Renville Beri Pelatihan Legislatif di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Renville Antonio saat memberi materi di pelatihan legislatif Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya PARLEMEN JATIM-Masih banyak masyarak...

Renville Antonio saat memberi materi di pelatihan legislatif Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
PARLEMEN JATIM-Masih banyak masyarakat, terutama pemuda yang bersifat apriori dengan dunia politik. Padahal hampir seluruh sendi kehidupan diatur melalui proses politik. Karena itu perlu sosialiasi dan pelatihan agar para pemuda ini mengerti politik dan bisa berkontribusi positif bagi masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan anggota DPRD Jawa Timur, Renville Antonio saat mengisi acara pelatihan legislatif mahasiswa yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Timur itu mengingatkan, potensi suara pemuda sangat besar. Jumlahnya mencapai sekitar 8 juta suara, karena itu kesadaran pemuda dalam politik harus dibangkitkan. Dengan begitu bisa berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dengan jumlah tersebut (delapan juta suara), kita bisa jadi anggota dewan. Karena itu, kalau suara pemuda itu bisa berpengaruh di parlemen,” kata Renville Antonio, Kamis (11/5).

Wakil Ketua Komisi C yang membidangi keuangan di DPRD Jatim ini menambahkan, forum yang diselenggarakan mahasiswa ini sangat baik untuk lebih mengenal dan memahami tentang tugas dan fungsi legislatif. 

"Ini forum yang baik untuk melatih anak muda bagaimana fungsi legislatif di provinsi dan bagaimana legislatif di mahasiswa agar menjadi lebih baik lagi," kata anggota Dewan dari daerah pemilihan Jatim VIII itu.

Renville mengaku sangat mengapresiasi mahasiswa yang punya inisiatif mengundang para legislator supaya memberi masukan. Politisi berlatar advokat ini  secara garis besar menjelaskan posisi legislatif di sebuah pemerintahan daerah. 

Bahkan, jika ada mahasiswa yang berminat mendalami politik praktis, Renville memberi opsi dengan bergabung dalam forum-forum diskusi lainnya. Satu diantarnya bisa melalui komunitas Muda Mudi Demokrat (MMD). Menurutnya kegiatan pelatihan semacam ini memang harus rutin dilaksanakan.

"Partai Demokrat punya 185 anggota dewan kabupaten/kota dan 13 anggota dewan provinsi. Kita juga punya wadah politik untuk anak muda yakni Muda Mudi Demokrat, banyak hal positif di sana. Artinya, ini bisa dimanfaatkan untuk belajar,” kata Renville yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim.

Dalam forum tersebut para mahasiswa memang tampak antusias mengajukan pertanyaan kepada para pemateri. Mereka juga bertanya tentang cara sebuah lembaga legislatif mengatasi kesenjangan sosial di masyarakat.

Mendapati pertanyaan semacam itu, Renville pun menjelaskan bahwa kesenjangan adalah persoalan yang sangat kompleks. Tidak bisa diselesaikan sendiri oleh legislator. Namun demikian bukan berarti legislator hanya diam saja.

"Untuk mengentas kemiskinan misalnya, kita tidak bisa membenci orang kaya. Tapi terpenting mengajak yang kaya peduli pada yang miskin. Salah satu caranya ya membuat aturan tentang CSR. Program sosial semacam ini harus tepat sasaran pada yang membutuhkan. Kita pun membuatkan perda-nya," terang Renville.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,680,Interupsi,270,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Renville Beri Pelatihan Legislatif di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Renville Beri Pelatihan Legislatif di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
https://4.bp.blogspot.com/-4OL2jgoTRVs/WRSNepqNGUI/AAAAAAAAAzM/STwNH_l6jtQ9a7tHLvIrv4Ye_NJbDuUMwCLcB/s320/renville_ppns.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-4OL2jgoTRVs/WRSNepqNGUI/AAAAAAAAAzM/STwNH_l6jtQ9a7tHLvIrv4Ye_NJbDuUMwCLcB/s72-c/renville_ppns.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/renville-beri-pelatihan-legislatif-di.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/renville-beri-pelatihan-legislatif-di.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy