Mengenang Bung Hatta

HARI INI saya datang ke makam Bung Hatta. Karena memang Bung Hatta wafat tanggal 14 Maret 1980. Kedua,ini bagian dari kunjungan kami...


HARI INI saya datang ke makam Bung Hatta. Karena memang Bung Hatta wafat tanggal 14 Maret 1980.

Kedua,ini bagian dari kunjungan kami yang sebelumnya mengunjungi makam bung Karno di Blitar beberapa waktu yang lalu. Disini kami doakan, kirim Alfateha, kami doakan bung Hatta bahagia di sisi yang Allah yang mahakuasa, keluarganya di berikan rahmat.

Dan yang ketiga semoga Allah yang mahakuasa memudahkan dan memberikan jalan agar cita- cita bung Hatta tentang keadilan dan kemakmuran bangsa kita dapat terjadi

Kalau kita ingat sejarah, bung Hatta di besarkan di Sumatera Barat, tetapi sekolah di Belanda, nah pada saat dia sekolah di Belanda itu, dunia Eropa sedang mengalami krisis ekonomi tahun 1920 an sampai 1930 an.

Jadi Bung Hatta dan kawan- kawan memahami betul dampak negatif dari kapitalisme ugal- ugalan yang sangat terasa di negara- negara Eropa. Nah rakyat nggak ada pekerjaan di situ, pengangguran luar biasa dan kemiskinan juga luar biasa .Sebagai dampak dari kapitalisme yang sangat spekulatif dan ugal- ugalan.

Itulah yang menjelaskan kenapa bung Hatta dan kawan- kawan mencari jalan lain dan merumuskannya untuk Indonesia, supaya tidak mengulangi efek negatif dari kapitalisme spekulatif dan ugal- ugalan. Beliau banyak belajar dari pengalaman dari negara Eropa lainnya, terutama di Belanda dan Skandinavia. Iya dimana tingkat keadilan sosial rakyat nya sampai hari ini masih paling tertinggi di dunia.

Dimana kesejahtraan, pendidikan, kesehatan di negara- negara Eropa barat tersebut, termasuk lebih adil, lebih baik dari pada negara kapitalime Amerika.

Bung Hatta juga belajar dan merumuskan, bahwa ada bentuk korporasi untuk rakyat biasa tidak hanya bentuk perusahaan dan korporasi untuk swasta yang besar- besaran, tapi beliau pikirkan bagaimana rakyat yang kecil- kecil petani, buruh, nelayan bisa membentuk apa yang di sebut sebagai koperasi yang dimiliki saham oleh semua anggotanya. 

Berbeda dengan perusahaan, pemilik saham nya hanya beberapa orang, kalau koperasi seluruhnya itu di miliki oleh anggota dan manajemen juga terbuka transparan dan harus di kelola secara profesional.

Nah kalau kita lihat hari ini peranan koperasi masih sangat kecil di Indonesia terutama karena pemerintah belum sungguh- sungguh mengembangkan koperasi. 

Sebetulnya banyak contoh berhasi, di negara- negara seperti Skandinivia dan Belanda, dimana koperasi peternak susu , itu anggota nya seluruh peternak susu, mereka punya pabriknya sendiri, mereka punya jaringan distribusi dan toko- toko di selurih Eropa untuk menjual prodak koperasi tersebut.

Dan ternyata koperasinya karena di kelola dengan profesional, di kelola dengan manajemen yang terbuka berhasil memberikan manfaat kepada, satu kepada petani anggota, dapat bisa beli barang lebih murah, dapat dividen tiap tahun. Dan yang kedua menguntungkan konsumen karena prodak koperasi lebih murah dari pada prodak perusahaan besar.

Nah jadi kalau kita tanya kenapa di Indonesia koperasi hanya kecil peranannya, karena kopersai hanya hanya di jadikan slogan, di jadikan kembang kata, tidak di yakini sebagai bentukyang bisa meningkatkan kesejahtraan anggotanya. Menurit kami, pemerintah yang akan datang harus sungguh- sungguh mengembangkan koperasi dengan cara memberikan kesempatan koperasi untuk ikut di dalam jaringan distribusi kebutuhan pokok.

Misalnya beras saja ,itupasarnya 30 juta ton kali 10 Ribu itu 300 Triliun rupiah. Belum gula, belum garam belim lain- lainnya itu volume transaksinya ratusan triliun. Nah kalau misalnya koperasi di berikan kesempatan untuk ikut di dalam jaringan distribusi dapat untuk sekitar 5 persen misalnya maka koperasi di Indonesia akan berkembang cepat sekali . Lama- lama koperasi peternakan akan punya pabrik pengolahan sendiri, merek sendiri, bisa jual di seluruh Indonesia.

Koperasi beras misalnya bekerjasama denga Bulog akan bisa menjadi sangat besar, sebagai jaringan distribusi alternatif. Demikian juga petani bawag putih atau petani tebu. Ini akan membuat koperasi menjadi sangat besar, kredibel, di percaya menguntungkan anggota dan menguntungkan konsumen.

Sarat nya koperasi di kelola secara profesional, tidak boleh pengurus itu memperkaya diri sendiri, tapi harus memperkaya anggota nya.

Mudah- mudahan pada tahun 2019 yang akan datang cita- cita bung Hatta ini, bisa kita laksanakn secepat mungkin, sehingga pikiran besar beliau betul- betul merupakan jalan untuk membuat rakyat kita lebih makmur dan sejahtra, Amin.


Tanah Kusir- Jumat 30 Maret 2018

Dr. Rizal Ramli


COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,529,Interupsi,191,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Mengenang Bung Hatta
Mengenang Bung Hatta
https://1.bp.blogspot.com/-DJUVrHHLsoY/WsGTYARjg0I/AAAAAAAACjw/iNmKYWqMzzEg87reAFVxRFHe7n437dOSQCLcBGAs/s320/dr_rizal_ramli.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DJUVrHHLsoY/WsGTYARjg0I/AAAAAAAACjw/iNmKYWqMzzEg87reAFVxRFHe7n437dOSQCLcBGAs/s72-c/dr_rizal_ramli.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/03/mengenang-bung-hatta.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/03/mengenang-bung-hatta.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy