Indonesia, Rumah Kita

20 tahun lalu, saya ikut turun ke jalan. Bersama-sama dengan elemen mahasiswa lain, ikut berdemonstrasi menuntut "Reformasi Indones...


20 tahun lalu, saya ikut turun ke jalan. Bersama-sama dengan elemen mahasiswa lain, ikut berdemonstrasi menuntut "Reformasi Indonesia" .

Ada enam agenda reformasi: adili Soeharto dan kroni-kroninya, laksanakan amandemen UUD 1945, hapus Dwifungsi ABRI, laksanakan otonomi daerah seluas-luasnya, ciptakan pemerintah yang bersih dari KKN, dan tegakkan supremasi hukum. 

Jujur, dari enam agenda tersebut, hanya satu agenda yang tak terlaksanakan: adili Soeharto dan kroni-kroninya. Sedangkan, lima agenda yang lain, ada yang sudah, sedang dan terus dilaksanakan. Khususnya, pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah yang bebas dan bersih dari KKN, serta proses penegakan supremasi hukum.

Tiga agenda reformasi yang terakhir, memang tak akan pernah tuntas dan habis-habisnya. Ini menyangkut amanah Reformasi Indonesia, yang dalam proses perjalanannya tak semudah membalik telapak tangan. Mengapa?

Pertama, bernegara, esensinya adalah menyelenggarakan pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Otonomi daerah adalah amanah bagi para penyelenggara pemerintah, untuk dilaksanakan seluas-luasnya, demi kemandirian dan kesejahteraan daerah. Sayangnya, pelaksanaan otonomi daerah ini mengalami pasang surut, banyak daerah yang masih bergantung pada pemerintah pusat. 

Kebijakan dan alokasi anggaran belum ada yang benar-benar mandiri, sehingga daerah belum dapat mengelola rumah tangga daerah sendiri, tanpa bergantung pada pemerintah pusat. Pusat berkuasa penuh mengendalikan pemerintah di berbagai level. Nilai, norma, standar dan prosedur penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat, ditentukan oleh pusat.

Kedua, berbangsa, esensinya adalah pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. Dengan demikian, kebijakan dan alokasi anggaran akan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Rakyat, adalah pemilik kekuasaan tertinggi, yang mendapatkan pelayanan yang terbaik dari pemerintah yang baik dan bersih. Kesejahteraan dan kemakmuran rakyat otomatis akan terwujud melalui rezim peraturan dan anggaran yang pro-rakyat.

Belanja publik sampai sekarang masih di bawah belanja pegawai. Semua anggaran, baik APBN, APBD Propinsi, APBD Kabupaten/Kota, maupun APBDes, masih belum ideal. Belanja publik masih belum menjadi arus utama. Anggaran sumberdaya manusia dan pembangunan infrastruktur masih jauh di bawah belanja pegawai.

Ketiga, bermasyarakat, esensinya adalah kesamaan di depan hukum dan pemerintah. Supremasi hukum akan menjamin penyelenggaraan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Tak ada warga kelas satu atau kelas dua. Semua sama, kendati memiliki ragam suku, agama, ras dan adat istiadat yang berbeda. Semua warga negara memiliki kesempatan yang sama dan ikut serta dalam pemerintahan, juga memperoleh hak-hak konstitusionalnya.

Ketimpangan antar wilayah dan penduduk, kesenjangan sosial dan perlakuan tidak adil, masih dirasa oleh mayoritas penduduk. Negara masih belum hadir dalam memberikan perlindungan, kecerdasan dan kesejahteraan umum. Banyak warga belum merasa aman dan nyaman hidup di negeri ini. Proses penegakan hukum belum menghadiahkan negeri yang paling layak dihuni di dunia.

Namun di balik itu semua, kita bersyukur, Reformasi Indonesia telah menghadirkan atmosfir kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bebas. Negara menjamin kebebasan berpendapat dan berserikat. Dan negara juga menjamin kebebasan pers. Selain, negara menjamin kebebasan beragama dan melaksanakan ajaran agama sesuai dengan agamanya masing-masing.

Negara sudah seperti ini, namun masih ada sebagian kecil warga bangsa, yang menyalahgunakan kebebasan untuk untuk merusak kebebasan itu sendiri. Warga bangsa yang memilih jalur inkonstitusional untuk memperjuangkan ideologi dan aspirasinya. Padahal, negara sudah menyediakan jalur konstitusional untuk memperjuangkan ideologi dan aspirasinya masing-masing.

Indonesia, rumah kita. Rumah tempat kita dilahirkan. Rumah tempat kita dibesarkan. Rumah tempat kita mendapatkan kasih sayang. Rumah tempat kita berteduh dari terik matahari dan air hujan. Rumah tempat kita beranak pinak. Rumah tempat kita menjalani hidup. Rumah tempat kita membangun obsesi. Rumah tempat kembali keharibaanNya.

Seluruh warga bangsa adalah saudara kita. Ibu pertiwi yang menyatukan kita dalam rumah Indonesia. Bukan salah ibu mengandung, bukan salah kita yang lahir. Kita ditaqdir bertahan air, berbangsa dan berbahasa yang satu, Indonesia. Sudah sewajarnya, antar saudara, saling menjaga dan saling melindungi sama satu lain. Indonesia amanah ibu pertiwi. Barangtentu, untuk dikembangkan bukan untuk dihancurkan.


*Moch Eksan, Pendiri Eksan Institute, dan Anggota Komisi E DPRD Propinsi Jawa Timur.

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,4,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,680,Interupsi,270,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,28,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,55,Pilgub,178,Profil,16,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Indonesia, Rumah Kita
Indonesia, Rumah Kita
https://2.bp.blogspot.com/-yyXdcWZuRzg/WwJa3jU2RnI/AAAAAAAADQc/DmQ8v2ju33gRqTMPkPJH3cBqGh8ljlJfgCLcBGAs/s320/moch-eksan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-yyXdcWZuRzg/WwJa3jU2RnI/AAAAAAAADQc/DmQ8v2ju33gRqTMPkPJH3cBqGh8ljlJfgCLcBGAs/s72-c/moch-eksan.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/05/indonesia-rumah-kita.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/05/indonesia-rumah-kita.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy