir 2 periode ini, terutama di bidang ekonomi. Namun menurutnya, kepemimpinan Pakde itu belum maksimal. Pasalnya, dengan melimpahnya sumber daya alam di Jawa Timur termasuk minyak dan gas, seharusnya kesejahteraan masyarakat Jatim lebih baik lagi.

Dirinya juga menyoroti sejumlah kebutuhan pokok yang masih harus diimpor seperti daging, cabe dan bawang. Padahal lahan pertanian di Jatim sangat subur dan petaninya juga gemar bekerja keras. Syafiin juga menyayangkan kebutuhan garam di Jatim masih harus diimpor. Padahal Jatim memiliki pulau Madura yang selama ini mendapat julukan Pulau garam karena sumber garamnya yang melimpah.

“Seharusnya Jatim mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Bahkan bisa menyuplai kebutuhan untuk provinsi lain atau ekspor ke luar negeri. Tidak terus menerus impor seperti selama ini,” tandas mantan atlet renang Jatim ini.

Syafiin yang puluhan tahun malang-melintang di dunia intelijen ini mengungkapkan, penduduk Jawa Timur itu lebih dari 40 juta orang. Jumlah itu merupakan pasar yang potensial bagi provinsi lain maupun negara lain untuk menjadikan Jatim sebagai pasar bagi produksi mereka. Karena itu, kalau Jatim bisa memenuhi kebutuhan warganya sendiri maka perputaran uang tidak akan lari dari Jatim.


“Besarnya penduduk Jatim merupakan potensi sendiri, sayangnya banyaknya kebutuhan warga Jatim dipenuhi melalui impor. Padahal kalau bisa dipenuhi sendiri akan berdampak ekonomis dan mendongkrak pendapatan asli daerah atau PAD,” pungkas pengagum Gus Dur ini. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Dr. Syafiin : Cagub Jatim Mendatang Harus Visioner
Dr. Syafiin : Cagub Jatim Mendatang Harus Visioner
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg683YZzLx4-aEzWMO2wJavZQNrAFyBBM5pocfamVJECfAhgatvTHNJljVcxUS-Wx2wSEXwwZpkmWFR9ByrCkoGS4iOOLykqUR4hFPTOVHFec39ntEBYgSLOek-SUjkLsjSDW_oWM7VcpM/s320/IMG_20170523_224842.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg683YZzLx4-aEzWMO2wJavZQNrAFyBBM5pocfamVJECfAhgatvTHNJljVcxUS-Wx2wSEXwwZpkmWFR9ByrCkoGS4iOOLykqUR4hFPTOVHFec39ntEBYgSLOek-SUjkLsjSDW_oWM7VcpM/s72-c/IMG_20170523_224842.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/dr-syafiin-cagub-jatim-mendatang-harus.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/dr-syafiin-cagub-jatim-mendatang-harus.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy