KAHMI Jatim Ditantang Wujudkan Desa Cerdas

PARLEMEN JATIM-Koordinator Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasisawa Islam (KAHMI) Prof. Siti Zuhro menyatakan pihaknya telah me...


PARLEMEN JATIM-Koordinator Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasisawa Islam (KAHMI) Prof. Siti Zuhro menyatakan pihaknya telah mengembangkan program smart village atau desa cerdas.

"Program smart village ini telah diujicobakan di Tangerang serta Kudus dan ini sudah berjalan 2 tahun. Untuk itu saya memberikan tantangan bagi MW Kahmi Jatim untuk terlibat dalam program mewujudkan smart village itu," tutur Siti Zuhro, Sabtu (21/7) malam.

Mbak Wiwieq, panggilan akrab Siti Zuhro menegaskan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan 2 lembaga yaitu  Pergerakan Indonesia Maju (PIM) yang didirikan dengan Din Syamsudin selaku Ketua Dewan Nasional PIM dan LIPI

Siti Zuhro menyatakan pada tahun pertama pihaknya bekerjasama dengan IPM di Tanggerang dan baru tahun kedua menggandeng LIPI untuk mengaplikasikan konsep Desa Cerdas di Kudus, Jawa Tengah.  

"Tapi hak paten tetap ada di saya, karena saya yang melakukan itu. Tapi sekarang, saya ingin itu menjadi model Desa Cerdas ala Kahmi," katanya.

Secara umum desa cerdas dan berkelanjutan adalah desa inovatif yang menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan cara-cara lainnya untuk mencapai kebahagiaan hidup, meningkatkan kualitas hidup, efisiensi, dan daya saing, sambil memastikan pemenuhan kebutuhan generasi masa kini dan masa depan dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. 

Selain itu, desa cerdas juga menarik bagi warga, pengusaha, dan pekerja, serta menyediakan ruang yang lebih aman dengan layanan yang lebih baik dan lingkungan inovatif yang mendorong solusi kreatif, sehingga menciptakan lapangan kerja dan mengurangi ketidaksetaraan.
   
Dalam kaitannya hal ini, Siti Zuhro menilai Jatim memiliki potensi untuk menerapkan konsep "Desa Cerdas" seperti halnya desa yang ada di Kabupaten Banyuwangi. 

Untuk bisa menerapkan konsep "Desa Cerdas" diperlukan empat pilar yaitu yaitu "smart people", "smart Environment/living", "smart economy", dan "smart governance".

Adapun pengertian "smart people" adalah warga mempunyai kemauan untuk selalu belajar, menerima perbedaan dalam bentuk apapun, kreatif, dan selalu berpartisipasi dalam kegiatan publik, "smart living" adalah sisi kehidupan masyarakat yang menyediakan fasilitas budaya, infrastruktur kesehatan yang memadai, fasilitas pendidikan lengkap, dan kehidupan sosial yang menyatu.

"Smart economy" adalah semangat untuk terus berinovasi, mempunyai jiwa kewirausahaan, selalu berusaha produktif dan mempunyai kemampuan untuk berubah dan "smart governance" adalah birokrasi yang transparan, melayani publik dan tidak menyulitkan masyarakat. Selain itu juga mempunyai strategi dan pandangan politik yang jelas dan bermanfaat bagi khalayak.

"Empat itu kita bangun secara simultan, sudah kita uji cobakan. Ketika kita turun dan berkontribusi jangan berfikir uang dulu, dedikasi kita yang tulus dan ikhlas," tandasnya. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,37,BANGGAR,8,BAPERDA,15,Dap,1,Dapil 1,17,Dapil 10,3,Dapil 11,6,Dapil 2,4,Dapil 3,8,Dapil 4,6,Dapil 5,14,Dapil 6,18,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Dapil14,1,Eksekutif,214,F-NasDem,16,F-PAN,1,F-PD,9,F-PDIP,11,F-PG,7,F-PKB,24,F-PKS,24,F-PPP,3,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,61,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,1579,Interupsi,648,Komisi A,22,Komisi B,40,Komisi C,31,Komisi D,24,Komisi E,85,Nasional,2,Opini,32,Parlementaria,109,Pilgub,180,Pilkada,42,Pilpres,7,pks,1,Profil,21,Reses,13,Sosialisasi,21,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: KAHMI Jatim Ditantang Wujudkan Desa Cerdas
KAHMI Jatim Ditantang Wujudkan Desa Cerdas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4iJiVdmAMR_sru3DRioZ-1D5VnBY-EvfpwehGwlg9ckmWYm3qoL_GRo_mYYeVSEL4QyNSF6ZtSROJe9kIZD_OUOZKLaFsXqswGVTq1c68V9Mkl0eDXRjT8KShCR6ld4oalxhzqGOl2xw/s320/siti-zuhro.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4iJiVdmAMR_sru3DRioZ-1D5VnBY-EvfpwehGwlg9ckmWYm3qoL_GRo_mYYeVSEL4QyNSF6ZtSROJe9kIZD_OUOZKLaFsXqswGVTq1c68V9Mkl0eDXRjT8KShCR6ld4oalxhzqGOl2xw/s72-c/siti-zuhro.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/07/kahmi-jatim-ditantang-wujudkan-desa.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/07/kahmi-jatim-ditantang-wujudkan-desa.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy