Reses Hari ke-2, Mas Udin Sambangi Sentra Konveksi di Botoran

Mas Udin mengunjungi sentra konveksi Botoran PARLEMEN JATIM-Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung yang terletak di tengah kota sejak...

Mas Udin mengunjungi sentra konveksi Botoran
PARLEMEN JATIM-Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung yang terletak di tengah kota sejak lama dikenal sebagai sentra konveksi besar di Jawa Timur. Ratusan usaha konveksi kelas besar maupun rumah tangga ada di sini. Namun belakangan satu per satu usaha konveksi di sana gulung tikar, meski tak sedikit juga yang masih bertahan dengan segala kekurangan.

Kondisi yang dialami para pelaku usaha konveksi itu ternyata mendapat perhatian anggota DPRD Jawa Timur, Chusainuddin. Terlebih sejak lahir hingga remaja Chusainuddin tinggal di Tulungagung, sehingga ikut merasakan kejayaan sentra konveksi di Botoran. Bahkan sebelum krisis moneter sprei bordir asal Botoran menjadi primadona ekspor di sejumlah negara Timur Tengah.

“Pada reses hari ke-2 ini, saya melakukan kunjungan langsung di pusat sentra industri konveksi di Kelurahan Botoran Tulungagung. Salah satunya peninjauan di konveksi Nanda Indah Collection yang dikelola oleh Mas Dodi Hartanto,” terang politisi yang akrab disapa Mas Udin ini, Selasa (4/4).

Politisi PKB ini mengungkapkan, dari Mas Dodi pihaknya mendapat sejumlah saran dan aspirasi. Sejumlah problem yang dialami oleh pelaku konveksi diantaranya tingginya harga bahan baku. Pasalnya, pengrajin tidak punya akses langsung untuk membeli langsung bahan baku ke pabrik.

Selain itu, pengrajin juga mengeluhkan ketatnya persaingan dari segi pemasaran. Terlebih dengan membanjirnya produk-produk hasil konveksi asal China yang harganya jauh lebih murah. Karena itu, pengrajin berharap pemerintah memberikan proteksi atau subsidi kepada pengrajin lokal agar bisa bersaing dengan produk-produk China.

“Kalau dari segi kualitas, produk pengrajin di Botoran ini jauh lebih bagus dari produk China. Namun produk China harganya jauh lebih murah, sehingga konsumen cenderung lebih memilih produk China. Karena itu, harus ada proteksi dan kemudahan dari pemerintah kepada pengrajin. Nanti akan saya komunikasikan ke instansi terkait,” imbuh mantan ajudan Menteri Tenaga Kerja era Muhaimin Iskandar ini.

Bendahara DPW PKB Jatim ini membeberkan, pada reses ini juga muncul aspirasi dari masyarakat di Desa Gombang Kecamatan Bandung, Tulungagung. Mereka mengeluhkan terjadinya banjir setiap terjadi hujan deras. Kondisi banjir itu disebabkan irigasi yang macet.

Selain itu, Chusainuddin juga menyerap aspirasi warga untuk pavingisasi, permohonan pembangunan ruang kelas baru untuk para santri dan santriwati di LPI Jati Salam. Pihaknya juga menerima usulan pemberdayaan ekonomi di lingkungan MWC NU Kecamatan Besuki dan permohonan bantuan seragam untuk ibu-ibu jamaah yassin dan tahlil.

“Usulan warga ini akan saya perjuangkan, yang mampu direalisasikan akan disegerakan. Kalau yang di luar wewenang dan jangkauan, akan saya teruskan ke pihak terkait seperti pemkab, pemprov dan SKPD,” tutur anggota Komisi B DPRD Jatim tersebut.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Reses Hari ke-2, Mas Udin Sambangi Sentra Konveksi di Botoran
Reses Hari ke-2, Mas Udin Sambangi Sentra Konveksi di Botoran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_DvJPsZvMw0kXs-JE48lmmRJBmyUGYnJVLkuY8uCMFg-cG0JprcfKbkwv1ODZAeCofUu8xx8kPpLlfZktpxFxoCBJ3xeCp428OM7fb8Ere_Rw3iYkJD7Tm3oM-kF3WYxwM6ArkC8mT74/s320/mas_udin_botoran.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_DvJPsZvMw0kXs-JE48lmmRJBmyUGYnJVLkuY8uCMFg-cG0JprcfKbkwv1ODZAeCofUu8xx8kPpLlfZktpxFxoCBJ3xeCp428OM7fb8Ere_Rw3iYkJD7Tm3oM-kF3WYxwM6ArkC8mT74/s72-c/mas_udin_botoran.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/reses-hari-ke-2-mas-udin-sambangi.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/04/reses-hari-ke-2-mas-udin-sambangi.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy