Sikapi Surat Kiai Sepuh, Pak Halim Segera Tabayyun

Pak Halim dan Tamam  PARLEMEN JATIM-Bocoran surat yang ditandatangani 21 kiai sepuh kepada DPW PKB Jatim terkait Pilgub Jatim 2018 tern...

Pak Halim dan Tamam 
PARLEMEN JATIM-Bocoran surat yang ditandatangani 21 kiai sepuh kepada DPW PKB Jatim terkait Pilgub Jatim 2018 ternyata memang benar ada. Surat tersebut sudah diterima Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar pada Minggu (21/5) malam.

"Secara resmi surat tersebut kami terima tadi malam (Minggu malam). Hanya ada sedikit perbedaan dengan bocoran yang ada di media. Cuman beda format saja, untuk isinya sama," ujar pria yang akrab disapa Halim itu, Senin (22/5).

Menyikapi surat tersebut DPW PKB Jatim langsung menggelar pertemuan internal dengan mengundang seluruh pengurus harian DPC PKB se-Jatim plus pengurus DPW PKB Jatim serta badan otonom partai seperti Garda Bangsa dan Perempuan Bangsa di Hotel Singgasana Surabaya. Pertemuan tersebut hanya berlangsung sekira satu jam. Hasilnya, DPW PKB Jatim akan melaksanakan tabayyun kepada para kiai sepuh.

"Surat tersebut kan bisa ditafsir apa saja. Belum jelas untuk siapa (dukungan). Apa dan bagaimana polanya. Kita akan tabayyun dulu, karena ini bersentuhan dengan kiai yang sangat dihormati," tegas pria yang juga ketua DPRD Jatim ini.

Ditambahkan, selama ini hubungan antara PKB dan kiai sepuh NU berlangsung baik. Sebab itu, Halim menilai surat tersebut adalah suatu upaya komunikasi dengan niatan baik. Para kiai, nahdliyin dalam Pilgun Jatim berperan aktif dan berlaku santun. Sebab itu, dalam menyikapi surat para kiai, PKB menggunakan ahlak nahdliyin.

"Secara normatif pertemuan ini tidak penting. Sebab saya, sebagai ketua DPW bisa saja meneruskan surat itu ke DPP agar ditindaklanjuti. Tapi cara yang demikian bukan ahlak kita. Makanya kita tabayyun ke para kiai itu agar paham dengan ruh surat tersebut dan tidak salah tafsir," papar Halim.

Kata dia, memang tidak seluruh kiai yang menandatangani surat akan dikunjungi. Sedikitnya hanya tujuh kia yang paling dituakan saja. Setelah tabayyun, maka pihaknya akan mengambil langkah politis selanjutnya. Di PKB memang ada mekanisme meminta pertimbangan kiai ketika memilih calon dalam suatu Pilkada.

Namun demikian, Halim belum bersedia menjawab jika nanti hasil tabayyun, calon yang diinginkan para kiai sepuh adalah orang lain, bukan dirinya. "Kami tidak mengandai-andai. Tapi yang jelas, sejak awal hingga saat ini kami (Abdul Halim Iskandar) optimistis maju dalam Pilgub," tandas kakak dari Muhaimin Iskandar ini.

Sementara itu Sekretaris DPW PKB Baddrut Tamam, mengaku surat tersebut sebenarnya adalah surat biasa untuk partainya. Bukanlah hal yang perlu disikapi dengan berlebihan.

“Apa lebihnya? saya rasa ini surat biasa saja. Kalau kiai NU berkirim surat seperti itu kan biasa," imbuh politisi yang akrab disapa Tamam tersebut. 

Namun demikian agar tidak salah tafsir, sekaligus sebagai rasa hormat, maka pihaknya akan melakukan tabayyun.

Diberitakan sebelumnya, beredar bocoran surat keputusan hasil pertemuan 21 kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) untuk Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar. Surat tersebut berisi lima poin keputusan yang intinya agar dalam Pilgub Jatim 2018 suara nahdliyin tidak terpecah. 

Hal ini pun menciptakan tanda tanya besar tentang tokoh yang mendapat restu, karena di surat tersebut tidak menyebut nama. Sementara para tokoh dari keder NU yang muncul juga banyak. Diantaranya Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Khofifah Indar Parawansa, Abdul Halim Iskandar, Hasan Aminudin, dan beberapa nama lainnya.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,7,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,566,Interupsi,209,Komisi A,17,Komisi B,27,Komisi C,22,Komisi D,18,Komisi E,68,Opini,19,Parlementaria,42,Pilgub,178,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Sikapi Surat Kiai Sepuh, Pak Halim Segera Tabayyun
Sikapi Surat Kiai Sepuh, Pak Halim Segera Tabayyun
https://1.bp.blogspot.com/-sr4lw14Lc3s/WSO2oVwfVYI/AAAAAAAAA3Y/v561b5mfyPExorF5wDv4FbxrSo4MJdV1wCLcB/s320/halim_tamam.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-sr4lw14Lc3s/WSO2oVwfVYI/AAAAAAAAA3Y/v561b5mfyPExorF5wDv4FbxrSo4MJdV1wCLcB/s72-c/halim_tamam.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/sikapi-surat-kiai-sepuh-pak-halim.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/05/sikapi-surat-kiai-sepuh-pak-halim.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy