Mas Udin Dorong Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Wisata

PARLEMEN JATIM-Potensi alam di Jawa Timur yang luar biasa mencuri perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dengan dengan benta...

PARLEMEN JATIM-Potensi alam di Jawa Timur yang luar biasa mencuri perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dengan dengan bentangan gunung dan bukit serta pantai yang memanjang, Jawa Timur bak zamrud khatulistiwa yang indah untuk dinikmati.  Sayangnya, potensi itu belum dikelola menjadi industri wisata.

Kondisi tersebut menjadi perhatian Chusainuddin, Anggota DPRD Jatim asal daerah pemilihan Jatim VI yang terdiri dari Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri serta Kabupaten Tulungagung. Politisi PKB ini mendorong pemerintah pusat, provinsi maupun daerah agar mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata di daerah.

“Ekonomi kreatif dan sektor wisata merupakan dua hal yang saling berpengaruh dan dapat saling bersinergi jika dikelola dengan baik. Tentunya akan menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) dan menumbuhkan ekonomi masyarakat,” tutur pria yang akrab disapa Mas Udin tersebut, Jumat (16/2).

Menurut anggota Komisi B yang membidangi perekonomian, di wilayah dapil VI rata-rata memiliki keindahan alam yang luar biasa. Ia mencontohkan pantai Popoh dan Lereng Bukit Marmer di Tulungagung. Kedua destinasi wisata itu merupakan obyek wisata unggulan. Namun belum terkoneksi dan terkoordinir dengan baik.

Politisi asli Tulungagung ini menilai, selama ini pariwisata di Jawa Timur baru sekedar menjual keindahan alam dan budaya serta seni lokal. Karena itu, harus dimulai merangsang masyarakat maupun seniman untuk membuat produk-produk inovatif khas yang memberi nilai tambah dan daya saing tinggi.

“Produk ini nantinya tidak sekedar menjadi souvenir yang bisa di jual kepada wisatawan. Tapi lebih dari itu, akan menjadi ikon dari tempat wisata maupun daerah tersebut. Tentunya perlu dukungan dari pemerintah setempat,” tandas Wakil Sekretaris Fraksi PKB DPRD Jatim ini.

Ajudan Menteri Tenaga Kerja era Muaimin Iskandar ini mengungkapkan, koneksitas antar destinasi wisata juga perlu dibangun agar pengelolaannya lebi maksimal. Karena itu, ia berharap dibangun kawasan wisata terpadu yang bisa menunjang seperti Bromo, Tengger dan Semeru (BTS).

Bendahara DPW PKB Jatim ini mengapresiasi inisiatif pemerintah pusat mengeluarkan Kepres tentang kawasan wisata Bromo Tengger Semeru (BTS). Dengan begitu, waktu wisata para wisatawan akan lebih panjang dan merata di tiga destinasi wisata yang berdekatan tersebut. Ini tentunya akan mendatangkan keuntungan bagi pengelola penginapan, hotel maupun rumah makan.

“Adanya kawasan wisata sudah tepat, sudah saatnya pariwisata di Jatim dikelola secara profesional dan terintegrasi. Hanya saja, masih ada kukurangan di sektor infrastruktur yang belum maksimal. Saya berharap pemerintah dengan dana APBN bisa membangun infrastruktur menuju kawasan wisata,” imbau Mas Udin.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Mas Udin Dorong Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Wisata
Mas Udin Dorong Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Wisata
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEin7BeYD7wnYCcQYMU4mqPppaJOw9bN6QXYGDIpTbExOf-7R2WHvuF1QglXt3REvE0piaxA-MfjhgxttxXfzkaWrMGYJcEHD_2Dj4kluSmA8RQSOxnhiK5i3G-yct3iF0g8WhSe6QUQp_Y/s320/mas_udin_pkb.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEin7BeYD7wnYCcQYMU4mqPppaJOw9bN6QXYGDIpTbExOf-7R2WHvuF1QglXt3REvE0piaxA-MfjhgxttxXfzkaWrMGYJcEHD_2Dj4kluSmA8RQSOxnhiK5i3G-yct3iF0g8WhSe6QUQp_Y/s72-c/mas_udin_pkb.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/02/mas-udin-dorong-ekonomi-kreatif-dan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/02/mas-udin-dorong-ekonomi-kreatif-dan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy