Pemprov Diminta Kelola Rumah Kelahiran Soekarno

PARLEMEN JATIM-Hari ini, bukan sekedar hari ke-2 Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran. Tanggal 6 Juni ini adalah hari kelahiran...

PARLEMEN JATIM-Hari ini, bukan sekedar hari ke-2 Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran. Tanggal 6 Juni ini adalah hari kelahiran Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Ir Soekarno. Presiden RI pertama yang akrab disapa Bung Karno itu lahir 6 Juni 1901 di sebuah rumah sederhana di Jl.  Pandean Gang IV No.  40, Kampung Peneleh, Kecamatan Genteng,  Kota Surabaya.

Ironisnya rumah yang menjadi saksi bisu kelahiran Putra Sang Fajar tersebut,  saat ini kondisinya kurang terawat. Padahal di rumah yang terletak di jantung Kota Surabaya itu lah Soekarno yang merupakan tokoh besar dunia dilahirkan.

Kondisi itu mendapat perhatian dari Afwan Maksum,  anggota DPRD Jatim. Menurut Afwan sebaiknya Pemprov Jatim mengambilalih rumah bersejarah itu untuk dikelola menjadi Museum Bung Karno sebagai pusat wisata sejarah perjuangan di Jawa Timur.

"Mungkin Pemkot Surabaya punya keterbatasan dana,  karena itu sebaiknya Pemprov mengambil alih rumah kelahiran Bung Karno itu dengan membelinya dari pemiliknya saat ini," tegas Afwan Maksum,  Kamis (6/6).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, Jawa Timur termasuk Kota Surabaya memiliki kekayaan sejarah yang luar biasa. Tak heran,  karena sejumlah tokoh nasional lahir di Surabaya. Mulai dari Soekarno,  Bung Tomo hingga HOS Cokroaminoto berasal dari kota Pahlawan ini.

Terlebih pertempuran terbesar di Abad 20 terjadi di Surabaya. Tak heran setiap tanggal 10 Nopember diperingati secara nasional sebagai Hari Pahlawan.

Namun menurut anggota Komisi B DPRD Jatim itu, hingga saat ini,  Jawa Timur belum memiliki museum representatif dan lengkap yang menyimpan sejarah perjalanan bangsa. Padahal bila ditarik ke belakang,  di Jawa Timur pernah berdiri kerajaan besar seperti Majapahit dan Kadiri.

"Sudah waktunya Jawa Timur memiliki Museum yang representatif. Karena ini provinsi besar yang kaya akan jejak sejarah. Jejak sejarah Bung Karno banyak terdapat di Jawa Timur,  baik benda maupun petilasan. Nantinya semua itu bisa disatukan di Museum Bung Karno yang dikelola Pemprov Jatim," imbuh Afwan.

Alumni Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta ini menjelaskan,  tempat kelahiran Soekarno adalah bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Karena itu,  sepatutnya pemerintah provinsi memberi apresiasi terhadap jejak sejarah tersebut.

Afwan membeberkan,  dirinya sebagai Soekarnois meyakini  rumah tempat kelahiran Bung Karno itu bisa menjadi ikon Jawa Timur yang akan menjadi jujukan bagi para pecinta sejarah dan pecinta Soekarno atau Soekarnois. Tak hanya dari Jawa Timur  dan luar provinsi,  bahkan dari manca negara.  Sebab, banyak orang luar negeri datang ke Museum Leiden di Belanda hanya untuk melihat jejak sejarah Bung Karno.

"Dengan keberadaan museum Bung Karno,  anak-cucu kita bisa mengenal sosok pendiri bangsa serta menjadi inspirasi kalau pendiri bangsa lahir di Surabaya dan berasal dari Jawa Timur. Saya kira juga bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD), kalau dikelola secara profesional oleh Dinas Pariwisata," pungkas Afwan. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,15,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,43,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,5,F-PKB,5,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,805,Interupsi,329,Komisi A,18,Komisi B,37,Komisi C,28,Komisi D,21,Komisi E,75,Opini,23,Parlementaria,57,Pilgub,178,Profil,18,Sosialisasi,3,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Pemprov Diminta Kelola Rumah Kelahiran Soekarno
Pemprov Diminta Kelola Rumah Kelahiran Soekarno
https://1.bp.blogspot.com/-pilRrZB3FqM/XPioMNO5RNI/AAAAAAAAIto/8NNjZp7LJ_8ZCYm0WC-CM9Muoova3YP2QCLcBGAs/s320/IMG-20190606-WA0027.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-pilRrZB3FqM/XPioMNO5RNI/AAAAAAAAIto/8NNjZp7LJ_8ZCYm0WC-CM9Muoova3YP2QCLcBGAs/s72-c/IMG-20190606-WA0027.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2019/06/pemprov-diminta-kelola-rumah-kelahiran.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2019/06/pemprov-diminta-kelola-rumah-kelahiran.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy