Dewan Antisipasi Peredaran Obat PCC di Jawa Timur

PARLEMEN JATIM-DPRD Jawa Timur langsung melakukan gerak cepat pasca jatuhnya korban puluhan remaja dan Mahasiswa di Kendari Sulawesi Teng...

PARLEMEN JATIM-DPRD Jawa Timur langsung melakukan gerak cepat pasca jatuhnya korban puluhan remaja dan Mahasiswa di Kendari Sulawesi Tenggara akibat mengkonsumsi Obat PCC (Paracetamol Caffein Carisoprodo). Melalui Komisi E, kejadian di Sultra itu segera dilakukan antisipasi segala kemungkinan agar tidak terjadi juga di Jawa Timur yang berpenduduk hamper 40 juta ini.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Heri Sugihono Tugas Oetomo mengatakan, sangat prihatin atas jatuhnya korban dari remaja pelajar dan mahasiswa akibat penyalahgunaan obat PCC yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Kendari karena mengonsumsi obat PCC. “Kami tidak ingin kejadian di Kendari itu, menimpa anak-anak muda pelajar di Jawa Timur, karena obat PCC ini jelas sangat membahayakan,” tegas Heri Sugihono, Sabtu (16/9).

Dari niat itulah, Komisi E DPRD Jatim segera melakukan upaya cepat dengan koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk antisipasi agar Obat PCC tidak mudah dikonsumsi masyarakat Jawa Timur. “Saya langsung minta kepada Dinas Kesehatan Jatim, BPOM Wilayah Jawa Timur, dan Dinas Pendidikan Jatim, untuk melakukan pencegahan awal,” kata politisi yang juga Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur ini.

Selanjutnya, Komisi E juga meminta agar pihak-pihak tersebut untuk mengumpulkan bahan-bahan untuk segera dirapatkan bersama. Dinkes dan BPOM akan diminta untuk melakukan pendataan apakah obat tersebut sudah beredar di Jatim dan berapa jumlahnya. “Kalau memang ada obat PCC di Jatim, agar segera dilakukan pembatasan peredarannya,” pinta Heri.

Sedangkan untuk Dinas Pendidikan, diminta untuk segera melakukan pengawasan sekolah-sekolah baik itu SD, SMP, SMA/SMK bahkan perguruan tinggi supaya memastikan siswanya tidak ada yang menkonsumsi obat ini. “Kami akan panggil mereka semua untuk koordinasi sekaligus evaluasi, dan kami harap ada langkah kongkrit untuk antisipasi peredaran obat PCC itu di masyarakat, supaya tidak muncul korban di Jawa Timur,” terangnya. 

Sebelumnya, seorang anak yang baru kelas 6 SD meninggal setelah mengkonsumsi obat jenis golongan G ini. Korban sempat dirawat di rumah sakit Bhayangkara dan RSJ Kendari, namun pada pada Selasa (12/9) korban dinyatakan meninggal.

Tak cuma itu, total korban penyalahgunaan obat di Kendari mencapai 57 orang yang dirawat di 5 Rumah Sakit di Kota Kendari. Mereka terdiri dari usia remaja, pria dan perempuan dewasa. 

Menurut sepengetahuan Heri, obat PCC ini sudah seharusnya ditarik dari peredaran karena berdampak pada kehilangan kesadaran. Kalaupun harus digunakan, tetap memerlukan pengawasan dokter. “Sebaiknya obat ini dilarang beredar. Tapi kalau pun masih beredar, maka golongan obat yang penggunaannya terbatas dan harus dengan resep dokter. Tidak bisa digunakan sembarangan apalagi sampai dibagikan gratis, jangan sampai," pungkas Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim ini.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,529,Interupsi,191,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Dewan Antisipasi Peredaran Obat PCC di Jawa Timur
Dewan Antisipasi Peredaran Obat PCC di Jawa Timur
https://3.bp.blogspot.com/-TMgtjiYeqto/WbxplM-w7PI/AAAAAAAABdY/gHb46jlqPuY5OxKNMuIUkiO768XG_9I4QCLcBGAs/s320/heri_sugihono.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-TMgtjiYeqto/WbxplM-w7PI/AAAAAAAABdY/gHb46jlqPuY5OxKNMuIUkiO768XG_9I4QCLcBGAs/s72-c/heri_sugihono.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/09/dewan-antisipasi-peredaran-obat-pcc-di.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/09/dewan-antisipasi-peredaran-obat-pcc-di.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy