Gubernur Khofifah Dukung Peluncuran Platform Socio Forest

Parlemen Jatim - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendukung peluncuran Platform Kemitraan Sosial Socio Forest bersama Perum Perh...


Parlemen Jatim - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendukung peluncuran Platform Kemitraan Sosial Socio Forest bersama Perum Perhutani dan Kementerian BUMN dan KLHK di Kampung Kopi Kluncing Jl. Kawah Ijen, Pondok Jeruk, Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso pada Jumat, (16/7/2023). 

Platform tersebut merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memonitoring cara kerja sekaligus meningkatkan komunikasi antara petani kopi, pendamping serta perhutani selaku pengelola lahan. 

"Aplikasi ini multi manfaat, meluaskan jangkauan penyedia permodalan dengan petani, mengetahui data petani kopi, ketersediaan lahan, riwayat budidaya serta update progres budidaya yang sudah dan belum dikerjakan," kata Gubernur Khofifah. 

Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengungkapkan, socio forest merupakan platform digital kemitraan sosial dari 88 Proyek Strategis Kementerian BUMN. Platform ini dikembangkan dengan Strategic Delivery Unit (SDU) dalam meningkatkan produktivitas agroforestry, optimalisasi lahan hutan serta penyelarasan kepentingan para pihak dalam upaya transparansi model bisnis kerjasama sosial.

"Platform ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan komunikasi dalam melaksanakan pemantauan, kerjasama dan budidaya," ujarnya. 

Hadirnya platform socio forest dari berbagai pihak yang terdiri dari Perhutani selaku Pengelola kawasan Hutan, Petani hutan selaku penggarap, instansi Pemerintahan dan Lembaga Pendidikan selaku pendamping, pengepul atau pembeli hasil produksi selaku off taker, penyedia sarana produksi pertanian serta penyedia permodalan. Dengan demikian, akan mudah mengakses informasi ketersediaan lahan yang dapat dikerjasamakan maupun yang sedang dikerjakan. 

"Riwayat budidaya serta update progress budidaya yang dikerjakan serta memudahkan komunikasi antara petani, pendamping dan perhutani," tuturnya. 

Selain itu, melalui platform kemitraan sosial ini, Khofifah mengaku optimis dapat meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan pengembangan agroforestri secara efektif dan efisien untuk memperkuat ketahanan pangan. 

Artinya, jika kelompok sudah berdaya dan mandiri secara ekonomi, maka harapannya akan mampu mempercepat penurunan kemiskinan, penurunan disparitas di wilayah pedesaan, penurunan tingkat pengangguran terbuka maupun pertumbuhan ekonomi regional di Provinsi Jawa Timur. 

"Dengan adanya platform ini, saya optimis dapat memfasilitasi penguatan kelembagaan KPS dan UMKM untuk mendukung Percepatan Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial," terangnya.

"Kekuatan ini jangan disia-siakan dan bangun sinergitas serta jejaring seluas mungkin agar bisa meningkatkan pasar ekspor kopi melalui komunal branding," lanjutnya. 

Inovasi socio forest tidak sekadar mempermudah cara kerja serta meningkatkan komunikasi, akan tetapi juga akan berdampak pada produksi kopi di Kabupaten Bondowoso baik di pasar nasional hingga internasional. 

Menurutnya, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Jawa Timur. Sebanyak 60% Kopi arabika di Jawa Timur dihasilkan dari pegunungan Ijen – Raung dengan luas lahan saat ini 68,73 ha. 

"Kopi Arabika Bondowoso merupakan satu-satunya produk Kopi Spesialis (Kopi Blue Mountain) di Jawa Timur yang telah mendapatkan Sertifikat Perlindungan Hak Indikasi-Geografis pada tahun 2013. Cita rasa khas inilah menyebabkan produk Kopi Arabika memiliki daya jual dan daya saing yang tinggi di Pasar Kopi Internasional," ungkap Gubernur Khofifah.  

Besarnya potensi kopi di pasaran memiliki tren pertumbuhan yang positif dalam urusan ekspor, terutama dalam tiga tahun terakhir. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020-2021 Jawa Timur menjadi provinsi dengan nilai ekspor kopi terbesar ketiga nasional setelah Lampung dan Sumatera Utara. 

Rincian nilai ekspor pada tahun 2020 sebesar US$103,4 juta dan pada tahun 2021 sebesar US$133 juta. Pada Oktober 2022, kinerja ekspor kopi dari Jawa timur berhasil mencapai 81.495.107 kg atau dengan nilai ekspor mencapai US$186,22 juta. 

Bahkan, lanjut Khofifah, pada November 2022, kopi agroforestry Jawa Timur dengan merek Javeast Coffee melalui hasil komunal branding berhasil di ekspor secara perdana ke negara Mesir secara bertahap hingga 200 ton dengan total nilai ekspor lebih dari Rp 6,2 miliar. 

"Dalam lawatan kami ke Mesir pada November 2022, kopi Jawa Timur mampu mencatat kontrak ekpor untuk tahun 2023 sebesar US$6 juta. Communal branding juga menjadi pintu pembuka pasar ekspor yang harus ditumbuhkan," tukasnya. 

Di sisi lain, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 luas areal tanaman perkebunan kopi di Jawa Timur seluas 113.148 ha. Yang mana 25.730,13 ha atau setara 22,63% diantaranya merupakan pemanfaatan kawasan hutan yang dikelola Perum Perhutani melalui pola agroforestri. 

Selanjutnya proyek percontohan penerapan program perhutanan sosial melalui aplikasi socioforest rencananya akan dilaksanakan pada 6 KPH dengan luas areal garapan seluas 1.174 ha melalui pola agroforestry, 7 LMDH / KTH sebagai mitra dan melibatkan 2.123 orang petani. 

Berseiring dengan produksi kopi yang besar dan luas lahan yang luas, Gubernur Khofifah mengimbau agar keberadaan hutan juga dikelola secara lestari agar dapat berfungsi secara optimal. Caranya, dengan tetap memberikan akses dan ruang sosial kepada masyarakat di sekitar untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Disebutkan, dari 347 Kelompok Perhutanan Sosial (KPS), telah terbentuk 771 Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) atau sebesar 53% dari jumlah KUPS di pulau Jawa. KUPS-KUPS ini menjalankan kegiatan pemanfaatan dan pemungutan baik berupa hasil hutan bukan kayu, hasil hutan kayu maupun jasa lingkungan. 

"Baik dengan pengembangan pola agroforestry (wana tani), silvopastura (wana ternak), agrosilvopastura (wana tani ternak), silvofishery (wana mina), ekowisata dan usaha jasa lingkungan lainnya," ujarnya. 

Lebih lanjut, selain komoditi kopi, Gubernur Khofifah juga meminta komoditi kakao di Jatim turut ditingkatkan. Sebab, permintaan yang ingin menyerap produksi kakao dari kelompok tani cukup tinggi, namun permintaan pasar belum dapat dipenuhi. 

"Potensi kakao rakyat di Jawa Timur masih cukup besar tapi belum dikembangkan optimal. Padahal komoditas tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa karena bisa dipanen dua kali per bulan dan penjualannya juga cukup mudah," jelasnya. 

Di Jawa Timur sendiri, perkembangan luas area tanaman perkebunan Kakao periode 2020-2022 mengalami penurunan sebesar 2,2% dan perkembangan produksi perkebunan kakao pada periode 2020-2022 juga berfluktuasi, pada tahun 2020 sebesar 34.000 ton, tahun 2021 sebesar 34.683 ton dan tahun 2022 sebesar 33.002 ton.

Berdasarkan data tersebut, dirinya berharap platform Kemitraan Sosial ini juga mampu meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan agroforestry seperti kopi dan kakao secara efektif dan efisien termasuk komoditas lainnya. 

"Jika kelompok sudah berdaya dan mandiri secara ekonomi, tentu akan korelatif dengan program IKI dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menurunkan kemiskinan dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan disparsitas di wilayah perdesaan, penurunan tingkat pengangguran terbuka maupun pertumbuhan ekonomi regional," pungkasnya. 

Sebelumnya, Gubernur Khofifah berkesempatan melakukan panen kopi secara langsung di kampung baru, desa Kalisat. Bersama rombongan, dirinya takjub dan terkesima dengan hasil panen kopi. Ia pun mengakui bahwa hasilnya bukan bagus, tapi sangat bagus sekali.

Bahkan, Gubernur Khofifah juga berbincang dengan salah satu petani kopi yang sedang memilah-milah hasil panen kopi. "Sudah lama kerja di sini Bu? Ini jenis kopi robusta atau arabika. Sehat-sehat buat njenengan semua," tutupnya. 

Sementara itu, Wakil Menteri Lingkungan Hidup Alue Dohong menambahkan, aplikasi ini membangun ekosistem bersama untuk mendukung _pilot project_ bagi masyarakat pengelola hutan sosial di kawasan Perhutani. 

"Tugas kita bersama-sama untuk mengelola komoditas pangan dan di kawasan ini memang Republik kopi miliknya Bondowoso khususnya agar dioptimalkan komoditas kopi tersebut," tandasnya.

Turut hadir, antara lain wakil menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury, Wamen KLHK Alue Dohong, direktur utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro, Bupati Bondowoso Salwa Arifin beserta seluruh jajaran PTPN dan Forkopimda Kabupaten Bondowoso. (day)


caption : Gubernur Khofifah mendukung peluncuran Platform Kemitraan Sosial Socio Forest bersama Perum Perhutani dan Kementerian BUMN dan KLHK di Kampung Kopi Kluncing. foto : istimewa.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1580,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,22,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Gubernur Khofifah Dukung Peluncuran Platform Socio Forest
Gubernur Khofifah Dukung Peluncuran Platform Socio Forest
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFsEiMUfJW4v2jdCFm-3qocZrY7EZc2CrQxqQZkAOdBgZR1DwM9fwykqmWB8ZMVIQy0BkiPCnq9SGU4LT0UeoB3IQ1holokHCivjSxfG2P527wF7rFzl2JSxGDyugHy4KeIPSK9kf5EgbOxm2qeKeT9hTBZ9UdaWBtPp6p6GCPyQ-eK0rBjy8bahIB/s320/IMG-20230616-WA0319.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFsEiMUfJW4v2jdCFm-3qocZrY7EZc2CrQxqQZkAOdBgZR1DwM9fwykqmWB8ZMVIQy0BkiPCnq9SGU4LT0UeoB3IQ1holokHCivjSxfG2P527wF7rFzl2JSxGDyugHy4KeIPSK9kf5EgbOxm2qeKeT9hTBZ9UdaWBtPp6p6GCPyQ-eK0rBjy8bahIB/s72-c/IMG-20230616-WA0319.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2023/06/gubernur-khofifah-dukung-peluncuran.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2023/06/gubernur-khofifah-dukung-peluncuran.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy