Parlemen Persoalkan Larangan Kampanye Pilkada

PARLEMEN JATIM-Komisi A DPRD Jawa Timur memandang bahwa aturan anggota legislatif tidak boleh hadir dalam kampanye pemilihan kepala daera...

PARLEMEN JATIM-Komisi A DPRD Jawa Timur memandang bahwa aturan anggota legislatif tidak boleh hadir dalam kampanye pemilihan kepala daerah tidak tepat. Dewan menilai wakil rakyat bukanlah aparatur sipil negera (ASN). Kendati penyelenggara negara, namun posisinya bukanlah eksekutor.

Ketua Komisi A DPRD Jatim Freddy Poernomo mengatakan, tidak ada masalah jika anggota dewan hadir dalam kampanye. Pasalnya sebagai penyelenggara negara yang mempunyai fungsi kontrol, kehadiran di lapangan bisa melakukan pengawasan.

"Kecuali kalau dia (anggota dewan) menggunakan fasilitas negara. Kalau tidak, ya saya pikir tak perlu cuti. Masak kita hadir saja tidak boleh. Bagaimana kalau tidak sengaja ketemu dengan pasangan calon di suatu tempat, apa juga dikatakan turut kampanye,” ujar Freddy, Sabtu (17/3).

Ketua Harian DPD Partai Golkar Jatim ini pun menyampaikan, peraturan KPU yang mengharuskan anggota dewan cuti sangat tidak logis. Menurut Freddy bertolak belakang dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 16 tahun 2010 tentang tata tertib DPRD. Bahwa disebutkan didalamnya tidak mengatur mengenai cuti kampanye di pilkada. Tetapi justru kewajiban tersebut tercantum dalam peraturan KPU. Yang notabene posisinya lebih rendah di bawah peraturan pemerintah.

“Peraturan lebih tinggi itu menyampingkan peraturan yang lebih rendah dan PKPU berada dibawah PP. apalagi DPRD memiliki fungsi kontrol dan anggaran yang digunakan dalam Pilkada maupun pilgub. Karena juga mengunakan APBD, sehingga dewan sebagai fungsi kontrol perlu mengawasi proses dan pelaksanaannya sesuai aturan yang ada atau tidak,” bebernya.

Berbeda kalau posisi tersebut diterapkan pada eksekuti, yang notabene eksekutor diposisi pemerintahan. Perlu cuti sewaktu turun kampanye. Bagaimanapun dewan memiliki perundangan sendiri yang mengatur seperti pada PP nomor 16 tahun 2010. Semestinya PKPU mengacu juga pada PP dimana posisinya lebih tinggi.

“Saya sudah konsoltasi dengan teman-teman Komisi II DPR RI dan KPU RI serta Bawaslu, agar legislator aturannya tidak seperti eksekutif. Karena legislator langsung turun ke lapangan mengawasi kerja eksekutif,” tuturnya.

Diakui Legislator dapil IX Bojonegoro dan Tuban itu, dirinya banyak mendapat keluhan dari DPRD kabupaten/kota, yang mengeluhkan tindakan otoriter Bawaslu. Pihaknya menilai yang tidak bisa fleksibel. Padahal dewan hadir di kampanye pasangan calon belum tentu kampanye. Tapi hanya melakukan fungsi kontrol.

“Yang terjadi dipukul rata. Meskipun anggota dewan belum tentu tujuannya ikut kampanye, langsung disemprit,” ungkapnya. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,3,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,17,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,3,Headline,642,Interupsi,251,Komisi A,18,Komisi B,31,Komisi C,27,Komisi D,19,Komisi E,72,Opini,21,Parlementaria,50,Pilgub,178,Profil,14,Video Parlemen Jatim,4,
ltr
item
Parlemen Jatim: Parlemen Persoalkan Larangan Kampanye Pilkada
Parlemen Persoalkan Larangan Kampanye Pilkada
https://1.bp.blogspot.com/-1vBd6SHG5xg/Wq1zVW_YsVI/AAAAAAAACaQ/da-SSrixb70B1cDoAqnkp5qjws121YNrQCLcBGAs/s320/freddy_kampanye.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1vBd6SHG5xg/Wq1zVW_YsVI/AAAAAAAACaQ/da-SSrixb70B1cDoAqnkp5qjws121YNrQCLcBGAs/s72-c/freddy_kampanye.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/03/parlemen-persoalkan-larangan-kampanye.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/03/parlemen-persoalkan-larangan-kampanye.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy