Eksan Tolak Larangan Guru Beri PR ke Siswa

PARLEMEN JATIM-Instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang melarang guru memberikan pekerjaan rumah (P...


PARLEMEN JATIM-Instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang melarang guru memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa didik menuai pro dan kontra di masyarakat. Termasuk anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Mochamad Eksan. Eksan dengan tegas menolak larangan guru memberikan PR kepada siswa.

Menurut anggota Fraksi NasDem-Hanura itu, pendekatan Kurikulum 2013 yang diterapkan saat ini memang menekankan pada membangun karakter siswa. Namun bukan berarti, tujuan itu menjadi alasan untuk melarang PR bagi siswa. Karena sejatinya, adanya PR menjadi pemicu siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah didapati di sekolah. Sehingga siswa didik lebih menguasai materi pelajaran.

“Saya termasuk orang yang tidak setuju kalau guru dilarang memberikan PR kepada siswa didik. Justru PR itu bagus, agar siswa lebih terlatih dan menguasai materi pendidikan,” tutur Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Jember itu, Minggu (28/7).

Eksan mengaku dirinya bukan tanpa alasan menolak instruksi Mendikbud tersebut, pasalnya prestasi akademis siswa didik belakangan terus menurun. Fakta itu bisa dilihat dari hasil Ujian Nasional Berbasik Komputer (UNBK) 2018. Bila berkaca dari UNBK lalu, hanya ada sekitar 15 persen siswa didik yang bisa mengerjakan soal lebih dari 56 persen. Sisanya, mayoritas hanya bisa mengerjakan soal dibawah 50 persen.

Fakta itu menjadi acuan kalau siswa didik kurang menguasai materi pelajaran yang selama ini diajarkan guru di sekolah. Padahal, sejatinya soal-soal yang ada pada UNBK adalah materi yang selama ini diajarkan oleh guru di sekolah. Karena itu, siswa justru perlu diberi pelajaran intensif oleh guru, agar siap menghadapi ujian.

“Lha wong prestasi siswa menurun kok, guru malah dilarang memberikan PR akademis kepada siswa. Saya yakin, kalau larangan memberikan PR itu tetap diterapkan. Maka nilai siswa dalam UNBK akan tambah jeblok,” imbuh pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Islam II Jeber tersebut.

Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jatim Bidang Agama dan Masyarakat Adat ini berharap pemerintah tidak memaksakan menerapkan konsep Full Day School (FDS) yang sejak awal sistem itu sudah ditolak oleh mayoritas masyarakat, ormas dan lembaga pendidikan.

Dirinya justru menilai, untuk Jawa Timur lebih cocok menerapkan konsep pendidikan seperti Islamic Boarding School. Dimana siswa didik tinggal di asrama atau mondok seperti di pesantren. Dengan begitu, materi pelajaran yang diberikan bisa berlangsung secara kontinyu.

“Dengan konsep Islamic Boarding School, mental dan karakter siswa juga bisa dibetuk dengan baik. Sehingga siswa tidak hanya menguasai materi akademis tetapi juga menjadi  karakter yang kuat dan tangguh,” pungkas Bapak dua anak ini. (mdr)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,9,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,6,Dapil 4,5,Dapil 5,8,Dapil 6,13,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,3,F-PG,1,F-PKB,4,F-PKS,17,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,3,Headline,625,Interupsi,238,Komisi A,18,Komisi B,30,Komisi C,26,Komisi D,19,Komisi E,71,Opini,20,Parlementaria,49,Pilgub,178,Profil,13,Video Parlemen Jatim,3,
ltr
item
Parlemen Jatim: Eksan Tolak Larangan Guru Beri PR ke Siswa
Eksan Tolak Larangan Guru Beri PR ke Siswa
https://4.bp.blogspot.com/-fyzJZK-sDUg/W2iQwt1CauI/AAAAAAAADkk/tv0j8qC9HQc4JnUWrggjouelmtbvRt8hQCLcBGAs/s320/eksan-pr.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-fyzJZK-sDUg/W2iQwt1CauI/AAAAAAAADkk/tv0j8qC9HQc4JnUWrggjouelmtbvRt8hQCLcBGAs/s72-c/eksan-pr.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/07/eksan-tolak-larangan-guru-beri-pr-ke.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/07/eksan-tolak-larangan-guru-beri-pr-ke.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy