Eksan Dukung Materi Pendidikan Kebencanaan

PARLEMEN JATIM-Bencana alam yang terjadi beruntuntun mulai Lombok, Palu, Donggala hingga yang terbaru di Banten dan Lampung Selatan membuat ...

PARLEMEN JATIM-Bencana alam yang terjadi beruntuntun mulai Lombok, Palu, Donggala hingga yang terbaru di Banten dan Lampung Selatan membuat publik prihatin. Pasalnya bencana itu tidak hanya menimbulkan kerusakan fisik dan kerugian materi. Tetapi juga korban jiwa dan luka-luka yang tidak sedikit. Belum lagi trauma psikis yang harus ditanggung seumur hidup.

Berkaca dari kondisi tersebut, DPRD Jawa Timur berharap warga Jawa Timur harus lebih siap menghadapi kemungkinan datangnya bencana alam yang bisa datang setiap saat. Apalagi kondisi alam di Jatim berpotensi bencana alam seperti banjir, longsor, gunung meletus hingga tsunami.

Karena alasan itu, anggota Komisi E DPRD Jatim,  Moch Eksan berharap adanya pendidikan kebencanaan yang diajarkan kepada warga Jawa Timur. Bahkan dirinya mendukung pendidikan kebencanaan masuk dalam kurikulum pendidikan dan pengajaran di sekolah. Dengan demikian, setiap orang mampu menghadapi resiko bencana yang bisa datang setiap saat.

"Saya mendukung ide Presiden Jokowi yang memasukan edukasi dan mitigasi bencana dalam kurikulum. Saya berharap pendidikan kebencanaan diajarkan di sekolah, mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Kalau perlu siswa taman kanak-kanak (TK) juga sudah diajarkan," tutur Eksan, Senin (14/1).

Anggota Fraksi NasDem-Hanura ini menyontohkan, Jepang adalah negara yang paling sering dilanda bencana alam. Namun hampir setiap terjadi bencana minim korban dan kerusakan fisik. Hal itu karena sejak lama Jepang mengajarkan warganya tentang pendidikan kebencanaan. Sehingga mereka paham apa yang harus dilakukan saat dan panca bencana terjadi.

Langkah preventif itu dilakukan karena pemerintah Jepang menyadari kondisi alam mereka yang rawan gempa dan gunung meletus. Karena itu, bangunan di sana juga dirancang tahan terhadap gempa bumi maupun gempa vulkanik.

"Masyarakat Jepang bisa menjadi contoh bagaimana kesiapan mereka dalam menghadapi bencana alam. Mereka tidak panik lagi ketika bencana datang, karena sudah memiliki pengetahuan tentang kebencanaan. Saya kira itu patut kita contoh," imbuh politisi asal Jember itu.

Eksan melanjutkan, nantinya pendidikan kebencanaan bisa melibatkan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR maupun TAGANA yang sudah terlatih dan terampil menghadapi situasi bencana. Tapi bisa juga melibatkan guru-guru di sekolah yang sudah mendapatkan pelatihan kebencanaan dari instruktur maupun lembaga yang memiliki kemampuan dalam menanggulangi bencana.

Menurut Eksan, aparat TNI-Polri juga bisa dilibatkan dalam mengajarkan pendidikan kebencanaan. Karena mereka punya keahlian dan alat yang lengkap. Tentunya ada pendampingan juga dari pihak sekolah maupun instansi terkait.

"Dengan kemampuan dan ketrampilan siswa menghadapi bencana. Mereka bisa menjadi satgas bencana di lingkungannya. Kemampuan itu bisa ditularkan pula ke warga di sekitar ia tinggal. Sehingga ke depan Jatim menjadi provinsi dengan kemampuan memanejemen bencana," ujar Wakil Sekretaris PCNU Jember ini. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,5,F-PKB,5,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,715,Interupsi,300,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,20,Komisi E,75,Opini,22,Parlementaria,56,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Eksan Dukung Materi Pendidikan Kebencanaan
Eksan Dukung Materi Pendidikan Kebencanaan
https://lh3.googleusercontent.com/-w9iwupFZpwI/XDwURQKqh8I/AAAAAAAAFJo/v-biyKHE_gg6CJwpG4H27uff3Oht3F8zwCHMYCw/s640/IMG-20180717-WA0101.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-w9iwupFZpwI/XDwURQKqh8I/AAAAAAAAFJo/v-biyKHE_gg6CJwpG4H27uff3Oht3F8zwCHMYCw/s72-c/IMG-20180717-WA0101.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/01/eksan-dukung-materi-pendidikan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/01/eksan-dukung-materi-pendidikan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy