Wanita Indonesia Tanpa Tembakau Usulkan Perda Pembatasan Rokok di Jatim

PARLEMEN JATIM-Rokok memang mendatangkan keuntungan lewat pajak cukai, tapi dampak bahaya rokok bagi kesehatan masih jauh lebih besar. Ka...

PARLEMEN JATIM-Rokok memang mendatangkan keuntungan lewat pajak cukai, tapi dampak bahaya rokok bagi kesehatan masih jauh lebih besar. Karena itu, keberadaan rokok perlu dibatasi. Pernyataan itu disampaikan Ketua Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) Jawa Timur, Arie Soeripan.

Menurut Arie, saat ini sudah saatnya keberadaan rokok dibatasi di Jawa Timur. Terutama di ruang publik, seperti rumah sakit, sekolah maupun taman bermain. Karena itu, pihaknya mengusulkan perlu adanya regulasi berupa peraturan daerah atau perda untuk membatasi peredaran rokok di Jawa Timur.

“Sudah saatnya Jawa Timur punya perda pembatasan rokok. Inisiatifnya bisa dari eksekutif ataupun legislatif. WITT akan mendorong regulasi tersebut,” tegas aktivis sosial ini, usai sosialisasi bahaya rokok di SD Ma’arif NU, Iskandar Said, Kendangsari, Sabtu (23/9).

Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Jatim ini menambahkan, Kota Surabaya memang sudah memiliki perda serupa. Namun, yang diatur hanya sebatas kawasan larangan merokok. Itupun implementasinya tidak jalan. Terbukti masih banyak orang bebas merokok di kawasan larangan merokok. Selain itu, fasilitas smooking area pun masih minim di kota Surabaya. Baik di tempat umum maupun kantor pemerintahan.

Karena itu, Arie berharap perda yang ia usulkan ke DPRD Jatim bisa menyempurnakan celah-celah atau kekurangan yang terdapat dalam perda Kawasan Larangan Merokok yang sudah dimiliki Kota Surabaya. Terpenting adalah sosialisasi dan kesiapan personil untuk penegak perda, seperti Satpol PP.

“Yang palin penting dalam sebuah perda adalah sosialisasi dan penegakkan perda itu sendiri. Jangan sampai perda hanya menjadi macan kertas,” kritik Arie.
Perempuan asal Tuban ini mengusulkan, dalam perda pembatasan rokok itu, harus diatur jarak minimal larangan menjual rokok dari sekolah. Jangan seperti saat ini, rokok bebas di jual di lingkungan sekolah. Bahkan terkadang di jual di depan gerbang sekolah.

Selain itu, pihaknya berharap penjualan rokok juga dibatasi pada orang yang sudah memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Karena orang yang sudah ber-KTP sudah terbilang dewasa dan sanggup mempertanggungjawabkan keputusannya. Paling tidak, mereka sudah mengerti dampak buruknya rokok bagi kesehatan.

“Saya berharap rokok hanya dijual kepada mereka yang sudah dewasa, paling tidak mereka yang sudah ber-KTP. Bagi took yang terbukti menjual pada anak dibawah umur harus diberikan sanksi tegas,” ujarnya.

Dirinya juga berpendapat agar pajak cukai rokok dinaikkan untuk menanggulangi dampak buruk rokok bagi kesehatan manusia. Apalagi yang mengalami dampak buruk dari rokok tak hanya perokok itu sendiri, tapi juga mereka yang ada di sekitar. Karena itu, perlu ada kompensasi dari kenaikkan cukai rokok untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Harga rokok di Indonesia terbilang murah, tak setimpal dengan dampak buruk pada kesehatan masyarakat sekitar. Karena itu, saya setuju cukai rokok dinaikkan,” pungkas Arie.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,6,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,3,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,528,Interupsi,190,Komisi A,17,Komisi B,26,Komisi C,21,Komisi D,16,Komisi E,65,Opini,19,Parlementaria,41,Pilgub,169,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Wanita Indonesia Tanpa Tembakau Usulkan Perda Pembatasan Rokok di Jatim
Wanita Indonesia Tanpa Tembakau Usulkan Perda Pembatasan Rokok di Jatim
https://1.bp.blogspot.com/-CVtezkS5TcQ/WcXf5fOdziI/AAAAAAAABiM/hS9KzppK2UEZ42qXsj4QxNfqhFXbWXMJwCLcBGAs/s320/perda_rokok.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CVtezkS5TcQ/WcXf5fOdziI/AAAAAAAABiM/hS9KzppK2UEZ42qXsj4QxNfqhFXbWXMJwCLcBGAs/s72-c/perda_rokok.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/09/wanita-indonesia-tanpa-tembakau-usulkan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/09/wanita-indonesia-tanpa-tembakau-usulkan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy