Musyaffa’ Noer, Sukses Gabungkan Tim Struktural dan Non Struktural

H. Musyaffa' Noer, M.Si PARLEMEN JATIM-Kesuksesan itu tak diraih dengan begitu saja, ada proses dan strategi yang dijalani untu...



H. Musyaffa' Noer, M.Si
PARLEMEN JATIM-Kesuksesan itu tak diraih dengan begitu saja, ada proses dan strategi yang dijalani untuk menuju sukses. Termasuk kesuksesan anggota DPRD Jawa Timur melenggang ke gedung parlemen yang terletak di Jalan Indrapura No. 1, Surabaya. Berikut ini kisah politisi PPP, Musyaffa’ Noer untuk menjadi wakil rakyat

Peran tim sukses bisa menjadi penentu kesuksesan. Sebab, bila salah memilih tim, program sebagus apapun bisa menjadi tak berarti. Sadar akan pentingnya peran tim sukses, Musyaffa' Noer mengaku selektif dalam memilih tim pemenangan dirinya saat pemilu legislatif lalu.

Selain itu, calon anggota legislatif (Caleg) dari daerah pemilihan Madura itu punya jurus jitu dalam menggerakkan tim pemenangan. Musyaffa' mengaku mengkombinasikan tim pemenangan yang berasal dari struktur partai dengan non struktur partai.

Politisi kelahiran Tuban 12 Juni 1964 itu punya alasan khusus membentuk dua tim pemenangan. Pasalnya, tidak semua basis massa atau komunitas bisa didekati oleh tim dari struktur partai. Nah, disinilah peran penting tim non struktural untuk masuk menyentuk basis massa tersebut.

Lewat kombinasi dua tim inilah, orang nomor satu di PPP Jawa Timur itu berhasil mendulang 81.858 suara dan membawanya melenggang ngantor di gedung DPRD Jawa Timur.

"Saya bentuk dua tim pemenangan. Satu berasal dari struktural, lainnya non struktural. Keduanya saling melengkapi satu sama lain," tutur mantan aktifis GP Ansor itu.

Alumni Pondok Pesantren Langitan Tuban itu juga sadar pentingnya alat peraga dalam mensosialisasikan diri. Karena itulah, mantan anggota Dewan Jatim periode 1999-2004 dan 2004-2009 itu membuat dan memasang banyak alat peraga seperti baliho dan spanduk. Bahkan spanduk pria yang pernah maju sebagai Cawabup Gresik itu terpampang dari Bangkalan sampai Sumenep.

Pengalamannya sebagai politisi senior, membuat dirinya tak mengesampingkan alat peraga tersebut. Bahkan, alat peraga yang terkesan remeh temeh seperti stiker dan kartu nama juga tak luput ia perhatikan.

Selain kesiapan alat peraga, politisi berlatar pendidik itu juga cukup matang dalam persiapan berkompetisi di dapil. Terbukti setahun sebelum pemilu 9 April digelar, dirinya sudah aktif turun ke kabupaten Bangkalan, Sampang,  Pamekasan dan Sumenep yang sebenarnya bukan basis massa dirinya yang notabene orang Pantura. Sadar akan hal itu, pria bertubuh tegap itu rajin menemui masyrakat Madura. Mulai dari sowan ke kiai dan pondok-pondok pesantren hingga menyapa elemen masyarakat.

"Setahun sebelum pemilu, saya sudah terjun di dapil untuk sosialisasi diri," papar putra KH. Nurhadi tersebut.

Musyaffa' mengaku bersyukur bisa dipercaya menjadi wakil dari masyarakat Madura di DPRD Jawa Timur. Karena itu, masalah biaya dirinya tak ambil pusing dan tak mau berhitung. Baginya biaya yang keluar sangat wajar sebagai ongkos politik. Seingatnya, budget terbesar tersedot untuk alat peraga dan konsumsi saat bertemu warga di dapil.

Memang biaya konsumsi itu terbilang kecil hanya berada pada kisaran Rp500.000 - Rp1.000.000. Namun jumlah itu menjadi membengkak berlipat ganda karena jumlah warga yang ia temui sangat banyak dan berpindah-pindah.


"Dalam satu hari saya blusukan bisa sampai 7 titik. Itu saya lakukan untuk makin mendekatkan diri dengan masyarakat. karena sebagai Ketua partai saya tidak hanya mensosialisasikan diri, tetapi juga sekalian melakukan pengembangan partai," ujar suami dari Hj. Elok Fauziyah itu.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,7,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,14,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,567,Interupsi,209,Komisi A,17,Komisi B,27,Komisi C,22,Komisi D,18,Komisi E,68,Opini,19,Parlementaria,42,Pilgub,178,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Musyaffa’ Noer, Sukses Gabungkan Tim Struktural dan Non Struktural
Musyaffa’ Noer, Sukses Gabungkan Tim Struktural dan Non Struktural
https://3.bp.blogspot.com/-TfpVZY-fAzE/WKCifgP1l6I/AAAAAAAAAIQ/-4hI5_EEJLkF2wfiVRJNv4AdDUBaZjLIgCLcB/s1600/musyaffa%2527_noer.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-TfpVZY-fAzE/WKCifgP1l6I/AAAAAAAAAIQ/-4hI5_EEJLkF2wfiVRJNv4AdDUBaZjLIgCLcB/s72-c/musyaffa%2527_noer.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/musyaffa-noer-sukses-gabungkan-tim.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/02/musyaffa-noer-sukses-gabungkan-tim.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy