Komisi B Dorong Disbudpar Kembangkan Potensi Situs Sejarah di Jatim

PARLEMEN JATIM-Jawa Timur merupakan  provinsi yang kaya akan nilai sejarah, mulai  masa berdirinya kerajaan nusantara hingga masa pra kem...

PARLEMEN JATIM-Jawa Timur merupakan  provinsi yang kaya akan nilai sejarah, mulai  masa berdirinya kerajaan nusantara hingga masa pra kemerdekaan dan berdirinya Republik Indonesia . Hal itu terbukti dengan banyaknya jejak sejarah berupa situs sejarah yang terdapat di wilayah Jawa Timur. Namun sebagian besar belum mendapat perhatian dari pemerintah, sebagian kecil lainnya dirawat atas inisitif keluarga maupun ahli waris.

Afwan Maksum, anggota Komisi B DPRD Jatim menilai, situs-situs sejarah yang tersebar di wilayah Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa, terutama wisata sejarah. Karena itu, pihaknya mendorong pemerintah provinsi dalam hal ini Dnas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) agar mengembangkan potensi situs sejarah menjadi obyek wisata sejarah.

“Jawa Timur ini provinsi yang kaya akan sejarah, lihat saja situs sejarah banyak terdapat di Jatim. Mulai situs jaman kerajaan Majapahit, hingga situs Bung Karno bisa ditemukan. Sayang banyak yang tidak terawat, padahal punya nilai sejarah tinggi,” ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim itu, Selasa (17/4/2018).

Afwan mengungkapkan, sejatinya situs sejarah itu bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) bila dikembangkan dan dikelola oleh pemerintah provinsi atau pemda setempat. Hal itu tentu dibawah koordinasi Disbudpar sebagai dinas teknis.  Ia menyontohkan, di luar negeri museum dan situs sejarah menjadi salah satu destinasi wisata pilihan.

Karena itu, sudah saatnya Disbudpar mulai menginventarisir situs sejarah yang ada di Jawa Timur, untuk kemudian dikembangkan menjadi wisata sejarah yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Tentunya fasilitas pendukung juga harus di bangun untuk menunjang berkembangnya obyek wisata sejarah. Bila perlu melibatkan pihak ketiga atau swasta.

“Saya yakin kalau situs sejarah dikembangkan menjadi obyek wisata sejarah, maka wisatawan akan datang. Bahkan para pelajar dan mahasiswa juga belajar dan melakukan penelitian. Dari penjualan tiket masuk, tentunya menjadi PAD,” tutur sarjana ekonomi lulusan Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta itu.

Anggota Dewan asal daerah pemilihan Tuban dan Bojonegoro ini  menjelaskan, situs sejarah bila dikembangkan menjadi obyek wisata sejarah juga akan berdampak ekonomis bagi masyarakat sekitar. Perekonomian masyarakat di sekitar obyek wisata sejarah itu akan tumbuh dan berkembang sejalan dengan kehadiran pengunjung atau wisatawan.

Para pemuda juga bisa diberdayakan dengan menjadi pemandu wisata atau guide bagi wisatawan. Tentunya mereka sebelumnya mendapatkan pelatihan dari Disbudpar setempat. Sebagian pemuda lainnya, bisa menjadi pengelola parkir bagi kendaraan wisatawan dan petugas keamanan. Dengan begitu angka pengguran juga bisa berkurang.

“Nantinya desa yang ada di wilayah obyek wisata bisa menjadi desa wisata. Kondisi itu akan membawa dampak ekonomis bagi masyarakat sekitar. Mulai kerajinan tangan hingga usaha kuliner sampai penginapan bisa dikembangkan dengan melibat warga setempat,” imbuh salah satu penggerak aksi reformasi 1998 itu. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,8,BANGGAR,2,BAPERDA,7,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,6,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,2,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,13,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,2,Headline,566,Interupsi,209,Komisi A,17,Komisi B,27,Komisi C,22,Komisi D,18,Komisi E,68,Opini,19,Parlementaria,42,Pilgub,178,Profil,12,Video Parlemen Jatim,1,
ltr
item
Parlemen Jatim: Komisi B Dorong Disbudpar Kembangkan Potensi Situs Sejarah di Jatim
Komisi B Dorong Disbudpar Kembangkan Potensi Situs Sejarah di Jatim
https://4.bp.blogspot.com/-znt0LUr7Sl4/WtWKF936QII/AAAAAAAACoc/Jd4efvgmFikSLk9faR-oVKxpqhgXPDP0gCLcBGAs/s320/afwan-maksum-tuban.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-znt0LUr7Sl4/WtWKF936QII/AAAAAAAACoc/Jd4efvgmFikSLk9faR-oVKxpqhgXPDP0gCLcBGAs/s72-c/afwan-maksum-tuban.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/04/komisi-b-dorong-disbudpar-kembangkan.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/04/komisi-b-dorong-disbudpar-kembangkan.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy