Partai NasDem Tolak Wacana Calon Tunggal di Pilgub Jatim

Mochamad Eksan, S.Ag PARLEMEN JATIM-Wacana calon tunggal yang digagas Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, So...

Mochamad Eksan, S.Ag
PARLEMEN JATIM-Wacana calon tunggal yang digagas Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo tampaknya tak berjalan mulus, karena sejumlah reaksi penolakaan pun bermunculan. Setelah sebelumnya Partai Gerindra, kini penolakan itu muncul dari Partai NasDem.

Mochamad Eksan, Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jatim berpandangan, wacana calon tunggal, tidaklah produktif dalam pembangunan demokrasi yang sehat dan matang. Sebab, 32 juta pemilih yang bersebar di 38 kabupaten/kota, dipaksa untuk tidak memilih. Tidak ada alternatif, kecuali one and only incumbent candidate (satu dan hanya satunya kandidat inkumben).

“Sistem demokrasi dihadirkan sebagai lawan dari sistem monarkhi dan aristokrasi. Calon tunggal tak ubahnya dengan sistem dinasti dan elit yang totaliter, yang tak menyajikan alternatif pilihan kepada rakyat. Padahal, demokrasi itu sistem yang terbuka bukan sistem yang tertutup,” sindir mantan Komisioner KPU Jember itu, Minggu (4/6).

Eksan mengingatkan, setiap warga negara punya kesempatan yang sama untuk dipilih dan memilih. Barangtentu, yang memenuhi syarat sebagaimana diatur oleh peraturan perundang-undangan. Dirinya mengutip Robert W Hefner, bahwa democratic civity (keadaban demokrasi), keterbukaan dan partisipasi. Tafsir dari keadaban demokrasi itu dilihat dari kualitas dan kuantitas keterbukaan dan partisipasi dalam menilai demokrasi tersebut.

Anggota DPRD Jatim ini mengingatkan, mayoritas negara-negara di dunia, menilai demokrasi Indonesia sudah matang. Hiruk-pikuk, centang perenang pilgub DKI Jakarta, berakhir dengan happy-ending. Semua pihak menerima hasil pemilu. Yang menang mau pun yang kalah, mampu menunjukkan sikap yang ksatria. Demokrasi Indonesia sangat mengagumkan.

“Karena itu, tidak pada tempatnya beralasan, wacana calon tunggal, agar eskalasi politik terkendali, tak seperti Pilgub DKI Jakarta yang panas dan berpotensi menimbulkan diintegrasi nasional. Sebab proses politik demokratis tak menganggu terhadap pembangunan ekonomi Jawa Timur

Terpisah, Gus Ipul yang diproyeksikan Pakde karwo sebagai calon tunggal dirinya tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk memborong partai politik. Menurut mantan Ketua Badko HMI Jakarta ini, yang ia miliki hanya teman baik yang kebetulan saat ini jadi pemimpin partai.

Alumni FISIP Universitas Nasional (Unas) Jakarta ini membeberkan, sejak dulu dirinya memelihara hubungan baik dengan siapa saja, termasuk dengan para elit politik. Hubungan koneksi itulah yang menjadi modal dirinya saat ini. 

Hubungan baik itu bisa berbuah dukungan politik bisa juga tidak sama sekali. Sebab, setiap partai punya mekanisme internal untuk menentukan calon pemimpin dan mengeluarkan rekom.


“Saya juga tidak pernah berpikir menjadi calon tunggal, jadi tak perlu memborong partai. Yang terpenting berkompetisi secara sehat,” pungkas Gus Ipul.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Partai NasDem Tolak Wacana Calon Tunggal di Pilgub Jatim
Partai NasDem Tolak Wacana Calon Tunggal di Pilgub Jatim
https://3.bp.blogspot.com/-zsm9J9XhqPY/WTRTfhmCOGI/AAAAAAAAA8k/itjWygsRwesssXuzPu-mvYV63H8dS0TkgCLcB/s320/eksan_nasdem.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-zsm9J9XhqPY/WTRTfhmCOGI/AAAAAAAAA8k/itjWygsRwesssXuzPu-mvYV63H8dS0TkgCLcB/s72-c/eksan_nasdem.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/06/partai-nasdem-tolak-wacana-calon.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/06/partai-nasdem-tolak-wacana-calon.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy