Alokasi Anggaran Pilgub Multiyears

Parlemen Jatim - Anggaran Pilgub Jawa Timur 2024 mengharuskan pengalokasian dana secara multiyears. Apalagi, anggaran pada pesta demokrasi u...


Parlemen Jatim - Anggaran Pilgub Jawa Timur 2024 mengharuskan pengalokasian dana secara multiyears. Apalagi, anggaran pada pesta demokrasi untuk memilih kepala daerah Provinsi Jawa Timur itu diprediksi berjumlah besar. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menyebut telah mengusulkan estimasi anggaran sebesar Rp1,9 Triliun kepada Pemprov. Jumlah tersebut meningkat jika dibanding gelaran kontestasi sebelumnya. 

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad mengatakan, hingga saat ini berapa kebutuhan terkait Pilgub Jatim mendatang memang belum dapat dipastikan. 

"Asal angka yang diajukan KPU tersebut memiliki payung hukum, penganggarannya tidak menjadi masalah. Akan tetapi DPRD tidak tahu, karena belum ada pembicaraan," kata Sadad dikonfirmasi dari Surabaya, Jumat (29/10/2021). 

Menurut Sadad, anggaran untuk kebutuhan Pilgub Jatim tidak mungkin dapat dirampungkan dalam satu tahun anggaran, melainkan harus multi years. Sehingga dengan demikian, sudah harus dibentuk dana cadangan. Dasar hukum pembentukan Dana Cadangan nantinya melalui Perda. 

"Nah, berapa target pembentukan Dana Cadangan seharusnya diperhitungkan sejak awal, sehingga bisa dialokasikan besarannya di setiap tahun anggaran," ucap Sadad.

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, perihal anggaran, baru diketahui kebutuhannya jika sudah diketahui desain pemilu. 

"Konsepnya kan begitu, money follow function, dalam bahasa lain value for money. Menurut saya, kebutuhan bisa dibicarakan dulu, jangan dananya dulu. Kalau begini, muncul kebutuhan dana sebelum ada pembicaraan dengan DPRD, kesannya kan seperti fait accompli," terangnya. 

"Pada dasarnya, pemilu berkualitas itu bukan kebutuhan KPU saja, itu merupakan kebutuhan kita bersama, semua rakyat Jawa Timur," ucap Sadad yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur. 

Keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan itu menyebut, pada dasarnya pihaknya tak mempersoalkan besaran anggaran. Sebab, demokrasi yang berkualitas diantaranya juga harus disupport oleh anggaran yang cukup. 

Namun, dia menegaskan karena pemilu merupakan kebutuhan bersama, harus dibuka ruang publik agar semua pihak terlibat menyampaikan pikiran-pikiran. "Baru kemudian dihitung kebutuhan dananya," pungkasnya. 

Sebelumnya, KPU memang telah menyusun draft anggaran kebutuhan gelaran Pilgub Jatim 2024. Untuk kebutuhan KPU, pengajuan kepada Pemprov telah dilakukan beberapa waktu lalu. Dalam estimasi anggaran yang diajukan KPU Jatim berjumlah Rp 1,9 Triliun. 

"Tapi, itu masih sangat mungkin kurang dari jumlah itu. Karena, belum ada ketentuan komponen apa saja yang harus sharing pembiayaannya dengan kabupaten/kota," kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur Miftahur Rozaq. 

Jika dibanding dengan anggaran pada Pilgub Jatim sebelumnya yang berlangsung dalam kondisi normal, estimasi anggaran untuk Pilgub mendatang memang mengalami kenaikan. 

Tingginya angka estimasi anggaran itu, dikatakan Rozaq lantaran memperhatikan beberapa faktor termasuk skenario jika gelaran Pilgub nanti masih berlangsung ditengah pandemi Covid-19.

Sehingga, dalam perencanaannya, estimasi anggaran tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan alat pelindung diri. Namun Rozaq menyebut, proporsi yang paling besar dari estimasi anggaran tersebut adalah terkait kebutuhan honor badan Adhoc.

"Hampir 50 persen dari dana tersebut adalah honor badan adhoc, yang standar harga satuannya mengacu pada SBM dari kementerian keuangan," urai Rozaq. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,33,BANGGAR,7,BAPERDA,12,Dap,1,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,12,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,96,F-NasDem,11,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,16,F-PKS,20,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,9,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1143,Interupsi,446,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,30,Komisi D,23,Komisi E,84,Nasional,2,Opini,31,Parlementaria,91,Pilgub,179,Pilkada,41,Profil,21,Reses,12,Sosialisasi,14,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Alokasi Anggaran Pilgub Multiyears
Alokasi Anggaran Pilgub Multiyears
https://1.bp.blogspot.com/-u9-UFFPpUFk/YX9UgIYcpgI/AAAAAAAAkUo/ID8SvvPA3JEhvJob3sJ_YnM44Z1GJ7nhQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210924-WA0064.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-u9-UFFPpUFk/YX9UgIYcpgI/AAAAAAAAkUo/ID8SvvPA3JEhvJob3sJ_YnM44Z1GJ7nhQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210924-WA0064.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2021/10/alokasi-anggaran-pilgub-multiyears.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2021/10/alokasi-anggaran-pilgub-multiyears.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy