Agung Mulyono Dorong Pembentukan BUMDes

PARLEMEN JATIM-Kesenjangan antara kota dengan desa masih sangat tinggi, termasuk di Jawa Timur. Karena itu perlu komitmen dan usaha untu...


PARLEMEN JATIM-Kesenjangan antara kota dengan desa masih sangat tinggi, termasuk di Jawa Timur. Karena itu perlu komitmen dan usaha untuk memprioritaskan pembangunan desa sebagaimana program Nawacita Presiden Joko Widodo. Salah satu programNawacita adalah membangun Indonesia melalui pinggiran, pedesaan dan wilayah perbatasan. Hal itu didukung dengan UU Desa yang mengatur tentang bantuan dana desa bagi pembangunan di pedesaan.

Agung Mulyono, anggota DPRD Jawa Timur dari daerah pemilihan Jatim III yang meliputi Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo memberi perhatian bagi pembangunan desa untuk pemerataan pembangunan. Terlebih daerah pemilihannya mayoritas adalah daerah pedesaan. Karena itu, Agung mendorong pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa.

“Saya mendorong pembentukan BUMDes di tiap desa, dengan begitu pemerintah desa bersama warga bisa mengelola secara maksimal potensi yang ada di desa. Tentu nanti keuntungannya untuk para warga desa juga,” tutur politisi yang akrab disapa Pak Dokter ini, Jumat (18/5).

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim ini membeberkan, saat ini adalah era desa membangun. Desa tak lagi bergantung pada Pemerintah Kabupaten, karena desa memiliki Dana Desa yang berasal dari alokasi anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN).  Selain juga masih mendapat bantuan Anggaran Dana Desa yang berasal dari alokasi APBD Kabupaten.

Agung menilai potensi yang ada di desa bisa dikembangkan secara maksimal lewat BUMDes. Tinggal bagaimana menentukan usaha apa yang akan dikelola, contohnya Bank Sampah atau Pabrik Tapioka, mengingat di daerah pemilihannya banyak terdapat tanaman singkong.

“Soal perencanaan bisa dibahas bersama, warga desa pasti paham potensi apa yang tepat untuk dikembangkan. Yang jelas BUMDes ini bisa menjadi wadah untuk mensejahterkan warga sekaligus membangun desa,” ujar pria asli Banyuwangi itu.

Selain BUMDes, Agung juga menyoroti tingginya angka kematian ibu melahirkan. Ini menjadi masalah krusial yang terjadi di lingkungan desa yang harus segera mendapat penanganan secara terpadu. Dirinya berharap Dinkes di Kabupaten bisa bekerjasama dengan pihak Puskesmas dan Bidan Desa untuk melakukan pemantauan dan pendampingan terhadap ibu hamil.

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) ini yakin, dengan adanya pendampingan yang dilakukan kader kesehatan atau kader posyandu kepada para ibu hamil. Maka kesehatan dan gizi ibu hamil beserta calon bayinya dapat dijaga. Dengan begitu bisa menekan angka kematian pada ibu melahirkan.

“Ujung tombaknya ada di kader kesehatan atau kader penggerak posyandu. Mereka lah yang melakukan pendampingan mulai masa kehamilan sampai pasca persalinan. Seluruh kegiatan dibawah pengawasan bidan desa dan puskesmas. Ini harus berjalan di tiap desa,” tegas Alumni HMI tersebut. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Agung Mulyono Dorong Pembentukan BUMDes
Agung Mulyono Dorong Pembentukan BUMDes
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQcm26TNQLNfdbVZPvGMC4IwXMQ1NaEdijsz-1eVbMnPllD-FZg7L_9LMQwN2IOtT4WeHqUUiscIwEGoyqrkY_tPGbrajtc34HJQ2AgncuA4PGxaOWMtJJGG8V-ha_BKC2nPZUsM1gIDY/s320/dokter_agung.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQcm26TNQLNfdbVZPvGMC4IwXMQ1NaEdijsz-1eVbMnPllD-FZg7L_9LMQwN2IOtT4WeHqUUiscIwEGoyqrkY_tPGbrajtc34HJQ2AgncuA4PGxaOWMtJJGG8V-ha_BKC2nPZUsM1gIDY/s72-c/dokter_agung.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/05/agung-mulyono-dorong-pembentukan-bumdes.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/05/agung-mulyono-dorong-pembentukan-bumdes.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy