Dewan dan Petambak Cek Garam Impor di Pelabuhan Tanjung Perak

PARLEMEN JATIM-Puluhan petambak garam asal pulau Madura mendatangi pelabuhan Tanjung Perak. Kedatangan mereka ingin mengecek langsung keb...

PARLEMEN JATIM-Puluhan petambak garam asal pulau Madura mendatangi pelabuhan Tanjung Perak. Kedatangan mereka ingin mengecek langsung keberadaan garam impor yang tiba di dermaga Jambrud, karena khawatir bocor di pasaran. Dengan didampingi anggota Komisi B DPRD Jatim, para petambak menyaksikan bongkar muat garam impor dan memang garam untuk industri.

"Sejak kabar impor garam sampai ke masyarakat, sekarang harga garam turun menjadi Rp 2 ribu per kilogram. Padahal seminggu lalu masih Rp 2700 per kilonya, " kata Ubaidillah, ketua Aliansi Masyarakat Garam (AMG) Sumenep, Rabu (31/1/2018).

Aktivis yang akrab disapa Ubed itu mengatakan, petambak garam di Madura tidak melarang garam impor asalkan sesuai dengan ketentuan. Pasalnya, jika impor itu dilakukan melebihi kuota bisa menyebabkan harga garam lokal anjlok. 

"Kita tidak anti terhadap garam impor asalkan sesuai dengan kebutuhan dan tidak tercecer ke pasaran,” ujar Ubed.

Para petambak juga menuding, pemerintah pusat tidak transparan dalam menyampaikan kuota impor garam. Karena selama ini,  kuota garam impor cenderung meningkat setiap tahunnya. 

"Kami sudah menanyakan kepada pemerintah seperti Kementerian Perindustrian, Perdagangan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tetapi tidak ada pemberitahuan yang jelas," katanya lagi. 

Ubed melanjutkan, pihaknya khawatir garam impor yang datang untuk sektor industri bocor ke masyarakat. Karena itu,  dia meminta agar pemerintah membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mengatasi masalah itu. 

"Harus ada tindakan tegas dari pemerintah dengan membentuk Satgas Pangan. Kalau ada perembesan kebutuhan industri dan untuk konsumsi maka harus dilakukan tindakan tegas," tandas pria asli Sumenep ini.

Puluhan petambak terlihat masuk ke dalam dermaga untuk mengecek kapal barang yang bersandar. Kapal tersebut terlihat akan menurunkan garamnya ke truk yang sudah diparkir berjejer disebelah kapal. 

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Achmad Firdaus Fibrianto  mengakui bahwa ada kapal garam impor yang bersandar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

"Kita sudah melihat fisik garamnya, memang termasuk garam impor," kata politisi Gerindra tersebut.
Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Jatim lainnya, Agus Maimun berharap agar impor garam yang masuk Jawa Timur tidak merusak harga garam lokal. Karena itu,  dalam waktu dekat, pihaknya akan memanggil instansi yang berwenang agar masalah tersebut bisa segera dicari solusinya.  

"Sebenarnya kita tidak menolak garam impor asalkan peruntukannya jelas. Kalau garam impor itu merugikan rakyat maka ini yang tidak dikehendaki 

Dikatakannya, stok garam lokal pertahun mencapai 1,1 juta ton di Jatim. Sedangkan, kebutuhan garam industri di Jatim mencapai 500 ribu ton pertahun. 

"Karena itu kita mempertanyakan untuk apa impor garam sebanyak 2,7 ton pertahun. Untuk apa," imbuh Ketua Fraksi PAN itu.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Dewan dan Petambak Cek Garam Impor di Pelabuhan Tanjung Perak
Dewan dan Petambak Cek Garam Impor di Pelabuhan Tanjung Perak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFMkFphzbZkxBxIfYloMuNJdgNpcJDmjm81cq1c8W8x98A4OvfCduC6C_nUI3_SZvKWoYqyATN15TtbmfwWJ93iIF7aFdQtnywMM3Lob9iB_cm5UfMc0uPkVv8gH80eSHlwJLYBpe4mFM/s320/firdaus_fibrianto.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFMkFphzbZkxBxIfYloMuNJdgNpcJDmjm81cq1c8W8x98A4OvfCduC6C_nUI3_SZvKWoYqyATN15TtbmfwWJ93iIF7aFdQtnywMM3Lob9iB_cm5UfMc0uPkVv8gH80eSHlwJLYBpe4mFM/s72-c/firdaus_fibrianto.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/01/dewan-dan-petambak-cek-garam-impor-di.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/01/dewan-dan-petambak-cek-garam-impor-di.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy