Belajar dari Kegagalan, Sukses Samwil Melalui Perjuangan

H. Samwil, SH PARLEMEN JATIM-Sosok H. Samwil, SH sudah tak asing lagi bagi masyarakat Gresik maupun Lamongan. Kiprah lelaki yang asli k...

H. Samwil, SH
PARLEMEN JATIM-Sosok H. Samwil, SH sudah tak asing lagi bagi masyarakat Gresik maupun Lamongan. Kiprah lelaki yang asli kelahiran Kecamatan Tambak Pulau Bawean itu dalam berorganisasi kepemudaan, dunia politik maupun olahraga, bukan instan tapi melalui proses perjuangan. Sejak lama digelutinya sebelum memantapkan diri terjun di dunia politik. Saat ini, lelaki dengan kumis tipis tersebut menjabat ketua DPC Partai Demokrat Gresik sejak tahun 2007 lalu hingga sekarang. 

Bukan sesuatu yang luar biasa ketika H. Samwil SH melanggeng ke kursi parlemen di DPRD Propinsi Jawa Timur pada periode 2014-2019. Pengalamannya di dunia politik sudah malang melintang sejak era reformasi. Partai politik (Parpol) yang menjadi kawah candradimuka yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada tahun 1999, dia menjabat Bendahara DPAC PKB Tambak sekaligus ditunjuk Ketua Pemenangan Pemilu 1999. 

Untuk organisasi kepemudaan, Samwil menjadi ketua Pemuda Gresik pada tahun 1998. Tak berhenti sampai disitu, lelaki yang sejak muda sudah menempuh pendidikan pesantren di Jombang itu, mendapat amanah mengurus Persatuan Sepak Bola Gresik (Persegres) pada tahun 2000. 

Samwil memutuskan untuk loncat partai karena terlibat konflik internal. Lalu, PPP yang menjadi tujuan untuk menekuni dunia percaturan politik di Kabupaten Gresik. Tak sia-sia, karena Samwil berhasil duduk di kursi parlemen Gresik untuk periode 2004-2009 meskipun ditengah jalan akhirnya harus di-recall.

Tak puas hanya sebagai legislator, Samwil yang dikenal sebagai pengusaha tersebut memberanikan untuk bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gresik pada tahun 2005. Dia didapuk sebagai calon wakil bupati (Cawabup) berpasangan dengan Mujitabah yang diusung oleh koalisi PDIP-PPP. Namun, harapannya menjadi orang nomor dua di Kabupaten Gresik kandas.

Dunia politik seolah tak pernah lepas dari nafasnya. Terbukti, pada tahun  2009 silam, Samwil masuk dalam calon legislatif (Caleg) untuk DPRD Jatim dari daerah pemilihan (Dapil ) X yang meliputi Gresik-Lamongan. Sayangnya, dia tak bisa menikmati empuknya kursi kekuasaan di Indrapura.

Semangat lelaki yang memiliki hobi berkuda tersebut tak pantang menyerah dalam kiprahnya di dunia politik. Terbukti pada Pilkada Tahun 2010, Samwil yang diusung Partai Demokrat nekad mencalonkan diri sebagai pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Gresik. Dia tetap didapuk nomor 2 untuk mendampingi Sastro Soewito yang dipasang sebagai calon bupati.

Kembali, cita-citanya untuk menjadi eksekutif gagal dengan perolehan dukungan yang minim. Akhirnya, pada Pileg 9 April 2014 lalu, Samwil yang mendapat nomer urut 1 dari Partai Demokrat untuk Dapil X, suskes menuju gedung parlemen. Pemilih yang mencoblos namanya dalam pemungutan suara sekitar 40.000, yang berasal dari Gresik sebanyak 25.000 dan Lamongan sebanyak 15.000. Sedangkan total suara untuk Partai Demokrat sebanyak 110.000 suara.

Lantas, apa startegi yang disusun sehingga Samwil dapat melanggeng ke gedung Indrapura ?

"Mengorganisir Caleg kabupaten dari Partai Demokrat secara keseluruhan di Gresik dan Lamongan. Saya optimalkan caleg kabupaten,"tandas alumni HMI itu.
Diakui oleh Samwil, kegagalan dalam Pileg tahun 2009 menjadi pembelajaran yang berarti bagi dirinya untuk meraih sukses di Pileg 2014. Dari proses belajar tersebut terbukti mengantarnya menjadi legislator DPRD Jatim Periode 2014-2019.

Kendati demikian, Samwil mengaku masih banyak aspirasi rakyat khususnya konstituen dari Dapil X yang harus diperjuangkan di Indrapura nanti.
"Keberpihakan APBD dari provinsi untuk masyarakat Gresik dan Lamongan harus maksimal sehingga menciptakan kesejahteraan rakyat,"imbuh mantan kepala desa tersebut.

Samwil juga berupaya memperjuangkan secara maksimal agar kekhasan Gresik sebagai kota santri harus benar-benar tampak yang ditopang dari kepedulian Pemprov Jatim.

"Termasuk Lamongan yang juga kota santri,"pungkas anggota Komisi D DPRD Jatim ini.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,680,Interupsi,270,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Belajar dari Kegagalan, Sukses Samwil Melalui Perjuangan
Belajar dari Kegagalan, Sukses Samwil Melalui Perjuangan
https://3.bp.blogspot.com/-Re2FoavoOlg/WSu_66XchpI/AAAAAAAAA48/Zwvz9wGZRCUmmPSOC-IeLbTwTzfIIOoiACLcB/s320/haji_samwil.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Re2FoavoOlg/WSu_66XchpI/AAAAAAAAA48/Zwvz9wGZRCUmmPSOC-IeLbTwTzfIIOoiACLcB/s72-c/haji_samwil.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/belajar-dari-kegagalan-sukses-samwil.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/belajar-dari-kegagalan-sukses-samwil.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy