Budi Pekerti Perlu Ditanamkan di Sekolah

PARLEMEN JATIM-Dunia pendidikan di Jawa Timur diselimuti keprihatinan belakangan ini. Tiga peristiwa kekerasan yang terjadi di lingkungan...

PARLEMEN JATIM-Dunia pendidikan di Jawa Timur diselimuti keprihatinan belakangan ini. Tiga peristiwa kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah menjadi fakta masih banyak yang harus dibenahi dalam proses pendidikan di Jatim. Kondisi ini menjadi perhatian serius Suli Da’im, anggota DPRD Jatim.

Suli mengaku prihatin dengan peristiwa pelecehan seksual guru kepada siswa yang terjadi di sebuah sekolah negeri di Jombang dan Situbondo hingga terbaru di Surabaya. Peristiwa itu seolah melengkapi potret buram pendidikan di jatim, pasca tewasnya guru Budi setelah dianiaya siswa didiknya. Rentetan peristiwa itu menurut politisi PAN itu membuktikan pentingnya revolusi mental diamalkan, termasuk di lingkungan sekolah.

“Saya kira revolusi mental memang menjadi penting untuk membentuk karakter siswa dan juga guru. Saat ini ajaran budi pekerti perlu ditanamkan di lingkungan sekolah, sehingga antara siswa dan guru bisa saling menghormati,” ujar politisi berlatar pendidik ini, Jumat (23/2).

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim yang membidangi urusan kesejahteraan rakyat (Kesra) mengusulkan perlunya diajarkan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dan Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB). Sebab di dalam pelajaran PMP terkadung ajaran moralitas dan budi pekerti. Sementara di dalam pelajaran PSPB terkadung ajaran tentang nasionalisme dan bela negara.

Menurut anggota Fraksi PAN di DPRD Jatim ini, dua pelajaran tersebut mengandung nilai-nilai ajaran positif yang bisa ditanamkan kepada siswa didik. Karena itu, dua pelajaran itu perlu kembali dijarakan di lingkungan sekolah. Sebab, belakangan terkesan sekolah hanya sebagai sarana mengajar minus mendidik.

“Tanpa pelajaran PMP dan PSPB dunia pendidikan kita kehilangan benang merah dan sarana untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti. Karena itu perlu diajarkan kembali di sekolah,” tutur mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Jatim itu.

Suli Da’im tak hanya menyinggung para siswa didik yang belakangan mulai lebih agresif di sekolah. Ia juga menilai para pendidik, baik itu guru maupun kepala sekolah juga harus berbenah. Dua peristiwa pelecehan seksual yang dilakukan guru di sekolah yang terjadi di Jombang dan Situbondo menjadi sinyal kuning perlunya penmgawasan dilakukan terhadap pendidik. Disamping orangtua juga harus lebih peka dan berkomunikasi secara intensif dengan anak.

Karena itu, Suli mengusulkan dalam jangka waktu tertentu para pendidik perlu mengikuti penataran seperti P4 di masa orde baru. Hal itu untuk meningkatkan kualitas dan melihat kondisi psikologis pendidik, disamping juga menjadi sarana untuk mengurangi kepenatan mengajar di ruangan kelas.

“Sebagai manusia biasa, sangat manusiawi kalau para pendidik merasa jenuh. Karena itu pelu ada sarana, untuk merefresh otak mereka. Sekaligus melihat secara berkala kondisi psikologis guru. Agar bila ada gejala gangguan psikologis bisa dideteksi secara dini,” pungkas Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jatim tersebut.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Budi Pekerti Perlu Ditanamkan di Sekolah
Budi Pekerti Perlu Ditanamkan di Sekolah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhOzOn70GiFIU30md8ud_lqZI9IHKlcYDfFWGv8PQ7byMqX1kC1wHqHUL9CZLPNXF9AMrdUW698f_F9ufOMiu4pmvma_rl_YyNXH6JN9XXHQRJUPwGIjQua_xLQAyFABtPDCPYnaAAtC8/s320/suli_daim.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhOzOn70GiFIU30md8ud_lqZI9IHKlcYDfFWGv8PQ7byMqX1kC1wHqHUL9CZLPNXF9AMrdUW698f_F9ufOMiu4pmvma_rl_YyNXH6JN9XXHQRJUPwGIjQua_xLQAyFABtPDCPYnaAAtC8/s72-c/suli_daim.JPG
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/02/budi-pekerti-perlu-ditanamkan-di-sekolah.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/02/budi-pekerti-perlu-ditanamkan-di-sekolah.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy