Kang Irwan Minta Bank Jatim Antisipasi Perkembangan Era Digital

‎ PARLEMEN JATIM-Perkembangan dunia digital saat ini maju sangat pesat. Bahkan hampir semua transaksi saat ini sudah berbasis digital at...

PARLEMEN JATIM-Perkembangan dunia digital saat ini maju sangat pesat. Bahkan hampir semua transaksi saat ini sudah berbasis digital atau non tunai. Uang digital atau e-money mulai digunakan dalam transaksi keseharian.

Fenomena uang digital itu mendapat perhatian dari Komisi C DPRD Jawa Timur, Komisi yang membidangi keuangan itu berharap badan usaha milik daerah (BUMD) di lingkungan Pemprov Jatim, seperti Bank Jatim menyikapi perkembangan jaman tersebut. Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi C DPRD Jatim, Irwan Setiawan.

“Saya mendorong Bank Jatim menyikapi perkembangan e-money saat ini. Sebagai Bank milik pemprov, Bank Jatim harus menangkap peluang ini. Kalau tidak, akan tertinggal oleh kompetitor dari swasta,” tutur politisi PKS yang akrab disapa Kang Irwan itu, Selasa (19/9).

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Jatim ini, mengakui transaksi tunai sudah mulai ditinggalkan. Saat ini masyarakat lebih memilih transaksi non tunai atau e-money. Kenyataan itu bisa dilihat dari jual-beli via online yang meningkat pesat sehingga berdampak tutupnya sejumlah gerai toko busana berjaringan besar.

Karena itu, Bank Jatim harus menyiapkan diri mengahadapi perkembangan jaman ini. Ia mencontohkan, per 31 Oktober 2017 pengelola tol akan menghapus transaksi pembayaran tunai dan berganti non tunai atau e-Toll. Karena itu, Bank Jatim harus menjajaki sebagai salah satu bank yang menyediakan e-Toll Card.

“Saya berharap Bank Jatim bisa menjadi salah satu bank yang menyediakan e-Toll card di ruas tol yang ada di Jawa Timur. Dibeberapa ruas tol di Jakarta, Bank DKI menjadi salah satu bank penyedia e-toll card. Karena itu saya kira Bank Jatim punya kesempatan yang sama di ruas tol yang ada di Jatim,” tandas irwan.

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Jatim ini berharap selain e-toll, Bank Jatim juga menjajaki menjadi fasilitator untuk transaksi di sektor lain. Irwan menyontohkan, pembayaran parker kendaraan bermotor, pembayaran tiket kereta api commuter, listrik, pajak kendaraan bermotor, dan sebagainya.

“Banyak sektor yang bisa dijajaki oleh Bank Jatim untuk fasilitas pembayaran non tunai. Ini baik untuk promosi dan tentunya mendatangkan provit atau keuntungan,” urai alumni FISIP Unair tersebut.

Terpisah, Direktur Utama Bank Jatim, R. Soeroso mengaku pihaknya sudah mengantisipasi perkembangan dunia digital. Karena itu, Bank Jatim juga sudah memfasilitasi e-money, salah satunya untuk pembayaran e-toll dengan bekerjama dengan bank BCA.

Bahkan, Soeroso mengungkapkan, Bank Jatim menjadi bank yang ditunjuk oleh Polri untuk penyedia fasilitas e-samsat smart. Pihaknya juga sudah menciptakan produk e-nyang pasar bekerjasama dengan Telokomsel, demikian pula Banyuwangi ada e-retribusi.

“Kita sudah melangkah ke transaksi digital, bahkan khusus untuk e-samsat smart kita menjadi percontohan oleh pihak Polri,” papar Soeroso. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Kang Irwan Minta Bank Jatim Antisipasi Perkembangan Era Digital
Kang Irwan Minta Bank Jatim Antisipasi Perkembangan Era Digital
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjB7uwLrFenPUEqtcw7IBv6wyCzmsUn1ZPjVL3jkv-p_B5y41pq8FSepOZfhP0JRgLYkxGQ3g5nzGVQJMEjMJIsR-eFEaky0Q44ht4WUw6RX4XXyOVonBPurfdZsjTDyV06KSlfUyBSkTg/s320/Irwan+Setiawan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjB7uwLrFenPUEqtcw7IBv6wyCzmsUn1ZPjVL3jkv-p_B5y41pq8FSepOZfhP0JRgLYkxGQ3g5nzGVQJMEjMJIsR-eFEaky0Q44ht4WUw6RX4XXyOVonBPurfdZsjTDyV06KSlfUyBSkTg/s72-c/Irwan+Setiawan.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/09/kang-irwan-minta-bank-jatim-antisipasi.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/09/kang-irwan-minta-bank-jatim-antisipasi.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy