Hari Nelayan Nasional, Nasib Nelayan Jawa Timur Jauh dari Sejahtera

Aida Fitriati PARLEMEN JATIM-Hari ini diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional, tak terkecuali juga di Jawa Timur. Ironisnya, sampai s...

Aida Fitriati
PARLEMEN JATIM-Hari ini diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional, tak terkecuali juga di Jawa Timur. Ironisnya, sampai saat ini nasib nelayan masih terpuruk, jauh dari kata sejahtera. Mereka umumnya masih hidup dalam garis kemiskinan. Tak heran, angka putus sekolah dikalangan anak-anak nelayan pun tinggi. Padahal Jawa Timur memiliki bentang pantai yang panjang dengan lautan yang luas berikut berbagai macam jenis ikan di dalamnya.

Anggota Komisi B DPRD Jatim, Aida Fitriati menilai nasib nelayan masih dalam kondisi terpuruk secara ekonomi. Kondisi itu disebabkan sejumlah faktor, diantaranya sistem penangkapan masih tradisional. Karena itu, ditinjau dari sisi psikologi nelayan masih belum bisa kreatif dalam mental usaha untuk maju. Mereka masih terbelenggu dengan sistem marketing (penjualan) hasil tangkapan kepada kelompok tertentu seperti tengkulak, sehingga dari sisi harga hasil tangkap masih rendah.

“Mayoritas nelayan di Jawa Timur dan Indonesia umumnya, masih menangkap ikan dengan peralatan tradisional, karena itu tak bisa mencari ikan sampai ke tengah laut seperti kapal-kapal nelayan Vietnam. Padahal ikan-ikan besar yang bernilai ekonomis adanya di tengah laut. Selain itu, hasil tangkapannya juga sering jatuh ke tangan tengkulak sehingga harganya pun rendah. Karena itu perlu ada pendampingan dari pemerintah,” tegas politisi PKB yang akrab disapa Neng Fitri itu, Kamis (6/4).

Wakil Sekretaris Fraksi PKB DPRD Jatim ini menambahkan, faktor cuaca buruk juga menjadi masalah rutin nelayan. Di saat cuaca tidak bersahabat itu, otomatis para nelayan tidak bisa melaut dalam waktu tertentu. Praktis, dari 365 hari dalam setahun, nelayan hanya bisa separuh tahun melaut. Karena itu, harus ada upaya usaha sampingan bagi keluarga nelayan untuk memenuhi kehidupan di saat air laut pasang.

Fitri berharap pemerintah provinsi maupun dinas terkait turun tangan dalam melakukan pemberdayaan kepada keluarga nelayan. Menurutnya, pemberdayaan perempuan pesisir harus di upayakan maksimal untuk membantu peningkatan pendapatan ekonomi keluarga nelayan. Karena itu, meski para suami tak bisa melaut, tapi mereka tetap punya pendapatan dari usaha sampingan. Diantaranya membuat kerupuk ikan atau makanan berbahan dasar dari ikan atau udang.

“Para istri-istri nelayan harus dilatih untuk melakukan usaha sampingan yang nanti hasilnya bisa di jual ke pasar. Sehingga, keluarga nelayan tetap punya penghasilan, meskipun suami sedang tak melaut. Dengan begitu, mereka tidak lagi terjebak oleh jerat rentenir yang sering menghampiri nelayan saat mereka tak melaut,” imbuh Ketua Muslimat NU Kabupaten Pasuruan itu.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Hari Nelayan Nasional, Nasib Nelayan Jawa Timur Jauh dari Sejahtera
Hari Nelayan Nasional, Nasib Nelayan Jawa Timur Jauh dari Sejahtera
https://4.bp.blogspot.com/-OsPknASJk4s/WOc2YFwK9NI/AAAAAAAAAiw/KVldlqqXlRENdRi8GWdLd_guaP8sLBPxwCLcB/s320/fitri.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-OsPknASJk4s/WOc2YFwK9NI/AAAAAAAAAiw/KVldlqqXlRENdRi8GWdLd_guaP8sLBPxwCLcB/s72-c/fitri.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/hari-nelayan-nasional-nasib-nelayan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/hari-nelayan-nasional-nasib-nelayan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy