Heri Dorong Optimalisasi Angkutan Massal untuk Sarana Mudik

Achmad Heri, S. Ag PARLEMEN JATIM-Musim mudik akan segera tiba menyusul makin dekatnya hari raya Idul Fitri. Arus manusia dan kendaraan...

Achmad Heri, S. Ag
PARLEMEN JATIM-Musim mudik akan segera tiba menyusul makin dekatnya hari raya Idul Fitri. Arus manusia dan kendaraan pun akan bergerak dari kota menuju desa. Tak pelak, hal itu menimbulkan efek kemacetan yang luar biasa. Tak jarang juga arus mudik yang terjadi tiap tahun itu menimbulkan korban jiwa. Penyebabnya, mulai dari kelelahan fisik hingga membuat konsentrasi pemudik menurun, kurang laiknya kendaraan dan kerusakan jalan serta kurangnya rambu lalu-lintas.

Demi menekan angka kecelakaan dan korban jiwa, DPRD Jawa Timur mendorong optimalisasi penggunaan angkutan massal untuk sarana mudik lebaran. Pasalnya, mudik menggunakan kendaraan pribadi apalagi roda dua akan menguras energ sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi D DPRD Jatim, Achmad Heri.

“Kami mendorong optimalisasi angkutan massal bagi para pemudik, seperti kereta api dan bus. Dengan begitu, perjalanan mudik bisa aman dan nyaman,” tutur politisi NasDem itu, Selasa (13/6).

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda) itu berharap, optimalisasi anggkutan massal darat itu bisa dilakukan dengan penambahan gerbong kereta api. Dengan demikian, makin banyak pemudik yang terlayani. Selain itu, optimalisasi juga bisa dilakukan di terminal-terminal tipe A yang dibawah kendali Pemprov Jatim.

Heri berharap, tidak hanya bus regular antar kota dan antar provinsi yang ditambah jumlah armadanya. Ia berharap bus pariwisata juga dikerahkan untuk menutupi kekurangan armada. Kalaupun masih kurang, bus trayek dalam kota juga bisa disiagakan mengangkut pemudik yang mebludak.

“Jumlah gerbong kereta harus ditambah, demikian pula bus pariwisata harus dikerahkan untuk mengantisipasi kekurangan armada. Pokoknya tidak boleh terjadi penumpang menumpuk di terminal dan stasiun karena kurangnya armada,” tegas mantan Wakil Sekretaris PWNU Jatim ini.

Heri juga menyinggung pelaksanaan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim dan swasta. Menurutnya, pelaksanaan mudik gratis tersebut sangat membantu warga Jatim yang akan mudik ke kampung halaman. Selain itu, juga mengurangi volume kendaraan pribadi maupun angkutan umum di jalan raya.

Selain itu, mudik gratis juga meringankan beban pemudik, baik dari segi biaya maupun tenaga. Perjalanan mudikpun bisa lebih aman dan nyaman. Karena itu, pihaknya mendorong agar makin banyak pihak swasta yang menyelenggarakan mudik gratis. Hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Saya kira makin banyak pihak swasta yang menyelenggarakan mudik gratis, makin bagus. Mereka bisa mengalokasikan anggarannya dari corporate social responsibility (CSR). Selain itu, mudik gratis juga baik bagi citra perusahaan di mata publik dan ajang promosi. Saya kira hal itu sah-sah saja,” pungkas Heri.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Heri Dorong Optimalisasi Angkutan Massal untuk Sarana Mudik
Heri Dorong Optimalisasi Angkutan Massal untuk Sarana Mudik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTwBaXTPRsYZ5h_bHSDkqlwMB1ilWkiUL7JN0MAuZ_wYQ7jxBJ_RGRkAQs4xB10wNrEIWlcfkBR6Bja405duCdEONYhYDRynUlCP_AIhKJhFcPnfHsxSR03aMN0zQpkQaqea6eBI4Ju1U/s320/achmad_heri_mudik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTwBaXTPRsYZ5h_bHSDkqlwMB1ilWkiUL7JN0MAuZ_wYQ7jxBJ_RGRkAQs4xB10wNrEIWlcfkBR6Bja405duCdEONYhYDRynUlCP_AIhKJhFcPnfHsxSR03aMN0zQpkQaqea6eBI4Ju1U/s72-c/achmad_heri_mudik.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/06/heri-dorong-optimalisasi-angkutan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/06/heri-dorong-optimalisasi-angkutan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy