Pemprov Jatim Berkunjung ke Kementerian BUMN

PARLEMEN JATIM – Mengawali Roadshow Perpres No. 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di kawasan Gerbangkertasusila, BTS, S...

PARLEMEN JATIM – Mengawali Roadshow Perpres No. 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di kawasan Gerbangkertasusila, BTS, Selingkar Wilis dan Lintas Selatan, rombongan perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan pertemuan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (14/1) malam.

Dipimpin langsung oleh Wakil Gubenur Jatim Emil Elestianto Dardak, kunjungan tersebut disambut Menteri Erick Thohir dan menghasilkan keselarasan antara Pemprov Jatim dengan Kementerian BUMN RI, khususnya dalam hal percepatan perekonomian.

Dalam pertemuan tersebut,  Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menyampaikan, bahwa sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo, percepatan pembangunan yang tertuang dalam Perpres 80/2019 bukan hanya sebuah proyek semata, namun rencana pembangunan tersebut lebih kepada Economic Development atau Pertumbuhan Ekonomi.

 Oleh sebab itu, dirinya berharap, dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian BUMN, ke-218 proyek tersebut dapat direalisasikan dan memberikan efek pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar proyek.

“Kami sangat siap dan justru sangat berharap bahwa mega proyek dan penajaman lainnya bisa masuk, sehingga ini bukan hanya list of project, namun narasi ekonominya pun bisa masuk,” jelas Wagub Emil.

Sebagai salah satu upaya penciptaan Economic Development, Emil Dardak, sapaan akrab Wagub Jatim itu menyampaikan kesiapan Pemprov Jatim dalam mendukung proyek-proyek nasional yang akan segera masuk ke Jatim, yakni soal kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Terlebih dengan banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jatim, kedatangan tren proyek berbasis petrochemical bisa menjadi potensi tersendiri.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut menyampaikan,  bahwa dengan kondisi perekonomian Jatim yang merupakan kedua terbesar di Indonesia, percepatan pembangunannyaa akan membawa efek yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Maka dari itu keberseiringan program antara Pemprov Jatim dan Kementerian BUMN dirasa bisa membantu suksesnya program pemerintah.

"Apapun kegiatan BUMN di Jawa Timur, kami siap menjadi stakeholder, mitra bahkan champion untuk mendukung suksesnya program BUMN," tambahnya.

Menanggapi langkah inisiasi Pemprov Jatim, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan dukungannya. Dirinya berharap, langkah tersebut bisa diselenggarakan dengan pertemuan lanjutan bersama jajaran BUMN.

“Intinya kan, kalau ini di masing-masing BUMN sudah pernah dibicarakan, baru kita akan mengecek bagaimana posisi masing-masing BUMN nya,” ujar Erick Tohir.

Dirinya menyebut perlunya pemanggilan seluruh BUMN terkait guna memastikan kesiapan proyek-proyek tersebut. Kesiapan yang dimaksud mulai dari pendanaan hingga kerangka atau konsep detail yang akan dijalankan.

Pertemuan lanjutan tersebut juga menjadi antisipasi pencegahan terhadap proyek-proyek yang tidak memiliki implementasi nyata di lapangan.

"Jangan hanya membuat proyek yang nantinya tidak bisa memiliki kelanjutan," jelas Erick.

Sementara itu, Pemprov Jatim rencananya akan melakukan Roadshow ke beberapa Kementerian dalam minggu ini. Agenda tersebut guna mempercepat realisasi Perpres 80/2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi kawasan Gerbangkertasusila, BTS, Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Setelah dari Kementerian BUMN, rombongan tim Pemprov Jatim yang terdiri dari Kepala OPD Jatim, akan berkunjung ke Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Menko Perekonomian RI, Rabu (15/1) mendatang. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,16,BANGGAR,3,BAPERDA,10,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,73,F-NasDem,8,F-PAN,1,F-PD,5,F-PDIP,7,F-PG,7,F-PKB,7,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,4,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,979,Interupsi,382,Komisi A,20,Komisi B,39,Komisi C,29,Komisi D,22,Komisi E,82,Opini,29,Parlementaria,70,Pilgub,178,Pilkada,35,Profil,21,Sosialisasi,9,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Pemprov Jatim Berkunjung ke Kementerian BUMN
Pemprov Jatim Berkunjung ke Kementerian BUMN
https://1.bp.blogspot.com/-Bs4LU97qUZM/Xh6g8kKMO2I/AAAAAAAAOmU/M-8tVzhNnoM3_oWS5AqmR4hlkiYweAdAwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200115-WA0104.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Bs4LU97qUZM/Xh6g8kKMO2I/AAAAAAAAOmU/M-8tVzhNnoM3_oWS5AqmR4hlkiYweAdAwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200115-WA0104.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2020/01/pemprov-jatim-berkunjung-ke-kementerian.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2020/01/pemprov-jatim-berkunjung-ke-kementerian.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy