Ada Khofifah Effect di Pilkada Jatim

PARLEMEN JATIM-Lima kader Muslimat NU berhasil memenangkan pertarungan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018. Kelima kader Muslima...


PARLEMEN JATIM-Lima kader Muslimat NU berhasil memenangkan pertarungan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018. Kelima kader Muslimat yang berhasil memenangkan pertarungan itu adalah adalah Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa yang terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur 2019-2024.

Kemenangan Khofifah di Pilgub Jatim  diikuti kader Muslimat yang bertarung di Pilkada Kabupaten/Kota di Jatim. Dintaranya,  Walikota terpilih Mojokerto Ika Puspitasari yang merupakan ketua bidang sosial PC Muslimat NU Kabupaten Mojokerto. Mundjidah Wahab ketua PC Muslimat NU Jombang, bupati terpilih jombang. Ana Muawanah sekretaris IV PP Muslimat NU bupati terpilih Bojonegoro dan Lilik muhibah ketua PC Muslimat Kota Kediri yang terpilih menjadi wakil walikota Kediri. 

Menanggapi fenomena tersebut, pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura,  Mochtar W. Oetomo menilai terpilihnya kader Muslimat di beberapa Pilkada 2018 merupakan imbas dari adanya Khofifah Effect yang bertarung di Pilgub Jatim  2018.

"Kejayaan muslimat di pilkada serentak 2018 ini tentu tdk lepas dari adanya Khofifah effect yang sang ketua PP muslimat yang maju dalam konstestasi pilgub jatim utk yang ketiga kalinya," katanya pada Selasa (10/7).

Dia mengatakan, kegigihan dan gaya politik santun yang ditunjukkan Khofifah 
menjadi semangat dan inspirasi para kader untuk berjuang memenangkan Pilkada. Mereka pun percaya diri untuk bertarung merebut kemenangan. 

"Khofifah telah menberikan inspirasi pada banyak kader muslimat untuk percaya diri, tidak kenal menyerah meski sudah dua kali kalah," tambahnya. 

Mochtar menambahkan, Khofifah effect ini telah melahirkan soliditas yang luar biasa di kalangan muslimat untuk memberikan suaranya di Pilgub Jatim dan di daerah yang ada kader muslimat maju Pilgub dan Pilwali. 

"Mobilisasi hingga ke daerah dan akar rumput dengan sendirinya berlaku secara alamiah, solid dan utuh di kalangan muslimat. demi membuktikan bahwa kekuatan muslimat itu solid, kokoh dan utuh yang harus dipertimbangkan oleh kekuatan politik manapun," tambahnya. 

Mochtar menambahkan, soliditas dan kekuatan kader Muslimat sendiri mengalahkan kekuatan mesin partai. Sehingga, bisa sukarela memenangkan kadernya yang ikut bertarung di Pilkada serentak 2018.

"Fenomena Khofifah Effect ini telah membuktikan bahwa kedepan Muslimat bukan hanya akan menjadi entitas ormas yang menentukan tapi juga entitas politik yang layak diperhitungkan. soliditas politik muslimat telah terbukti mampu mengakahkan soliditas mesin partai atau entitas politik lainnya," tambahnya. 

Mochtar memprediksi, dengan kekuatan Muslimat yang sudah teruji loyal, maka organisasi itu akan menjadi rebutan parpol menjelang Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2109.

"Dengan fenomena di Jatim ini sudah pasti kedepan muslimat akan menjelma menjadi entitas politik yang akan diperebutkan oleh setiap kekuatan politik. Dalam konteks pileg 2019 kedepan akan menjadi rebutan parpol. dan untuk pilpres akan menjadi rebutan kandidat dan timses, juga pada gelaran pilkada serentak di Jatim pada 2020 nanti," pungkasnya. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,15,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,4,F-PG,3,F-PKB,4,F-PKS,18,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,656,Interupsi,255,Komisi A,18,Komisi B,33,Komisi C,27,Komisi D,19,Komisi E,73,Opini,21,Parlementaria,52,Pilgub,178,Profil,14,Video Parlemen Jatim,4,
ltr
item
Parlemen Jatim: Ada Khofifah Effect di Pilkada Jatim
Ada Khofifah Effect di Pilkada Jatim
https://3.bp.blogspot.com/-Sy34mpgkOFo/W0hANCvkS-I/AAAAAAAADec/xqR-yXsgSKsGknbJK23Wu_nAL0-g_3cTwCLcBGAs/s320/mochtar-oetomo.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Sy34mpgkOFo/W0hANCvkS-I/AAAAAAAADec/xqR-yXsgSKsGknbJK23Wu_nAL0-g_3cTwCLcBGAs/s72-c/mochtar-oetomo.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/07/ada-khofifah-effect-di-pilkada-jatim.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/07/ada-khofifah-effect-di-pilkada-jatim.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy