Khofifah Jajaki Smartscooter di Jatim

PARLEMEN JATIM-Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 berharap besar kampus teknik yang ada di Jawa Timur t...

PARLEMEN JATIM-Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 berharap besar kampus teknik yang ada di Jawa Timur termasuk ITS dan Politeknik Negeri Madura tak kalah untuk bisa menghasilkan teknologi aplikatif yang ramah lingkungan dan hemat energi di Jawa Timur. 

Hal itu disampaikan Khofifah usai mengunjungi perusahaan pembuat motor listrik cerdas Gogoro Smartscooter di Taipe,  Taiwan, Jumat (21/12/2018).

Kunjungan itu merupakan bagian dari navigasi program menjelang dilantiknya Khofifah dan Emil Dardak pada bulan Februari 2019 mendatang. 

Dalam kunjungan itu, Khofifah yang juga didampingi oleh Tim Navigasi Program melakukan penjajakan dan belajar bagaimana perusahaan ini bisa sukses memproduksi motor listrik Gogoro Smartscooter yang banyak digunakan masyarakat Taiwan dalam rangka hemat energi dan peduli lingkungan. Yang harapannya ke depan bisa turut diterapkan di Jawa Timur. 

Bagaimana tidak, Gogoro Smartscooter ini memiliki sejumlah keunggulan. Salah satunya, sistem penggantian dan pengisian baterai yang sangat cepat.

Hanya butuh enam detik bagi pengguna Gogoro Smartscooter yang kehabisan baterai untuk mengganti dengan baterai yang sudah penuh dan siap pakai. 

"Kita harus melompat untuk memikirkan bagaimana menjaga supaya polusi di daerah kita tetap rendah, bagaimana lingkungan bersahabat bagi masyarakanya dan bagaimana kendaraan tidak menimbulkan bising. Nah ternyata teknologi dan kemampuan luar biasa itu menjawab masalah ini," kata Khofifah sembari menjajal motor Gogoro Smartscooter. 

Selama kunjungan ke perusahaan Gogoro Smartscooter itu dijelaskan penerapan teknologi motor listrik yang digunakan industri ini. Motor listrik Taiwan ini membuatkan engine motor listrik dan juga stasiun pengisian baterai yang disebut dengan Go Station. 

Di masing-masing stasiun pengisian baterai itu, tersedia baterai motor yang sudah siap pakai dan sudah diisinulang penuh. Pengguna motor listrik yang kehabisan baterai cukup melacak Go Station terdekat dan datang ke sana. 

Untuk mengganti baterai,  pengguna motor listrik 120 cc itu cukup melepaskan dua buah baterai yang ada di dalam motornya. Kemudian dua baterai itu dimasukkan ke dalam lubang-lubang charger baterai yang ada di Go Station. 

Oleh sistem, baterai itu akan diterima dan dilakukan pengisian daya. Sebagai gantinya pengguna motor listrik Gogoro diberikan dua buah baterai yang sudah penuh dan sudah siap pakai untuk Gogoro Smartscooter.

Penggantian baterai ini hanya membutuhkan waktu enam detik. Waktu ini bahkan lebih cepat daripada antri pengisian bahan bakar di SPBU. Dengan baterai ini, motor listrik bisa digunakan untuk melaju hingga seratus kilometer. 

Motor listrik cerdas ini dijual ke pasar dengan harga sekitar Rp 30 juta. Dan setiap bulannya diwajibkan untuk membayar uang perawatan untuk Go Station. 

Menurut Khofifah teknologi ini sangat inovatif untuk bisa diterapkan di Jawa Timur.  Khususnya dalam meningkatkan kualitas udaha di perkotaan dan juga menghemat energi.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa membangun partnersip antara lain dengan Gogoro dan kemudian anak bangsa bisa meningkatkan kualitas kemampuan teknologinya," kata Khofifah. 

Tidak hanya itu, motor listrik Gogoro ini juga menggunakan kontrol dengan aplikasi android.  Untuk mengetahui Go Station untuk mengganti baterai motor listrik, pengguna bisa mengecek lewat aplikasi smartphone. Begitu juga untuk mengetahui dimana scooter digunakan juga terlacak dari aplikasi android.

"Ke depan,  tekonologi harus ramah lingkungan, harus hemat energi. Di Jawa Timur, kita punya ITS, kita punya Politeknik Negeri Madura, kuakitas teknologi kita harus ditingkatkan,  maka harus ada bertemu bersama," kata Khofifah.

Oleh sebab itu, menurutnya,  partnership berupaya exchange student ke taiwan menjadi hal yang penting. Termasuk agar anak-muda Jatim bisa ke kantor Gogoro yang sudah bisa memberikan teknologi yang baik untuk masyarakat. 

Sementara itu, Irene Lu selaku Director, Bussiness Development Gogoro mengatakan bisnis utama dari perusahaannya adalah soal energi.  Perusahaan yang lebih dulu lama mengembangkan ponsel pintar HTC ini mengatakan bahwa perusahaannya ingin mengembangkan teknologi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan negara. 

"Saat ini kita sudah ada 120 ribu kendaraan yang digunakan di Taiwan. Dan sudah ada sebanyak 50 stasiun pengisian baterai di Taiwan," kata Irene.  Stasiun itu ditempatkan di berbagai lokasi termasuk di layanan publik.

Pengembangan kendaraan motor listrik ini terus dilakukan dan diupayakan untuk bisa lebih banyak diminati masyarakat.  Namun semua itu dilakukan dengan titik poin manfaat untuk bermanfaat  bagi lingkungan. (day)

COMMENTS

Nama

Aspirasi,15,BANGGAR,3,BAPERDA,9,Dapil 1,9,Dapil 10,3,Dapil 11,5,Dapil 2,4,Dapil 3,7,Dapil 4,5,Dapil 5,11,Dapil 6,17,Dapil 7,5,Dapil 8,1,Dapil 9,3,Dapil11,6,Eksekutif,38,F-PAN,1,F-PD,3,F-PDIP,6,F-PG,5,F-PKB,5,F-PKS,19,F-PPP,2,Fraksi,2,Fraksi Gerindra,2,Fraksi NasDem-Hanura,4,Headline,796,Interupsi,327,Komisi A,18,Komisi B,35,Komisi C,28,Komisi D,21,Komisi E,75,Opini,22,Parlementaria,57,Pilgub,178,Profil,18,Sosialisasi,3,Video Parlemen Jatim,5,
ltr
item
Parlemen Jatim: Khofifah Jajaki Smartscooter di Jatim
Khofifah Jajaki Smartscooter di Jatim
https://lh3.googleusercontent.com/-P5u8aWDdtdI/XBzpSBrsvVI/AAAAAAAAE3w/esRwK-euItgL09FUlkKpXom9b2UQMd74ACHMYCw/s640/IMG-20181221-WA0111.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-P5u8aWDdtdI/XBzpSBrsvVI/AAAAAAAAE3w/esRwK-euItgL09FUlkKpXom9b2UQMd74ACHMYCw/s72-c/IMG-20181221-WA0111.jpg
Parlemen Jatim
http://www.parlemenjatim.com/2018/12/khofifah-jajaki-smartscooter-di-jatim.html
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/
http://www.parlemenjatim.com/2018/12/khofifah-jajaki-smartscooter-di-jatim.html
true
8135650012022125352
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy