Kebhinekaan Sebagai Pemersatu Republik

Anggota MPR RI Andreas Eddy Susetyo, saat Sosialisasi Empat Pilar di Kota Malang  PARLEMEN JATIM-Keragaman budaya atau “cultural divers...

Anggota MPR RI Andreas Eddy Susetyo, saat Sosialisasi Empat Pilar di Kota Malang 
PARLEMEN JATIM-Keragaman budaya atau “cultural diversity” adalah kepercayaan yang ada di bumi Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok sukubangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok suku bangsa yang ada didaerah tersebut. Dengan jumlah penduduk 200 juta orang dimana mereka tinggal tersebar dipulau- pulau di Indonesia.

Karena itu, tanpa adanya ikatan Bhineka Tunggal Ika, adalah keniscayaan Republik ini tetap bisa berdiri dan bersatu di atas segala perbedaan. Pernyataan itu disampaikan Anggota MPR RI, Andreas Eddy Susetyo dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di pelataran Santo Yohanes Pemandi, Kota Malang.

“Kita bersyukur para leluhur kita telah mengajarkan semboyan Bhineka Tunggal Ika jauh sebeluh republik ini berdiri, sehingga kita terbiasa hidup dalam perbedaan. Sebab perbedaan itu sesungguhnya adalah kekayaan keberagaman,” tutur anggota parlemen asal daerah pemilihan Malang Raya ini, (6/2/2018).

Andreas Eddy melanjutkan, di Kota Malang sendiri kebhinekaan sangat kental. Dengan jumlah penduduk sesuai Data Pusat Statistik sebanyak 2.544.315 jiwa (tahun 2015) yang tersebar di 33 kecamatan, 378 Desa, 12 Kelurahan. Hal ini didukung dengan luas wilayahnya 3.534,86 km² atau sama dengan 353.486 ha. Dengan tingkat pertumbuhan 3,9% per tahun.

Sebagian besar penduduk Kota Malang adalah suku Jawa, serta sejumlah suku-suku minoritas seperti Madura, Arab, dan Tionghoa. Agama mayoritas adalah Islam, diikuti dengan Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu.

“Bisa dibilang, Kota Malang ini miniatur Indonesia. Penduduknya beragam dengan agama dan sukubangsan yang berbeda. Terlebih, di Kota Malang ini banyak perguruan tinggi yang dijadikan jujukan menuntut ilmu bagi pemuda-pemudi yang ada di luar Malang, bahkan di luar Jawa Timur,” urai politisi PDI Perjuangan ini.

Andreas menambahkan, Kota Malang juga menjadi pusat pendidikan keagamaan dengan banyaknya Pesantren, yang terkenal ialah Ponpes Al Hikam pimpinan almarhum KH. Hasyim Muzadi, dan juga adanya pusat pendidikan Kristen berupa Seminari Alkitab yang sudah terkenal di seluruh Nusantara, salah satunya adalah Seminari Alkitab Asia Tenggara.

Oleh sebab itu perbedaan yang ada, wajib diingat setiap saat, dimana saja, secara benar bahwa diversity adalah kekayaan, pluralistic menjadi simbol kemajemukan bangsa.

“Mari kita jadikan bhineka tunggal ika sebagai pemersatu, berbeda-beda namun tetap satu jua. Menjadi semangat untuk menjunjung tinggi keragaman demi kesatuan bangsa,” pungkas Andreas Eddy. 

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,7,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,14,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,567,Interupsi,209,Komisi A,17,Komisi B,27,Komisi C,22,Komisi D,18,Komisi E,68,Opini,19,Parlementaria,42,Pilgub,178,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Kebhinekaan Sebagai Pemersatu Republik
Kebhinekaan Sebagai Pemersatu Republik
https://4.bp.blogspot.com/-RkyG5dvmuYY/WnrikgqukpI/AAAAAAAACGY/dp5je0O3P70ssfsEoicsk7ajCi5TTVi4gCLcBGAs/s320/andreas_eddy_susetyo.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-RkyG5dvmuYY/WnrikgqukpI/AAAAAAAACGY/dp5je0O3P70ssfsEoicsk7ajCi5TTVi4gCLcBGAs/s72-c/andreas_eddy_susetyo.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/02/kebhinekaan-sebagai-pemersatu-republik.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/02/kebhinekaan-sebagai-pemersatu-republik.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy