Fokus Garap Anak Muda NU Produktif

PARLEMEN JATIM-Pemilu 2014 punya fenomena tersendiri dibanding pemilu 2009. Pasalnya, pada pemilu kali ini hampir 70 persen caleg incu...


PARLEMEN JATIM-Pemilu 2014 punya fenomena tersendiri dibanding pemilu 2009. Pasalnya, pada pemilu kali ini hampir 70 persen caleg incumbent gagal terpilih kembali sebagai anggota Dewan Jawa Timur. Hal itu jelas mencengangkan publik. Sebab, caleg incumbent diuntungkan oleh berbagai fasilitas penunjang yang melekat pada dirinya sebagai anggota Dewan.

Thoriqul Haq adalah satu diantara caleg incumbent yang beruntung kembali meraih kepercayaan konstituen di Jember dan Lumajang yang merupakan daerah pemilihannya. Peraih suara terbanyak di dapil Jatim IV itu mengakui, status sebagai caleg incumbent seperti dua sisi mata uang logam yang berbeda bentuk.

Di satu sisi bila selama berkiprah sebagai anggota Dewan ada manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, maka bisa dipastikan masyarakat akan kembali memilih. Sebaliknya, bila dalam rentan waktu menjabat sebagai anggota Dewan tidak ada manfaat yang signifikan dirasakan masyarakat. Maka tak heran kalau masyarakat mengalihkan dukungan kepada caleg lain.

"Jadi caleg incumbent tidak selamanya menguntungkan. Kalau masyarakat menilai selama kita menjadi anggota Dewan kurang berkontribusi pada dapil, maka mereka tidak akan memilih," tutur mantan Presiden BEM IAIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berubah nama menjadi UINSA.

Bicara kampanye, politisi muda PKB itu mengaku sejak awal sudah mengambil segmentasi tersendiri dalam bersosialisasi sebagai wakil rakyat. Caleg dengan nomor urut satu itu mengaku khusus membidik anak muda dari kalangan NU yang masuk usia produktif. Segmen itu sengaja ia pilih karena pas dengan dirinya yang merupakan generasi muda. Karena itu, tim sukses yang ia bentuk juga merupakan anak-anak muda dari kalangan NU, sehingga komunikasinya nyambung.

"Saya bidik segmentasi anak muda NU produktif karena secara komunikasi lebih nyambung, sehingga sosialisasipun lebih mudah," beber Ketua Komisi C di DPR Jatim periode 2009-2014 tersebut.

Soal budget kampanye pria yang akrab disapa Thoriq itu mengaku menghabiskan dana Rp750 juta. Jumlah itu lebih besar dari prediksi sebelumnya yang hanya butuh dana sekitar Rp500 juta. Jumlah itu tergolong hemat dibanding caleg-caleg lain yang mengeluarkan dana kampanye hingga Rp5 milyar. 

Thoriq mengaku bisa menakan dana kampanye karena dia lebih memilih menggunakan pola kampanye tatap muka dan menyapa masyarakat. Sehingga secara personal antara caleg dengan konstituen lebih dekat. Praktis pola kampanye itu tak memerlukan alat peraga besar dan mahal seperti baliho dan spanduk. Dirinya mengaku lebih banyak membuat pamflet dan brosur terkait visi dan misi serta apa program yang telah ia lakukan selama menjadi wakil masyarakat Jember dan Lumajang di parlemen.

"Saya lebih banyak mencetak pamflet dan brosur. Jadi tak menyedot dana kampanye secara besar. Saya juga tak buat kaos karena biaya produksinya besar. Saya lebih prioritaskan tatap muka dengan calon pemilih," papar Sekretaris DPW PKB Jatim itu.

Thoriq juga mengakui besarnya kontribusi kalangan perempuan Muslimat dalam mendongkrak perolehan suaranya saat pemilu lalu. Thoriq mengaku banyak masuk ke acara pengajian ibu-ibu untuk mensosialisasikan diri dan programnya sebagai caleg. Dirinya menilai pemilih dari kalangan ibu-ibu pengajian punya komitmen yang tinggi dalam memilih.

"Kalangan perempuan terutama ibu-ibu Muslimat itu punya komitmen yang tinggi. Mereka lebih fair dan tidak pragmatis," pungkasnya. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,4,F-PG,3,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,656,Interupsi,255,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,27,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,52,Pilgub,178,Profil,14,Video Parlemen Jatim,4,
ltr
item
Parlemen Jatim: Fokus Garap Anak Muda NU Produktif
Fokus Garap Anak Muda NU Produktif
https://4.bp.blogspot.com/-mWkHPsqvL-o/W56f2-7SKcI/AAAAAAAADxk/ARLIQXgs6RoCPgzqRBAjPWyabDXKfe4NgCLcBGAs/s320/thoriqul-haq-pansus.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-mWkHPsqvL-o/W56f2-7SKcI/AAAAAAAADxk/ARLIQXgs6RoCPgzqRBAjPWyabDXKfe4NgCLcBGAs/s72-c/thoriqul-haq-pansus.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2014/09/fokus-garap-anak-muda-nu-produktif.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2014/09/fokus-garap-anak-muda-nu-produktif.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy