Kans Ipong Jadi Wakil Khofifah Menguat

PARLEMEN JATIM-Nama Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni awalnya tak masuk dalam bursa kandidat Calon Gubernur maupun Calon Wakil Gubernur J...

PARLEMEN JATIM-Nama Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni awalnya tak masuk dalam bursa kandidat Calon Gubernur maupun Calon Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Namun belakangan, mantan Ketua DPD Partai Gerindra Kalimantan Timur itu menjadi satu dari tiga figur yang dipertimbangkan untuk menjadi wakil Khofifah Indar Parawansa.

Menurut pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam, sosok Ipong punya nilai plus karena  saat ini memegang jabatan publik dan memiliki jaringan pemilih lokal tak hanya di Ponorogo tapi juga di wilayah Matraman. Selain itu, Ipong yang berasal dari pengusaha punya modal logistik yang kuat.

“Ipong bisa mengandalkan pemilih di rural area (pedesaan) terutama Mataraman, tapi tetap harus ekstra berjuang merebut suara di wilayah arek yang mayoritas kalangan urban,” tutur Surokim, Senin (30/10).

Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) ini menambahkan, bisa saja kalau nantinya Ipong resmi menjadi pasangan Khofifah, diantara keduanya bisa melakukan pembagian tugas. Khofifah yang kuat di Madura dan Tapal Kuda bisa fokus menguatkan posisi di wilayah tersebut. Sementara Ipong fokus menguatkan suara di wilayah Mataraman.

Sementara untuk wilayah Arek yang merupakan daerah Urban, mereka bisa mengandalkan media sosial atau serangan udara, selain serangan darat. Di wilayah urban ini masyarakatnya melek teknologi dan update informasi. Karena itu, media sosial bisa menjadi pilihan jitu untuk penguatan basis.

“Pembagian tugas bisa dilakukan oleh Khofifah dan Ipong. Itu penting, agar lebih efektif dan efisien serta terukur. Mengingat luasnya wilayah Jawa Timur,” papar akademisi asal Madura ini.

Surokim melanjutkan, partai pendukung dan relawan tentunya juga akan berperan besar untuk meraih suara pemilih. Terlebih, Partai Demokrat yang menjadi salah satu partai pendukung. Posisi Partai Demokrat yang saat ini adalah partai penguasa di Jawa Timur tidak bisa diabaikan. Bahkan perannya sangat signifikan untuk menentukan kemenangan.

Ia menyororoti sosok Pakde Karwo selaku Gubernur Jatim dua periode sekaligus Ketua Partai Demokrat di Jawa Timur. Sosok Pakde Karwo ini akan berdampak besar pada kubu Khofifah. Soekarwo Effect masih sangat kuat di Jawa Timur, apalagi wilayah Mataraman.


“Kalau Pakde Karwo mau turun, maka dampaknya signifikan untuk wilayah Mataraman atas. Tapi kalau Pakde tidak turun gunung, maka dukungan Demokrat tidak signifikan,” urainya.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Kans Ipong Jadi Wakil Khofifah Menguat
Kans Ipong Jadi Wakil Khofifah Menguat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSXiOu6VX2HXEtyENQViYt3PMuptPpFJmuqlb_mSmLDtfmhpaaJ7eHp_1HLDuksSsUUvdsAbiB4A4hH1OBzWY7NElRPp6YcJbFS0AwoTRQ-Upnd6p4Avg-cPk0Lw8_u0nSWEfE3eDcmHU/s320/khofifah_ipong_pilgub.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSXiOu6VX2HXEtyENQViYt3PMuptPpFJmuqlb_mSmLDtfmhpaaJ7eHp_1HLDuksSsUUvdsAbiB4A4hH1OBzWY7NElRPp6YcJbFS0AwoTRQ-Upnd6p4Avg-cPk0Lw8_u0nSWEfE3eDcmHU/s72-c/khofifah_ipong_pilgub.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/10/kans-ipong-jadi-wakil-khofifah-menguat.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/10/kans-ipong-jadi-wakil-khofifah-menguat.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy