Andreas Eddy : Kesejahteraan Rakyat Memperkuat NKRI

PARLEMEN JATIM-Rumah Aspirasi Masyarakat Malang Raya menyelenggarakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Candi Renggo, Kecamatan Sing...

PARLEMEN JATIM-Rumah Aspirasi Masyarakat Malang Raya menyelenggarakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Dihadapan sekitar 150 orang warga, Andreas Eddy Susetyo, anggota MPR RI memaparkan tentang kesejahteraan sebagai tujuan dari pembangunan.

Menurut Andreas Eddy, kesejahteraan adalah salah satu tujuan urtama pembangunan negara Indonesia. Karena itu, salah satu sosialisasi 4 pilar bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI adalah bertujuan untuk mensejahterakan rakyat, dan kesejahteraan itulah yang akan menjamin keutuhan NKRI.

“Tujuan akhir dari pembangunan itu adalah kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Karena itu masyarakat harus secara sadar bersama-sama ikut aktif dalam proses pembangunan,” ujar Andreas Eddy, Jumat (22/9).

Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini mengungkapkan sesuai nilai-nilai Pancasila, pembangunan harus merata dan berkeadilan, baik itu di Aceh, Maluku, ataupun Papua. Sebab, jika ketimpangan terus melebar akan mengancam disintegrasi.

Terlebih banyak yang memprovokasi untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan republik Indonesia. Karena itu, nasionalisme harus dibangkitkan dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat dari Sabang sampai Merauke.

“Nasionalisme itu penting untuk mempertahankan NKRI, tapi harus diimbangi dengan kesejahteraan. Kalau masih ada ketimpangan pembangunan, akan berpotensi pada disintegrasi. Karena itu Presiden Jokowi melakukan pembangunan secara merata di Indonesia Timur maupun Barat,” imbuh politisi PDI Perjuangan tersebut.

Politisi asal malang ini melanjutkan, dengan terus meningkatkan kesejahteraan dan membangkitkan nasionalisme, maka ia optimis hingga 200 tahun ke depan Indonesia akan tetap berdiri tegak utuh. Realita di Catalunya yang ingin lepas dari Spanyol, atau kaum Rohingnya di Myanmar jangan sampai terjadi di tanah air.

“Semangat Bhineka Tunggal Ika itu penting diamalkan dalam kehidupan, jangan seperti negara-negara di Timur Tengah, meski bahasanya sama yaitu bahasa Arab, tapi terpecah-belah dan selalu konflik.

Andreas Eddy berharap, dengan demikian, isu apa pun baik suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang dihembuskan tak akan mampu menggoyahkan kecintaan dan nasionalismenya untuk Indonesia.

Daerah juga diharapkan mampu berdiri sendiri dan tidak terus tergantung pada pemeirntah pusat. Daerah dapat menyontoh daerah yang sukses membangun ekonomi dan wisata, seperti Bali yang berhasil membangun perekonomian dan wisata. Selain itu tugas MPR RI untuk menyosialisasikan 4 pilar bangsa ini harus terus dilanjutkan. Khususnya dalam usaha menanamkan ideologi Pancasila terhadap anak didik sejak dini sampai mahasiswa, karena mereka ini akan menjadi pemimpin bangsa masa depan.

Jika kesejahteraan menjadi masalah utama khususnya di wilayah perbatasan Indonesia. Seperti di Kalimantan, Papua, Maluku, dan lain-lain. Sebagaimana amanat sila ke-lima Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“NKRI itu tak saja dimaknai secara tekstual, tapi juga kesejahteraan dan keadilan. Jadi, kita ingin melihat Indonesia tetap utuh dengan segala identitasnya,” pungkas 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Andreas Eddy : Kesejahteraan Rakyat Memperkuat NKRI
Andreas Eddy : Kesejahteraan Rakyat Memperkuat NKRI
https://3.bp.blogspot.com/-J57LuU1mDqs/WfycRKjXuBI/AAAAAAAABtg/ib5rFjP0y2067xMfG-ByrOny4xvp6ZHlwCLcBGAs/s320/andreas_eddy_pdip.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-J57LuU1mDqs/WfycRKjXuBI/AAAAAAAABtg/ib5rFjP0y2067xMfG-ByrOny4xvp6ZHlwCLcBGAs/s72-c/andreas_eddy_pdip.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/09/andreas-eddy-kesejahteraan-rakyat.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/09/andreas-eddy-kesejahteraan-rakyat.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy