Anggota Dewan Jatim Ramaikan Bursa Pilkada 2018

Suasana rapat paripurna DPRD Jatim PARLEMEN JATIM-Sejumlah anggota DPRD Jawa Timur diproyeksikan oleh partainya maju sebagai calon kepa...

Suasana rapat paripurna DPRD Jatim
PARLEMEN JATIM-Sejumlah anggota DPRD Jawa Timur diproyeksikan oleh partainya maju sebagai calon kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. Para politisi yang duduk sebagai anggota dewan itu akan makin meramaikan bursa pilkada 2018 yang digelar serentak di 18 kabupaten dan kota plus Pilgub Jatim. Terlebih, bagi politisi yang gagal terpilih sebagai kepala daerah, tetap bisa mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) pemilu 2019.

Chusainuddin yang disebut-sebut diproyeksikan maju di Pilkada Tulungagung enggan bicara banyak. Ia mengaku secara informal ada kepala desa yang mendorong maju Pilkada Tulungagung. Tapi semua keputusan ada ditangan partai. Sekretaris Fraksi PKB DPRD Jatim itu mengaku sebagai kader siap ditugaskan di mana saja, baik di legislatif maupun eksekutif. Kabar yang beredar dikalangan wartawan, bendahara DPW PKB Jatim yang akrab disapa Mas Udin itu diproyeksikan PKB sebagai Cawabup pendamping incumbent, Syahri Mulyo.

“PKB belum merekom siapapun, tapi kalau untuk Tulungagung banyak kader PKB yang mumpuni, diantaranya Mas Adib Makarim, beliau Ketua DPC PKB Tulungagun dan Wakil Ketua DPRD Tulungagung. Selain itu, ada Mas Khoiruddin Abbas yang merupakan Wakil Ketua DPW PKB Jatim. Saya kira banyak figur di PKB selain saya,” terang politisi asli Tulungagung itu, Minggu (9/7).

Sementara itu, Sri Untari Bisowarno mengakui banyak diminta konstitennya maju dalam Pilkada Kota Malang. Bahkan, orang nomor satu di Fraksi PDIP DPRD Jatim itu secara informal pernah diminta Mochammad Anton, Wali Kota Malang saat ini, untuk menjadi wakilnya pada pilkada tahun depan. 

Namun Untari mengaku kalau boleh memilih, dirinya lebih memilih tetap di parlemen sambil membesarkan partai. Aktivis koperasi wanita berprestasi ini merasa lebih tertantang menangani Jawa Timur yang terdiri dari 38 kabupaten dan kota, dari pada hanya satu Kota Malang. Terlebih, dirinya juga punya tanggungjawab besar sebagai Sekretaris DPD PDIP Jatim.

“Abah Anton pernah minta saya jadi wakilnya di pilkada 2018. Dorongan dari masyarakat juga banyak agar saya ikut Pilkada Kota Malang. Di berbagai survei nama saya pun masuk, padahal saya tidak pernah sosialisasi sebagai calon kepala daerah. Tapi saya lebih sreg tetap di DPRD Jatim,” imbuh Untari.

Terpisah, pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Pribadi Kusman mengungkapkan lumrah bila anggota DPRD Jatim sebagai calon kepala daerah. Mengingat, mereka punya kans untuk mendulang suara. Sebab, sebagai anggota parlemen mereka sudah punya modal suara yang berasal dari konstituennya.

Terlebih bila wacana koalisi besar Abang-Ijo (Merah-Hijau) antara PDIP dan PKB benar dijalankan dalam Pilkada Jatim, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Tentunya, peluang calon koalisi PDIP dan PKB untuk menang sangat besar. Sebab, mayoritas warga Jatim adalah pemilih PKB dan PDIP.

“PDIP dan PKB diikat oleh platform yang sama yaitu kebangsaan, karena itu sangat wajar kalau keduanya menjalin koalisi strategis di semua tingkatan pilkada di Jatim,” papar Direktur Utama The Initiative Institute tersebut.

Dari data yang dihimpun, sejumlah nama anggota dewan yang diproyeksikan maju pilkada itu diantaranya, Kusnadi (F-PDIP), Handoyo (F-PDIP) untuk Pilgub Jatim. Eddy Paripurna (F-PDIP) Pilkada Kabupaten Pasuruan, Sri Untari Bisowarno (F-PDIP) Pilkada Kota Malang, Thoriqul Haq (F-PKB) Pilkada Lumajang, Baddrut Tamam (F-PKB) Pilkada Pamekasan, Chusainuddin (F-PKB) Pilkada Tulungagung, Rofik (F-PPP) Pilkada Lumajang, Muhammad Bin Mu’afi Zaini (F-PG) Pilkada Sampang, Imam Makruf (F-Gerindra) Pilkada Nganjuk, Yusuf Rohana (F-PKS) Pilkada Jombang.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Anggota Dewan Jatim Ramaikan Bursa Pilkada 2018
Anggota Dewan Jatim Ramaikan Bursa Pilkada 2018
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0GMzuK9OFLUtDl5jMAFLaqlqhHKNgXRCcNQy0_8W_cgpm2vt3TUIsd0yLvrKVqCN_HeVrzQfYHXUAkxBKNt6DGOmaglRYrcSq48Ri6ZNtavvE9Wlyq_l7d60M1w1wiynASSUa81aF5TU/s320/rapat_paripurna.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0GMzuK9OFLUtDl5jMAFLaqlqhHKNgXRCcNQy0_8W_cgpm2vt3TUIsd0yLvrKVqCN_HeVrzQfYHXUAkxBKNt6DGOmaglRYrcSq48Ri6ZNtavvE9Wlyq_l7d60M1w1wiynASSUa81aF5TU/s72-c/rapat_paripurna.JPG
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/07/anggota-dewan-jatim-ramaikan-bursa.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/07/anggota-dewan-jatim-ramaikan-bursa.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy