La Nyalla Nilai Partai Demokrat Tak Beri Edukasi Politik ke Publik

PARLEMEN JATIM-Bakal calon gubernur Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti, menilai Partai Demokrat (PD) tidak memberi edukasi politik y...

PARLEMEN JATIM-Bakal calon gubernur Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti, menilai Partai Demokrat (PD) tidak memberi edukasi politik yang baik ke public, seiring sikap partai tersebut yang mengubah-ubah jadwal pendaftaran cagub dan cawagub Jatim.

"Ternyata harapan besar kita bersama untuk mewujudkan proses politik yang jujur, transparan, dan kredibel tidak sejalan dengan keputusan Partai Demokrat yang saya nilai masih jauh dari nilai-nilai komitmen berpolitik secara sehat," kata La Nyalla dalam pernyataan resminya, Senin (2/10).

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim ini menilai sikap Demokrat itu adalah inkonsistensi atas komitmen waktu pendaftaran yang sudah disepakati bersama para calon. Padahal, komitmen itu disampaikan partai di forum resmi maupun pernyataan tertulis resmi yang juga telah diketahui secara luas oleh publik melalui media massa.

Seperti diketahui, Partai Demokrat kembali membuka pendaftaran calon gubernur yang sebenarnya sudah ditutup beberapa waktu lalu. Ada indikasi kuat, keputusan itu dilakukan untuk mengakomodasi salah seorang calon saja.

"Yang juga patut disesalkan, perubahan jadwal ini tanpa pemberitahuan kepada calon yang sebelumnya sudah mendaftar secara sungguh-sungguh. Itu menyalahi fatsun politik yang seharusnya dipahami elite partai. Publik diberi suguhan manuver politik yang tidak elok," kata La Nyalla.

La Nyalla mengatakan, bagi dirinya proses politik ini bukan soal menang-kalah atau kuat-lemah dalam konteks kekuasaan. Tapi seyogyanya proses yang ditunjukkan para elite partai bisa menunjukkan cara berdemokrasi yang beradab. Publik saat ini membutuhkan keteladanan dari elite dan institusi politik.

"Untuk itu, dengan kesadaran penuh berlandaskan akal sehat dan tanggung jawab serta komitmen saya untuk masyarakat Jawa Timur, saya mundur dari pendaftaran pencalonan Gubernur Jawa Timur dari Partai Demokrat. Ini soal komitmen dan kredibilitas dari sebuah proses politik yang seharusnya transparan, akuntabel, dan amanah," tegas La Nyalla.

La Nyalla menjelaskan, sejak hampir setahun lalu dia sudah bertekad untuk mengikuti proses politik terkait Pilgub Jatim dengan tujuan utama mengabdi dan membangun Jawa Timur menjadi lebih baik.

Sebagai bukti komitmen mewujudkan niat tersebut, La Nyalla telah mengunjungi 38 kabupaten/kota dan bertemu puluhan ribu tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, akademisi, aktivis sosial, dan berbagai elemen masyarakat untuk menyerap aspirasi mereka. Dari situlah La Nyalla mengetahui betapa masih cukup banyak problem rakyat yang menuntut kehadiran negara.m, sehingga tekadnya untuk mengabdi bagi Jatim kian kuat.

"Tentu saya menyadari sepenuhnya bahwa saya harus menjalani sebuah proses politik, tapi bukan hanya proses politik yang sarat manuver tak elok. Saya ingin menjadi bagian dari proses edukasi bahwa politik tak selamanya buruk sebagaimana dipersepsikan mayoritas rakyat selama ini. Maka kemudian saya mendaftar di Partai Demokrat yang saya anggap punya komitmen untuk membangun politik dan berdemokrasi secara jujur, elegan, dan sportif. Tapi ternyata kini kita harapan proses politik yang baik itu berbalik 180 derajat," ujarnya.

Meski demikian, La Nyalla berterima kasih kepada Partai Demokrat yang sebelumnya menerima pendaftaran dirinya. "Saya tetap berterima kasih," tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo membantah pihaknya mengistimewakan Khofifah. Sebab keputusan memperpanjang pendaftaran pilkada adalah keputusan DPP, bukan DPD.

“Itu kewenangannya DPP membuka, itupun berlaku secara nasional, bukan hanya Jawa Timur,” ujar Gubernur Jatim itu. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,679,Interupsi,269,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: La Nyalla Nilai Partai Demokrat Tak Beri Edukasi Politik ke Publik
La Nyalla Nilai Partai Demokrat Tak Beri Edukasi Politik ke Publik
https://4.bp.blogspot.com/-nwzhuW5mzGU/Wazj0wHroeI/AAAAAAAABXg/mLF17kfXDWoO2kh78KIQmT8QQkOUeY07wCPcBGAYYCw/s320/nyalla_rohingya.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-nwzhuW5mzGU/Wazj0wHroeI/AAAAAAAABXg/mLF17kfXDWoO2kh78KIQmT8QQkOUeY07wCPcBGAYYCw/s72-c/nyalla_rohingya.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/10/la-nyalla-nilai-partai-demokrat-tak.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/10/la-nyalla-nilai-partai-demokrat-tak.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy