Dorong Pembangunan Infrastruktur di Jatim Selatan

PARLEMEN JATIM-Wilayah Jawa Timur bagian Selatan selama ini tertinggal dibandingkan Jawa Timur di bagian Utara. Banyak faktor yang menyeb...

PARLEMEN JATIM-Wilayah Jawa Timur bagian Selatan selama ini tertinggal dibandingkan Jawa Timur di bagian Utara. Banyak faktor yang menyebabkan Jatim Selatan dari Utara, salah satunya kondisi geografis yang berbukit-bukit, sehingga membuat akses jalan ke sana relatif sulit. Kalaupun bisa, hanya mengandalkan jalur darat yang kondisi jalannya berkelok-kelok hingga membutuhkan waktu tempuh yang lama.

Kondisi tersebut mendapat perhatian dari anggota DPRD Jawa Timur, Sri Subianti. Sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Jatim VII yang meliputi Kabupaten Ngawi, Trenggalek , Magetan, Ponorogo dan Pacitan itu paham faktor kondisi alam yang ektrem di wilayah Jatim Selatan tersebut. Karena itu, ia mendorong peningkatan infrastruktur di wilayah dapilnya itu.

“Hanya infrastruktur yang bisa membuka akses antara daerah satu dengan yang lain. Bila antar daerah sudah saling terhubung, maka secara otomatis perekonomian di daerah itu akan tumbuh. Karena itu, saya mendorong Pemprov dan Pemerintah Pusat untuk memberi perhatian khusus pada wilayah Jatim bagian Selatan,” tutur politisi yang akrab disapa Bu Anti itu, Jumat (23/2).

Anggota DPRD Jatim yang sudah dua kali terpilih dari dapil VII ini menambahkan, sejatinya wilayah di Jatim bagian Selatan punya potensi kekayaan alam yang bisa dikembangkan sebagai industri wisata. Hanya saja karena terkendala akses transportasi membuat wilayah di sana seperti terisolir. Padahal, kalau keindahan alam di sana bisa dikelola akan mendatangkan pendapatan asli adaerah (PAD) bagi pemkab setempat.

Selain itu, juga akan berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata. Mulai usaha rumah makan, penginapan sampai jasa parkir bisa mendatangkan keuntungan bagi masyarakat. Para pemuda pun bisa diberdayakan sehingga mengurangi angka pengangguran.

“Pacitan menjadi contoh daerah tertinggal, padahal potensi alamnya sangat luar biasa, mulai wisata pantai, goa, hingga wisata purbakala ada di sana. Masalhnya hanya satu, akses transportasi yang sangat terbatas,” beber bendahara  Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim ini.

Subianti melanjutkan, adanya anggaran Dana Desa dari pemerintah pusat dan alokasi dana desa yang berasal dari pemkab bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan infrastruktur, baik jalan maupun jembatan. Dengan begitu antara desa satu dengan yang lain saling terintegrasi. Demikian pula antar desa dengan kecamatan juga saling terhubung.

Karena itu,  menurut anggota Komisi C DPRD Jatim ini, pendampingan dalam penggunaan dan perencanaan dana desa perlu dilakukan agar hasilnya maksimal dan tepat sasaran. Karena hakekatnya adanya Dana Desa sebagai komitmen pemerintah pusat untuk membangun desa.

“Saya kira Dana Desa itu bisa menjadi solusi bagi pembangunan infrastruktur di desa. Dengan adanya pembangunan infrastruktur di desa, maka roda perekonomian masyarakat ikut berputar,” ujar perempuan berhijab tersebut.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,680,Interupsi,270,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Dorong Pembangunan Infrastruktur di Jatim Selatan
Dorong Pembangunan Infrastruktur di Jatim Selatan
https://4.bp.blogspot.com/-zs2iM9DfDL0/WpvzAi2nxXI/AAAAAAAACPg/s-rbi-SVjlM3_FMqzVdYTnDTviLQYZW0QCLcBGAs/s320/subiati_fpd.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-zs2iM9DfDL0/WpvzAi2nxXI/AAAAAAAACPg/s-rbi-SVjlM3_FMqzVdYTnDTviLQYZW0QCLcBGAs/s72-c/subiati_fpd.JPG
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/02/dorong-pembangunan-infrastruktur-di.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/02/dorong-pembangunan-infrastruktur-di.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy