Aktivis ISMEI Se-Jatim Curhat ke Eksan

PARLEMEN JATIM-Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) Wilayah Jawa Timur menyamp...

PARLEMEN JATIM-Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) Wilayah Jawa Timur menyampaikan kegelisahan mereka terhadap sejumlah masalah kepada DPRD Jatim. Sejumlah masalah yang menjadi aspirasi mereka itu diantaranya soal monopoli pasar modern terhadap pasar tradisional yang mematikan perekonomian masyarakat di bawah.

Koordinator Wilayah ISMEI Jatim, Fahmi Ismail mengungkapkan, pihaknya gelisah melihat makin terdesaknya usaha masyarakat kecil di kampung-kapung maupun permukiman oleh pasar modern yang semakin menjamur dan masuk ke wilayah permukiman warga. Kondisi itu secara tidak langsung membunuh usaha warung kelontong yang dimiliki warga.

“Kami berharap ada proteksi dari pemerintah terhadap usaha warga dari cengkeraman pemodal besar. Karena itu kami berharap ada perda atau pergub yang mengatur pendirian pasar modern agar tidak membunuh warung kelontong yang dikelola warga,” tegas Fahmi, Selasa (14/11).

Fahmi juga menyikapi tentang bonus demografi yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Timur,yakni 70 persen penduduk Jawa Timur pada tahun depan adalah kategori usia produktif. Potensi ini merupakan keuntungan yang harus dikelola oleh pemerintah secara baik, agar bisa mendongkrak pembangunan di provinsi paling Timur di Pulau Jawa tersebut.

Sebaliknya, kalau Pemprov Jatim tidak mampu atau gagal mengelola bonus demografi tersebut. Maka bisa menjadi bom waktu yang berbalik menjadi bencana bagi Jawa Timur. Pasalnya, bila anak muda usia produktif itu tidak bekerja atau menganggur, kondisi itu akan menjadi kerawanan sosial yang bermuara pada tindak kriminalitas.

“Bonus demografi ini ibarat dua sisi mata pisau, bila bisa dikelola akan berdampak positif bagi Jawa Timur. Bila tidak, maka akan berpotensi pada kerawanan sosial dan menambah angka kemiskinan,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Fraksi NasDem-Hanura DPRD Jatim, Mochamad Eksan yang menemui delegasi mahasiswa itu menyambut positif inisiatif para mahasiswa tersebut menyampaikan aspirasi mereka ke parlemen. Menurut politisi NasDem ini, mahasiswa adalah kelompok intelektual yang menjadi ujung tombak kemajuan bangsa.

Karena itu, pihaknya akan menindaklanjuti sejumlah aspirasi yang disampaikan para mahasiswa tersebut. Tentunya, hal itu sesuai kapasitas pihaknya sebagai anggota parlemen yang mempunyai tiga fungsi yaitu, pengawasan, legislasi dau penganggaran.

“Aspirasi para mahasiswa itu semuanya positif, kami akan tindaklanjuti aspirasi tersebut. Untuk perlindungan terhadap pasar tradisional sebenarnya sudah ada perdanya, tinggal didorong lagi penegakkannya. Soal bonus demografi, saya kira juga sudah menjadi perhatian Pakde Karwo selaku Gubernur Jawa Timur,” pungkas anggota Komisi E DPRD Jatim ini. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Aktivis ISMEI Se-Jatim Curhat ke Eksan
Aktivis ISMEI Se-Jatim Curhat ke Eksan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirUNyjFZ78iJmB6SLjmNyz3D5HoGezabdawS2TYebxILkm8_Iw49R1W4WWeMLE44N_91HoUnoEG7fBtfCG0aGzH_gVgbDluyMmnkRnMMIHwTEXsQu1q7Pnws36VCV2VEWucDlBaBoXtJs/s1600/ismei_jatim.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirUNyjFZ78iJmB6SLjmNyz3D5HoGezabdawS2TYebxILkm8_Iw49R1W4WWeMLE44N_91HoUnoEG7fBtfCG0aGzH_gVgbDluyMmnkRnMMIHwTEXsQu1q7Pnws36VCV2VEWucDlBaBoXtJs/s72-c/ismei_jatim.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2017/11/aktivis-ismei-se-jatim-curhat-ke-eksan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2017/11/aktivis-ismei-se-jatim-curhat-ke-eksan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy