Ikan Patin Jatim Tembus Pasar Eropa

PARLEMEN JATIM-Pasar ikan Patin di Jawa Timur dalam beberapa tahun terakhir cukupmenggembirakan. Pemprov Jatim menyebut ikan air tawar in...

PARLEMEN JATIM-Pasar ikan Patin di Jawa Timur dalam beberapa tahun terakhir cukupmenggembirakan. Pemprov Jatim menyebut ikan air tawar ini banyak diminati di Eropa. Bahkan ikan Pati ini juga akan menjadi menu bagi jamaah Haji dari Indonesia mulai tahun ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Jatim Heru Tjahjono mengatakan, pemprov saat ini tengah berusaha meningkatkan produksi ikan Patin. Melihat potensi permintaan pasar yang lumayan besar. Pasalnya untuk kualitas, tak kalah dengan ikan Dori yang biasa disajikan di restoran. 

"Ikan patin saat ini banjir permintaan. Karena ini ikan lokal yang sama dengan ikan dori," ujar Heru, Jumat (20/4). 

Berdasarkan data yang ada, produksi ikan patin saat ini sudah meningkat. Pada 2017 saja yang dihasilkan telah melebihi target. Dari 6.180 ton, realisasinya mencapai 7.563 ton. Sebanyak 154 ton diantaranya diekspor. Negara Eropa menjadi tujuan utama pengiriman ikan patin. "Kebetulan Vietnam di banned, sehingga kita bisa masuk ke Eropa," tegasnya.

Ikan patin yang diekspor ini, lanjutnya, sudah melewati pengujian standard kelayakan pengolahan dan telah melalui kualiti kontrol. Begitu juga dengan pengepakannya, ikan patin ini di fillet. Pemprov pun mendorong dengan memberikan bantuan dan penambahan kapasitas serta lahan baru usaha fillet patin. Dengan begitu, Heru menargetkan produksinya bisa mencapai 10 ribu ton tahun 2018.

"Ini merupakan program hulu hilir pak gubernur. Mulai dari perhatian pada pembudidaya, sampai ke packagingnya. Yakni dengan fillet patin," urainya saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara ini, masih menurut Heru, ada beberapa wilayah di Jatim sudah mulai produksi patin. Dari 38 kabupaten/kota terbanyak masih dari Tulungagung. Produksi di kabupaten ini bisa memenuhi kebutuhan 50 ton perhari.

 "Kami terus berupaya meningkatkan kualitas ikan dengan cara memberikan penyuluhan terhadap cara budidaya yang baik," beber mantan Bupati Tulungagung dua periode itu.

Selain ikan patin, Haru menyebutkan, yang lagi difokuskan juga adalah ikan lele. Kandungan nutrisi ikan ini sangat dianjurkan bagi pertumbuhan anak. Hanya saja tinggal sekarang mengubah persepsi kotor pada ikan lele. 

"Ikan lele di Jatim itu masuk yang terbaik. Setelah melewati verifikasi. Tinggal sekarang persepsinya yang diubah. Kami lakukan visible terus terhadap para pembudidaya," tandasnya. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,7,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,14,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,567,Interupsi,209,Komisi A,17,Komisi B,27,Komisi C,22,Komisi D,18,Komisi E,68,Opini,19,Parlementaria,42,Pilgub,178,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Ikan Patin Jatim Tembus Pasar Eropa
Ikan Patin Jatim Tembus Pasar Eropa
https://3.bp.blogspot.com/-TvuDQyg_YKQ/WtvCX_FNEPI/AAAAAAAACuk/5hwGMABtWLkVUoCktF67yfhOtAcIxAAUgCLcBGAs/s320/heru-tjahjono.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-TvuDQyg_YKQ/WtvCX_FNEPI/AAAAAAAACuk/5hwGMABtWLkVUoCktF67yfhOtAcIxAAUgCLcBGAs/s72-c/heru-tjahjono.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/04/ikan-patin-jatim-tembus-pasar-eropa.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/04/ikan-patin-jatim-tembus-pasar-eropa.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy