Zarkasi Inisiasi Silaturahim Perguruan Tjimande

PARLEMEN JATIM-Tak kurang 20 perguruan Tjimande yang tergabung dalam Persatuan Pencak Silat Tjimande Indonesia (PPTI) se Jember berkum...



PARLEMEN JATIM-Tak kurang 20 perguruan Tjimande yang tergabung dalam Persatuan Pencak Silat Tjimande Indonesia (PPTI) se Jember berkumpul untuk mementaskan seni beladiri adu jurus. Kegiatan itu sekaligus sebagai ajang silaturahim yang juga dihadiri sedikitnya 23 pendekar sepuh dan senior Tjimande.

Pertemuan yang digelar di Desa Tutul Kecamatan Balung itu diinisiasi oleh  Teddy Zarkasi, mantan Pj Bupati Jember periode 2010-2011. Zarkasi adalah Caleg DPRD Jatim daerah pemilihan Jember dan Lumajang.

Pada acara kali ini yang bertindak sebagai tuan rumah adalah PPTI Macan Tutul Anak Santri Balung pimpinan Adang Hoirul Anam. Masyarakat sangat antusias menyaksikan acara pentas seni beladiri itu hingga usai dengan memadati pelataran pusat PPTI Macan Tutul. 

Miftahul Rahman, Budayawan Jember yang juga pimpinan PPTI Sekar Jaya Sehati mengatakan silaturahim kedua ini diistilahkan sebagai upaya merajut kembali hubungan dan mempererat tali persaudaraan antar perguruan Tjimande di Jember.

"Bisa disebut sebagai Ngumpulkan Balung Pisah'. Alhamdulillah ada 20 PPTI yang hadir bersama sedikitnya 23 pendekar sepuh yang hadir sebagai bentuk dukungan acara itu," kata Cak Memet panggilan akrab Miftahul Rahman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/4).

Sementara itu, pimpinan Nasional PPTI  Anang yang juga termasuk salah satu pendekar sepuh memberikan apresiasi positif atas gelaran silaturahim pendekar dan pesilat Tjimande di Jember.

Lebih jauh Mas Anang, panggilan akrabnya menyatakan ingat betul gerakan ini dimulai  sejak 2015 di Lapangan Bangsalsari Jember.  Sebagai sesepuh PPTI  Mas Anang turut  berterima kasih kepada Zarkasi yang  sudah  berinisiatif mendorong semangat sedulur Tjiimande

“Menurut hemat saya, Tjimande di Jember ada hampir di 248 desa, jumlahnya mencapai puluhan ribu, jika saja bisa bersatu maka akan menjadi kekuatan besar,” ujarnya.

Mas Anang meminta agar acara silaturahim ini terus dijadikan agenda rutin, sehingga antar perguruan Tjimande dapat saling belajar dan mempererat tali persaudaraan.

“Awak dewe iki tunggal banyu. Sambangono arek arek yo (kita ini satu  saudara, tengok anak- anak yo-red),” pesannya.

Pimpinan PPTI Macan Tutul  “Anak Santri” Adang Hoirul Anam mengaku bersuka cita ketika ada rencana menggelar lagi silaturahim ke-2 setelah acara di Desa Tisnogambar di PPTI Mustika Jaya pimpinan Mbah Marsidi, kini PPTI pimpinannya jadi tuan rumah.

"Alhamdulillah rekan-rekan PPTI se Jember yang hadir semakin banyak, semoga gelaran ajang silaturahim pesilat dan pendekar ini bisa terus berlanjut rutin sehingga membesarkan Tjimande Jember," kata Adang.

Adang mengakui perkembangan Tjimande pasang surut, sehingga dengan adanya acara rutin seperti ini tentunya akan membesarkan ghiroh berkesenian dan berkebudayaan khususnya seni beladiri leluhur.

“Saya belajar dari bapak saya sendiri yang dulunya belajar dari Mbah saya Mbah Jumbiak yang satu perguruan dengan Mbah Ilysas Tanggul yang belajar langsung Dari Abah Khair Bogor. Bapak saya namannya  Pak Ruslan,” kenang Adang.

Penggagas ajang Silaturahim Tjimande Jember yang juga pimpinan PPTI Panji Nusantara, Nurdiansyah atau akrab dipanggil Cak Noeng menyatakan kegembiraannya dengan semakin banyaknya perguruan PPTI dan pendekar sepuh Tjimande yang hadir.

"Memang benar ada 20 an PPTI plus dengan sedikitnya 23 pendekar dan sesepuh Tjimande Jember hadir dan turut memperagakan jurus tua simpanan yang jarang diperagakan ke publik," kata Cak Noeng.

Secara khusus Cak Noeng mengucapkan terima kasih atas kehadiran para sesepuh Tjimande Jember tersebut.

Dia mengungkapakan 20 PPTI Tjimande yang hadir itu antara lain, PPTI Macan Tutul Anak Santri, PPTI Panji Nusantara, PPTI Anak Sholeh, PPTI Mustika Jaya, PPTI Sekar Jaya Sehati, PPTI Sinar Jaya, PPTI Mahkota Balung, PPTI Gumelar, PPTI Sapujagat,  PPTI Tutul Puger, PPTI Merdeka, PPTI Gala Prima, PPTI Sinar Tanjung, PPTI Tugusari, PPTI Putera Harapan, PPTI Karanganyar, PPTI Samber Kilat Puger. 

Sedangkan sesepuh pendekar yang hadir adalah Mas Anang, Mbah Marsidi, Mbah Yudi, Saroji, Mukhas, Adang Hoirul Anam, Miftahul Rahman, Nurdiansyah R, Usman, Sutaji, Pi'i, Mijen, Sunari, Imam Subandi, Mugni, Suriama, Chairul, Nasir, Muhyi, Wakik, Mulyono, Supeno. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Zarkasi Inisiasi Silaturahim Perguruan Tjimande
Zarkasi Inisiasi Silaturahim Perguruan Tjimande
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh12x6wM1uZwcE8Qrv3KP-arxng5eeRQ1eNuFPELGNTzpuGIQySYOLzjdjCoCI0aR1Lz6nhUrxTbtKvkccjNCD69aGpjbYTgT8RzFQC_2XIt8oAE44Yg85bQI1r-jVIU1Uucg75y5VhwBE/s320/zarkasi-tjimande.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh12x6wM1uZwcE8Qrv3KP-arxng5eeRQ1eNuFPELGNTzpuGIQySYOLzjdjCoCI0aR1Lz6nhUrxTbtKvkccjNCD69aGpjbYTgT8RzFQC_2XIt8oAE44Yg85bQI1r-jVIU1Uucg75y5VhwBE/s72-c/zarkasi-tjimande.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/04/zarkasi-inisiasi-silaturahim-perguruan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/04/zarkasi-inisiasi-silaturahim-perguruan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy