Redam Radikalisme, Fraksi PKB Dorong Pencak Silat Masuk Kurikulum Pendidikan

Chusainuddin, S.Sos PARLEMEN JATIM-Ajaran radikalisme dan terorisme disinyalir sudah masuk ke lingkungan pendidikan. Karena itu, untuk ...

Chusainuddin, S.Sos
PARLEMEN JATIM-Ajaran radikalisme dan terorisme disinyalir sudah masuk ke lingkungan pendidikan. Karena itu, untuk meredam faham tersebut harus dikuti mlangkah-langkah deradikalisasi. Diantaranya dengan mengajak para pelajar mengikuti kegiatan positif seperti pencak silat. 

Wakil Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jawa Timur bahkan mendorong pencak silat masuk dalam kurikulum pendidikan di Jatim. Alasannya, pencak silat bukan hanya mengajarkan ilmu bela diri dan olah tubuh. Sebab, di dalam pencak silat terkandung nilai-nilai sportifitas, nasionalisme dan cinta tanah air.

“Seorang pendekar silat itu pasti berpihak pada kebenaran dan siap berkorban untuk tanah air, tepat untuk meredam radikalisme. Karena itu saya mendorong seni bela diri itu masuk kurikulum pendidikan di Jawa Timur. Bisa masuk ke muatan lokal atau ekstra kurikuler resmi,” tutur politisi PKB yang akrab disapa mas Udin itu, Kamis (20/7).

Chusainuddin mengungkapkan, di Jawa timur banyak perguruan silat yang lahir dari pondok pesantren berlatar Nahdlatul Ulama (NU), seperti Pendidikan Olahraga Silat Indah Garuda Loncat (Porsigal), Pagar Nusa dan Gerakan Aksi Silat Muslim Indonesia (GASMI). Cikal bakal Porsigal berasal dari Pondok Pesantren Pesulukan Thoriqoh Agung (PETA) pimpinan Alm. Hadrotus Syaikh KH. Abdul Djalil Mustaqiem yang kemudian dikembangkan dan dipopulerkan oleh KH. Muhammad Gholib Thohir. Karena itu, Porsigal dan perguruan silat yang lahir dari pondok pesantren kental dengan nilai-nilai religi.

Ajudan Menteri Tenaga Kerja  di era Muhaimin Iskandar ini berharap pemerintah memberi perhatian terhadap perkembangan pencak silat di Jawa Timur, termasuk perguruan silat yang ada di pondok pesantren. Karena banyak bibit pesilat tangguh yang berada di dalam tembok pesantren yang tidak terpantau oleh Ikatan pencak Silat Indonesia (IPSI) sebagai induk olahraga beladiri, maupun Kemeterian Olahraga maupun Dispora.

“Di cabang olahraga sepakbola, Menpora Imam Nahrawi sudah menginisiasi liga santri. Saya usulkan Menpora juga perlu menggelar turnamen silat khusus santri, mungkin seperti pencak dor tapi skala nasional. Saya yakin akan banyak bibit-bibit pesilat tangguh yang berasal dari santri,” tegas alumni PETA Tulungagung ini.

Chusainuddin yang pernah menjadi juara pencak silat tingkat provinsi Jawa Timur ini berharap perguruan silat yang ada, termasuk Porsigal berbenah diri dan melakukan penataan organisasi. Sebab selama ini Porsigal hanya dikelola secara tradisional atas dasar keikhlasan untuk menjaga keamanan pondok pesantren.

Padahal, lanjut Chusainuddin, Porsigal sudah tersebar ke seluruh Indonesia sampai ke Eropa dengan jumlah anggota ratusan ribu. Karena itu, dirinya menyambut baik Munas Porsigal pertama yang digelar Udanawu Blitar. Apalagi temanya sangat relevan dengan kondisi saat ini, yakni Lestarikan Budaya Negeriuntuk Pertahankan NKRI.

“Tema Munas pertama Porsigal bukti bahwa pencak silat bukan sekedar olahraga bela diri tapi juga benteng NKRI,” imbuh anggota Komisi B DPRD tersebut. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Redam Radikalisme, Fraksi PKB Dorong Pencak Silat Masuk Kurikulum Pendidikan
Redam Radikalisme, Fraksi PKB Dorong Pencak Silat Masuk Kurikulum Pendidikan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwizNGglsu9PNTobuOOD1odEMeqnrn-hl26RJMLDISVHnOVWOzWEeRoUfFGrq6TbYspNunB3LqyL_YpldzaHSAL9d_4OINHKee1a3PjnKUxuRC-e_f6aoqe0cio3sLdF8eBwfOITcBHrA/s320/mas_udin_porsigal.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwizNGglsu9PNTobuOOD1odEMeqnrn-hl26RJMLDISVHnOVWOzWEeRoUfFGrq6TbYspNunB3LqyL_YpldzaHSAL9d_4OINHKee1a3PjnKUxuRC-e_f6aoqe0cio3sLdF8eBwfOITcBHrA/s72-c/mas_udin_porsigal.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/07/redam-radikalisme-fraksi-pkb-dorong.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/07/redam-radikalisme-fraksi-pkb-dorong.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy