Tekan Kecelakaan di Pelintasan KA, Pimpinan Komisi D Minta Pemprov Tambah Palang Pintu dan Petugas

Ustadz Hamy PARLEMEN JATIM-Meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas saat mudik dan arus balik di Jawa Timur membuat pimpinan Komisi D ...

Ustadz Hamy
PARLEMEN JATIM-Meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas saat mudik dan arus balik di Jawa Timur membuat pimpinan Komisi D DPRD Jawa Timur prihatin. Apalagi naiknya angka kecelakaan itu juga diikuti dengan meningkatnya jumlah korban jiwa. Data yang dirilis oleh Dirlantas Polda Jatim itu belum termasuk korban jiwa di perlintasan kereta api di Jl. A. Yani, Selasa (4/7) pagi.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Hamy Wahjunianto mengaku prihatin dengan kecelakaan lalu lintas di perlintasan KA yang masih dalam suasana hari raya Idul Fitri. Menurutnya, peristiwa itu harus menjadi pelajaran bagi Pemprov jatim untuk meningkatkan early warning system atau sistem peringatan dini. Pasalnya, hanya berselang dua bulan lalu juga ada peristiwa kecelakaan di perlintasan KA yang tak jauh dari lokasi terbaru. Dalam peristiwa sebelumnya itu merenggut tiga nyawa melayang sia-sia.

“Saya kira sistem peringatan dininya harus ditingkatkan. Kalau sudah ada palang pintu tapi belum ada petugas, sebaiknya dilengkapi dengan petugas. Demikian pula sebaliknya bila sudah ada petugas tapi belum ada palang pintunya juga harus segera dilengkapi palang pintu. Intinya, potensi kecelakaan dan korban jiwa harus ditekan sekecil mungkin,” tegas politisi PKS yang akrab disapa Ustadz Hamy itu, Selasa (4/7).

Anggota DPRD Jatim dari daerah pemilihan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo ini mengungkapkan, dari sekitar 2000 perlintasan KA di Jatim, baru ada 911 yang dilengkapi palang pintu maupun petugas penjaga perlintasan. Karena itu, pihaknya mengimbau Pakde Karwo di masa akhir masa jabatannya agar menambah anggaran untuk melengkapi perlintasan yang belum memiliki palang pintu dan petugas jaga.

Selain itu, alumni magister Universitas Airlangga (Unair) ini berharap ada tambahan sistem peringatan dini di perlintasan KA berupa sirine maupun pesan elektronik berupa suara yang berisi imbauan kepada pengguna jalan agar segera berhenti karena kereta api akan melintas. 

“Keamanan berlapis itu tentunya akan membutuhkan anggaran yang tak sedikit, tapi bagi kami masalah nyawa harus menjadi prioritas utama. Kami akan usulkan tambahan anggaran di PAK atau APBD 2018,” tandas penasihat Fraksi PKS ini.

Hamy mengakui, masalah kecelakaan di perlintasan KA itu disebabkan banyak faktor, tak semata-mata soal minimnya fasilitas palang pintu atau petugas. Sebab, faktor human error atau kelalaian pengguna jalan juga masih tinggi. Mantan KetuaUmum PKS Jatim ini menyontohkan, pengguna jalan yang nekat menerobos palang pintu yang sudah hampir tertutup.Atau mereka yang tidak mengindahkan peringatan dari petugas penjaga perlintasan KA.

Karena itu, pihaknya berharap ada peraturan daerah (perda) yang memberi kewenangan petugas penjaga perlintasan KA untuk menindak pengguna jalan yang bandel dan tidak mengindahkan peraturan keselamatan berlalu-lintas di perlintasan KA. Dengan demikian, pengguna jalan tak lagi bisa seenaknya melakukan pelanggaran karena ada sanksinya.

“Saya kira kalau belum ada perdanya, perlu dibuat perda keselamatan di perlintasan KA. Mengingat tingginya angka kecelakaan di perlintasan KA. Selain itu, pihak terkait juga harus membersihkan sekitar perlintasan KA dari reklame, billboard atau videotron karena bisa mengganggu konsentrasi pengguna jalan,” pungkas putra tokoh PNI di Blitar tersebut.

Sebelumnya, Jumlah kecelakaan selama arus mudik dan balik selama lebaran tahun 2017, di Jawa Timur meningkat. Perbandingannya, operasi Ramadniya Semeru 2016 dengan 2017. Di mana berdasarkan data tabulasi dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur tahun 2016 ada 586 kejadian kecelakaan, sedangkan tahun 2017 sebanyak 599 kejadian. Dari data tersebut, menunjukan jumlah kejadian meningkat 2,17 persen. Tidak hanya itu, akibat dari tingginya kecelakaan, korban jiwa tewas juga naik.

"Korban jiwa tewas dari kejadian kecelakaan itu naik 31 persen. Perbandingannya antara tahun 2016 dengan tahun 2017," terang Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur Kombes Ibnu Isticha, Jumat (30/6).

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,685,Interupsi,275,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Tekan Kecelakaan di Pelintasan KA, Pimpinan Komisi D Minta Pemprov Tambah Palang Pintu dan Petugas
Tekan Kecelakaan di Pelintasan KA, Pimpinan Komisi D Minta Pemprov Tambah Palang Pintu dan Petugas
https://1.bp.blogspot.com/-jig5HOV_2fA/WLh-x5WXpkI/AAAAAAAAAU0/gyz91diANtMPEHumaSvNIDVtb6sIMeSfQCPcBGAYYCw/s320/ustadz_hamy.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jig5HOV_2fA/WLh-x5WXpkI/AAAAAAAAAU0/gyz91diANtMPEHumaSvNIDVtb6sIMeSfQCPcBGAYYCw/s72-c/ustadz_hamy.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/07/tekan-kecelakaan-di-pelintasan-ka.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/07/tekan-kecelakaan-di-pelintasan-ka.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy