Dewan dan Pemprov Jatim Jamin Stok Pangan Aman

Hearing Komisi B dengan Disperindag dan Bulog PARLEMEN JATIM-DPRD Jawa Timur menyatakan tidak ada alasan harga-harga sembako naik. Pasa...

Hearing Komisi B dengan Disperindag dan Bulog
PARLEMEN JATIM-DPRD Jawa Timur menyatakan tidak ada alasan harga-harga sembako naik. Pasalnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemprov Jatim telah menjamin stok barang aman dan telah dilakukan pemantauan harga di lapangan. Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, Anik Maslachah.

Meski demikian, menurut Anik, Komisi B tidak berdiam diri begitu saja mendapati laporan harga-harga stabil saat hearing dengan Disperindag.

"Kita akan melakukan sidak ke pasar-pasar untuk memastikan harga tidak mengalami kenaikan yang signifikan," kata politisi perempuan PKB itu, Senin (29/5).

Ditambahkan, untuk menjaga stabilitas harga, telah dibuat Sistem informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Barang Pokok (Siskaperbapo) yang berbasis web dan android. Dengan sistem ini masyarakat bisa memantau harga sembako.

Sedangkan anggota Komisi B, Agus Maimun menerangkan berdasar hasil pantauan setiap tahun, rata-rata kenaikan sekitar 10%. Semua sudah diantisipasi. Pihak Disperindag menyatakan stok ketersediaan sembako terpenuhi sampai akhir lebaran.

"Disperindag menyatakan stok masih aman bahkan sampai dua bulan ke depan. Ini artinya tidak ada alasan jika sampai nanti ada kenaikan harga. Kami kunci jaminan paparan Disperindag tadi," tegas Agus Maimun.

Ditambahkan, saat ini sudah dibentuk Satgas Pangan Polda Jatim. Tim ini bertugas memonitor dan mengawasi harga ketersediaan, termasuk distribusi sembako. Jika nanti ditemui ada yang melampaui harga eceran tertinggi (HET), satgas harus segera mengambil tindakan.

"Jika terjadi penyimpangan, kami merekomendasikan agar tim memberi sanksi, bisa saja mencabut iizin yang sudah dimiliki," tandas Maimun.

Sementara itu, Kadisperindag M. Ardi Prasetyawan mengatakan pihaknya bersama Bulog telah melakukan sidak di Pasar Tambahrejo dan Pasar Pucang. Hasilnya, harga barang-barang masih stabil dan kenaikan harga tidak terlalu signifikan.

"Biasanya kebutuhan masyarakan meningkat menjelang lebaran. Kebutuhan itu setelah kita pantau meningkat sekitar 10%. Jumlah penduduk tidak bertambah tapi yang bergerak adalah kegiatannya. Kami bersama para mitra telah melakukan pemantauan di pasar," tandasnya.

Ardi mengatakan pihaknya bersama Bulog terus melakukan stabilisasi harga bahan pokok di pasaran. Satu diantaranya adalah mendirikan Kios Pangan Operasi Pasar (Kippas). Kippas ini menjual sejumlah komoditi bahan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, telur,  gula, hingga kecap.

 "Harganya  lebih murah dibandingkan dengan HET di pasaran," ungkapnya.

Di Jatim, Disperindag menargetkan mendirikan 78 Kippas yang tersebar di sejumlah daerah. Sejak 18 Mei lalu, hingga kemarin sudah terealisasi 57 outlet, baik dalam bentuk kios permanen, maupun dalam bentuk mobile. 

Dari pantauan Disperindag, harga-harga di Pasar Pucang maupun Tambahrejo cukup stabil. Tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan disini. Daging sapi misalnya, di daerah lain harganya di atas Rp100 ribu. Di sini, harga daging sapi tidak mencapai Rp110 ribu - Rp120 ribu. Bahkan bawang putih Rp45 ribu, dan untuk bawah putih kating Rp 58 ribu per kilogram.

Ayam potong saat ini hanya Rp30 ribu per kilogram. Harga ini mengalami kenaikan Rp2.000. Meski demikian harga ini relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga ayam potong pada puasa tahun lalu. Harga ayam kampung Rp50 ribu, dan harga ayam fillet (daging ayam tanpa tulang) Rp42 ribu per kilogram. Kestabilan harga juga dirasakan pada beras dan minyak goreng, untuk minyak curah pada harga Rp12.000-Rp12.500 per kg, dan harga beras di kisaran Rp8.800-Rp12.000. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,3,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,17,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,3,Headline,629,Interupsi,241,Komisi A,18,Komisi B,31,Komisi C,26,Komisi D,19,Komisi E,71,Opini,20,Parlementaria,49,Pilgub,178,Profil,13,Video Parlemen Jatim,3,
ltr
item
Parlemen Jatim: Dewan dan Pemprov Jatim Jamin Stok Pangan Aman
Dewan dan Pemprov Jatim Jamin Stok Pangan Aman
https://3.bp.blogspot.com/-Pfm7WYwit7I/WSwz1hfUXSI/AAAAAAAAA5c/9LaK6IOJ2hIkC1_laB5U9R2SPsjjfmLFwCLcB/s320/hearing_komisi_b.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Pfm7WYwit7I/WSwz1hfUXSI/AAAAAAAAA5c/9LaK6IOJ2hIkC1_laB5U9R2SPsjjfmLFwCLcB/s72-c/hearing_komisi_b.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/dewan-dan-pemprov-jatim-jamin-stok.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/dewan-dan-pemprov-jatim-jamin-stok.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy