Figur Santri-Nasionalis Mengarah ke Hasan Aminuddin

PARLEMEN JATIM-Saat ini publik sedang menantikan siapa nama pendamping Khofifah Indar Parawansa, pasca Ketua Umum Muslimat NU dipastika...

PARLEMEN JATIM-Saat ini publik sedang menantikan siapa nama pendamping Khofifah Indar Parawansa, pasca Ketua Umum Muslimat NU dipastikan maju sebagai kandidat Calon gubernur Jawa Timur. Sementara Saifullah Yusuf yang diusung PDI Perjuangan dan PKB sudah didaulat berpasangan dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Figur Santri-Nasionalis menjadi kriteria yang dibidik untuk menjadi pendamping Khofifah. Hal itu berdasarkan keterangan Tim 9 yang diberi mandat oleh Khofifah untuk memilih calon wakilnya. Menurut Wakil Ketua DPW Partai NasDem, Mochamad Eksan, kriteria Santri-Nasionalis itu mengarah pada sosok Hasan Aminuddin, anggota Fraksi NasDem DPR RI.

“Kalau kriterianya santri-nasionalis, saya kira arahnya ke sosok Pak Hasan. Beliau tokoh Nahdlatul Ulama yang berjiwa merah-putih, sesuai dengan ruh partai NasDem yang mengacu pada semangat nasionalis-religius,” tutur Anggota DPRD Jatim itu, Selasa (24/10).

Eksan yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Jember ini haqqul yakin, kalau Khofifah menggandeng Pak Hasan sebagai wakilnya, maka wilayah Tapal Kuda dan Madura bisa dikuasai. Karena figur mantan Bupati Probolinggo dua periode itu sangat mengakar kuat di wilayah yang dihuni mayoritas etnis Madura tersebut.

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam II Jember itu menambahkan, bila Tapal Kuda dan Madura sudah aman, maka Khofifah tinggal fokus melakukan penetrasi ke wilayah Arek  dan Mataraman. Dengan begitu, kerja Khofifah menjadi lebih ringan. Apalagi kharisma Menteri Sosial itu bisa diandalkan untuk meraih simpati masyarakat.

“Jangan lupa, penduduk Jawa Timur hampir separuhnya adalah orang Madura. Jadi idealnya, pemimpin Jawa Timur adalah kombinasi Jawa dan Madura,” imbuh anggota Fraksi Nasdem-Hanura DPRD Jatim itu.

Anggota parlemen dari daerah pemilihan Kabupaten Jember dan Lumajang ini berjanji akan all out memenangkan Khofifah-Hasan di derah pemilihannya. Menurut Eksan, figur Bu Khofifah dan Pak Hasan sudah sangat dikenal di Kabupaten Jember dan Lumajang. Karena itu dirinya akan lebih mudah melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Selain itu, ketokohan Pak Hasan sebagai sebagai tokoh NU di Jawa Timur juga akan mendapat simpati masyarakat di kawasan Tapal Kuda terutama Jember dan Lumajang yang mayoritas adalah nahdliyiin.

“Kalau Bu Khofifah pasangannya Pak Hasan, saya all out menangkan beliau di dapil saya, Jember dan Lumajang. Insya Allah, menang di dua Kabupaten itu,” ucap Eksan optimis.

Terpisah, Muhammad Dahlan, peneliti dari The Initiative Institute (TII) memaparkan, dari hasil survei yang dilakukan TII ternyata kombinasi pasangan santri-santri mendapat prosentase tertinggi yakni  63,3 persen. Angka itu lebih tinggi dari kombinasi pasangan santri-nasionalis 54,3 persen atau nasionalis-santri 52 persen.


“Kecenderungan masyarakat memilih pasangan berlatar santri sangat tinggi, apalagi kalau santri tersebut juga punya latarbelakang nasionalis. Ini realita peta politik di Jawa Timur,” urai alumni pasca sarjana Universitas Indonesia (UI) ini.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Figur Santri-Nasionalis Mengarah ke Hasan Aminuddin
Figur Santri-Nasionalis Mengarah ke Hasan Aminuddin
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigqbFtBExc1Gskna7e8J50qZKKlXN65mCfJUbAZUlmS20kDpEb5UQx35af87hC0bSoHBEfPaKRCX60SUqOrjpNHGicgcZHGFLgw-e3I4_3sIFa84gXZy5T7B2l4d1HIgRRyNSpCmabt-w/s320/khofifah_hasan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigqbFtBExc1Gskna7e8J50qZKKlXN65mCfJUbAZUlmS20kDpEb5UQx35af87hC0bSoHBEfPaKRCX60SUqOrjpNHGicgcZHGFLgw-e3I4_3sIFa84gXZy5T7B2l4d1HIgRRyNSpCmabt-w/s72-c/khofifah_hasan.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/10/figur-santri-nasionalis-mengarah-ke.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/10/figur-santri-nasionalis-mengarah-ke.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy