Gubernur Khofifah Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Terapkan Prinsip Animal Welfare

Parlemen Jatim - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Halal Pegirian, Surabaya, menjelang...


Parlemen Jatim - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Halal Pegirian, Surabaya, menjelang Idul Adha 1444 H, Sabtu (24/6/2023). 

Sesampainya di lokasi, Gubernur Khofifah meninjau hewan kurban yang siap disembelih dan melihat langsung kesiapan peralatan yang nanti digunakan untuk menyembelih hewan kurban. Selain itu, ia juga memastikan keberadaan juru sembelih halal di RPH Pegirian Surabaya. 

Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini juga meninjau ruang potong hewan yang dalam keadaan bersih dan dilengkapi dengan lafal basmalah di sisi kanan kiri tembok. Tujuannya, agar para penyembelih senantiasa mengingat untuk mengucap basmalah sebelum  proses penyembelihan. 

"Kami mengapresiasi bahwa di sini hewannya sehat, didampingi dokter hewan, dan juga sudah ada juleha (juru sembelih halal)  yang bersertifikat," katanya.

Tak hanya itu, bercermin dari RPH Pegirian, Khofifah memberikan imbauan agar RPH di Jawa Timur menerapkan prinsip Animal Welfare_ atau kesejahteraan hewan dalam proses mempersiapkan hewan kurban. 

"Kami mengimbau agar dalam penyembelihan hewan kurban nanti harus menggunakan prinsip animal welfare, selain sehat dan baik untuk hewan kurban dan yang mengkonsumsi, prinsip kesejahteraan ini juga memenuhi syarat sesuai dengan fiqih. Maka tentu kita harus menuju kesana. Hewan kurban jangan dibanting tetapi direbahkan," ungkap Khofifah. 

Mantan Mensos RI ini memaparkan beberapa hal terkait Animal Welfare sendiri. Antara lain, bagi hewan dilarang ada pembantingan, hewan harus disembelih dengan mata pisau tajam, dan sebelum proses penyembelihan diberi pakan serta pengawasan kesehatan yang baik seeta dengan cara yang baik.

"Pada sapi-sapi diatas 800 kg ke atas itu dihindarkan ketika proses pemotongan jangan ada yang dibanting. Jadi pembantingan itu sudah harus dihentikan. Kita harus melakukan pembenahan proses, ada alat di Balai Besar Inseminasi Buatan di Singosari yang saya lihat 3 tahun lalu. Teknik pengangkatannya ada dengan alat hidrolik sehingga hewan kurban direbahkan saat penyembelihan," paparnya. 

"Untuk pisau juga harus menggunakan mata pisau yang tajam. Sebelum proses penyembelihan, kesehatan hewan kurban harus menjadi concern kita. Harus diberi pakan yang baik dan diawasi kesehatannya," lanjutnya.

Khofifah pun memuji kinerja RPH Halal  Pegirian atas perhatian yang mereka berikan pada hewan kurban. Hewan kurban yang telah dibeli atau disediakan oleh RPH diletakkan di ruang terbuka yang terlindung dari matahari, dengan pakan yang memadai dan terjaga kebersihannya.

Bahkan, RPH ini mendatangkan tim dokter hewan dari Universitas Airlangga Surabaya untuk memantau kesehatan para hewan.

"Luar biasa yang saya lihat karena sapi dan kambing yang sudah dibeli, atau yang disediakan disini, disiapkan makanannya dan dipantau oleh dokter hewan sampai dengan saat penyembelihan hewan kurban nanti. Melihat RPH ini, kita bisa membangun komitmen bersama bahwa hewan ternak juga harus diperlakukan dengan baik," ujar Khofifah. 

Khofifah menekankan, bahwa kesejahteraan hewan ini berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat juga. Jika hewan kurban sehat, maka hal itu akan mendatangkan kebaikan bagi yang berkurban dan yang  mengkonsumsinya. 

"Proses pemotongan hewan kurban itu konvergen. Jika hewan ternak yang menjadi kurbannya sehat, sudah dalam monitoring, serta hewan dan memenuhi syarat, dan proses penyembelihan mengedepankan animal welfare, maka yang mengkonsumsi akan sehat juga, sebab dagingnya halalan toyiban," ujarnya. 

Di akhir, Khofifah berpesan kepada semua RPH di Jatim untuk tak lupa memperlakukan hewan ternak dengan baik sebagai bagian dari syariat dan syarat kurban. Bukan hanya saat Idul Adha, tetapi juga seterusnya. 

"Tempat-tempat dimana dilaksanakan pemotongan hewan, termasuk hewan kurban, mari bersama kita maksimalkan prinsip _animal welfare_ . Selain memenuhi standar kesehatan, sudah pasti secara syariat memenuhi syarat sebagai hewan kurban. Semoga dari sini semua berjalan lancar dan ibadah kita diterima Allah," harapnya. (day)


caption : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Halal Pegirian, Surabaya. foto : istimewa.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1580,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,22,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Gubernur Khofifah Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Terapkan Prinsip Animal Welfare
Gubernur Khofifah Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Terapkan Prinsip Animal Welfare
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6IiJO-p1R09p19SuqxQ7s1UD-fk2W_gnx7AJEcmiq9bKIBhUhycHVAphUZJZ1JF9M8DtW7FjTdtFYxFPoaeMqYeAi4IKhU87XHaHXN8plNngCZHwjTIBE-DXSFjlCitxtKdvTyEaNN1BAFhC1nsBM_9CnjnAS2YoEG9QVeH5NGzSiLGHJaCqmHeRJEHo/s320/IMG-20230624-WA0283.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6IiJO-p1R09p19SuqxQ7s1UD-fk2W_gnx7AJEcmiq9bKIBhUhycHVAphUZJZ1JF9M8DtW7FjTdtFYxFPoaeMqYeAi4IKhU87XHaHXN8plNngCZHwjTIBE-DXSFjlCitxtKdvTyEaNN1BAFhC1nsBM_9CnjnAS2YoEG9QVeH5NGzSiLGHJaCqmHeRJEHo/s72-c/IMG-20230624-WA0283.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2023/06/gubernur-khofifah-imbau-penyembelihan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2023/06/gubernur-khofifah-imbau-penyembelihan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy